Yuk Siapkan Perencanaan Ini Agar Kamu Lolos PTN!

Masuk perguruan tinggi negeri adalah idaman tiap siswa yang ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan. Selain biaya pendidikan yang lebih murah dari kampus swasta, perguruan tinggi negeri memiliki akreditasi yang baik. Selain itu, tenaga pendidiknya pun profesional.

Tak heran bahwa banyak yang bersaing untuk lolos PTN. Persaingan ini harus diimbangi dengan kerja keras dan usaha yang maksimal. Kamu bisa menyiapkan hal ini sejak awal masuk SMA, loh.

Agar kamu punya perencanaan yang matang sejak dini, berikut adalah hal yang bisa kamu siapkan untuk lolos PTN!

1. Tentukan Target

Kamu harus tahu lebih dahulu apa target kamu. Misalnya saja ingin memilih kampus mana dan jurusan apa. Rencanakan hal ini sejak dini untuk meminimalisir kebimbangan saat pendaftaran jalur masuk kuliah sudah dibuka.

Baca Juga: 30 TWIBBON HUT Jawa Barat atau Jabar 2022 PNG dan JPG Secara Gratis dan Terbaru

Kamu dapat merencanakan jurusan dan kampus sesuai dengan minat kamu. Jangan sampai kamu salah menentukan, ya. Sebab, ini nanti bisa berdampak bagi dunia perkuliahanmu nanti.

Selain itu, jika kamu masih bingung dalam menentukan target, kamu bisa mengikuti tes minat bakat. Di sana nanti kamu akan ditunjukkan hasil tes yang sesuai dengan kepribadian kamu. Biasanya tes minat bakat ini bisa kamu lakukan saat kunjungan ekspo kampus, melalui aplikasi online, atau melakukan secara mandiri di lembaga tertentu yang menyediakan.

2. Fokus pada Target

Setelah kamu punya target yang tertata, alangkah lebih baik apabila kamu bisa fokus. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai target yang kamu pilih. Hal ini bertujuan agar kamu bisa tahu apa yang kelak ingin kamu pelajari di dunia perkuliahan.

Cara agar kamu fokus pada target adalah kamu bisa membuat jadwal belajar. Sesekali ajaklah teman untuk belajar bersama. Jangan malu untuk bertanya kepada orang yang mumpuni.

Baca Juga: Fiqih Media Sosial dan Muamalah Virtual

Jika kamu tidak fokus pada target, kamu akan terombang-ambing. Semakin waktu berlalu, kamu akan dilema menentukan pilihan. Jangan biarkan hal ini terjadi padamu. Segera tentukan yang ingin kamu pilih lalu fokuslah. 

3. Cari Informasi Terkini

Carilah informasi seputar pendaftaran masuk PTN yang paling terkini. Jangan sampai kamu ketinggalan sedikitpun infomasi. Sebab, jika kamu ketinggalan informasi kamu tidak akan tahu kapan tanggal penting untuk melakukan pendaftaran bagi kamu yang kelas 12 SMA.

Bagi kelas 10 dan 11, kamu bisa menggali informasi terbaru mengenai jalur masuk. Selain itu, kamu juga harus paham benar bagaimana skema dari tiap jalur masuk. Gunanya agar saat kelas 12 kalian tidak bingung.

Hal ini mengingat banyaknya jumlah murid jika dibandingkan dengan guru BK yang merupakan pusat informasi masuk PTN di sekolah. Jadi, sebisa mungkin kamu harus mandiri. Temukan informasi dari media yang terpercaya agar yang kamu dapatkan bukan informasi palsu, ya!

4. Persiapkan Belajar Tes

Langkah selanjutnya setelah kamu tahu informasi mengenai masuk PTN, segera persiapakan belajar. Saingan kamu tidak hanya teman sebangkumu saja. Tidak hanya satu sekolah, satu kecamatan, atau satu kabupaten. Melainkan satu Indonesia yang bersaing untuk masuk PTN.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Dirindukan Saat Sudah Menjadi Alumni

Agar kamu menjadi salah satu yang bisa lolos PTN persiapkan belajar tes sejak awal. Jangan hanya mengandalkan nilai rapot saja. Sebab, ini meminimalisir jika kamu gagal di seleksi rapot.

Pelajari materi yang sering keluar dalam tes masuk PTN. Kamu bisa meminjam buku atau mengikuti tes yang dilakukan oleh lembaga tertentu. Sehingga, persiapanmu sudah matang sejak awal.

Dari persiapan tersebut, tak kalah penting yaitu persiapan fisik dan mental. Jangan biarkan kamu terlalu lelah belajar hingga sakit pada saat tes. Ini bisa mengganggu konsentrasimu.

Selain itu, kamu harus siap secara mental. Ingatlah bahwa dalam sebuah perjuangan ada yang gagal dan ada yang menang. Kamu harus lapang dada jika suatu hari nanti gagal. Sebaliknya, jangan sombong ketika kamu berhasil, ya!

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Populer