Tips Mengubah Tema Sederhana Menjadi Karya Luar Biasa

Berikut ini tips mengubah tema sederhana menjadi karya luar biasa yang dapat membantu para penulis pemula.

Materi tips mengubah tema sederhana menjadi karya luar biasa disampaikan langsung oleh Komunitas Pena Sastra Indonesia.

Menjadi seorang penulis yang baik dan profesional maka harus memberikan karya yang luar biasa kepada pembaca dan mampu memberikan jawaban setiap permasalahan pembaca.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kendala Menulis Puisi untuk Pemula, Wajib Kamu Tahu!

Oleh karenanya, karya luar biasa lahir dari midiasi penulis yang tidak biasa atau jarang orang lakukan pada umumnya.

Artinya, untuk membuat karya luar biasa, maka tidak hanya menulis dalam waktu dekat atau sekali duduk sudah jadi.

Melainkan, perlu proses penyaringan atau pemulihan kata dan enak dibaca serta analisis yang mendalam agar pembaca saat membaca tulisan kita berkata, “oh. Seperti ini solusinya” atau “oh. Ini tulisan yang aku cari beberapa bulan terkahir”.

Pertanyaannya, bagaimana untuk membuat karya luar biasa kepada pembaca?

Baca Juga: Mendongkrak Literasi Digital lewat Budaya Menulis

Perlu kalian ketahui, bahwa karya luar biasa lahir dari tema tulisan yang biasa. Namun, penulis menyajikan atau mengolah hal yang biasa atau sederhana menjadi luar biasa.

Tema sederhana ini yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang, sebab sudah dijalani dan keseringan lupa sehingga mau tidak mau mencari tulisan untuk mengisi data otaknya lagi.

Contoh: Puisi Akrostik. Mungkin kalian sudah tahu apa itu Puisi Akrostik. Setidaknya pernah mendengar nama puisi akrostik. Pertanyaannya, apakah setiap orang mengetahui cara menulis puisi akrostik? Tentu saja tidak.

Namun, disaat satu komunitas literasi diperintahkan untuk menulis puisi akrostik. Maka, satu komunitas sama sama membuka Google untuk membaca tulisan cara menulis puisi akrostik.

Baca Juga: Cara Mudah Memperlajari Puisi Akrostik Beserta Contohnya

Bukankah tulisan tersebut luar biasa yang lahir dari tema sederhana?

Pertanyaannya, apa yang menjadi tolak ukur karya luar biasa? Yaitu, karya tersebut mampu memberikan jawaban atas permasalahan human digital yang mencari solusi lewat internet.

Sama halnya sebuah buku, buku yang luar biasa lahir dari tema sederhana namun mampu memberikan pencerahan dan memotivasi pembaca.

Contohnya, buku Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Jika kalian pernah membaca buku tersebut, maka kalian akan berpikir bahwa “Saya pasti bisa membuatnya”. Sebab, Eyang Sapardi membuat puisi lewat diksi yang sangat sederhana namun memiliki imajinasi luar dan penafsiran yang mendalam.

Oleh karenanya, mulailah menulis dari hal yang sederhana. Namun, olah menjadi karya luar biasa lewat gaya menulis itu sendiri.

Itulah tips mengubah tema sederhana menjadi karya luar biasa yang dapat kamu praktekkan untuk membantu memulai karir menjadi penulis profesional.*

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Tulisan Baru
Jul 29, 2021, 3:27 PM - Ruang Sekolah
Jul 28, 2021, 9:18 PM - Ine Inayah
Jul 27, 2021, 1:04 AM - Imroatul Khofifah
Jul 25, 2021, 10:12 PM - Ine Inayah