Tips Agar Terhindar dari Sifat Menggosip pada Bulan Ramadhan

Membicarakan orang lain atau disebut menggosip sering kali dilakukan oleh banyak orang, baik wanita maupun pria. Bahkan sudah menjadi aktivitas sehari-hari, di sekolah, tempat kerja maupun di lingkungan rumah. Masalah dalam lingkaran gosip memang sulit dihindari, salah satu penyebabnya adalah membicarakan hal-hal yang negatif dan belum tentu kebenarannya. 

Apa sih untungnya menggosip itu? Kalau menurut saya tidak ada untungnya, yang ada justru merugikan diri sendiri yang akan membuang waktumu sia-sia untuk menggosip, bukan menambah pahala tapi menambah dosa. Apalagi di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, apa kamu mau menggosip? Sebaiknya jangan ya lebih baik kamu jadikan bulan Ramadhan ini dengan hal-hal yang bermanfaat. 

Nah, agar di bulan Ramadhan ini kamu mendapat keberkahan, hindari sifat menggosip ya Lalu bagaimana sih agar bisa terhindar dari sifat tersebut? Yuk simak beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisa terhindar dari sifat menggosip.  

1. Selalu Ingat Kepada Allah SWT

Dengan mengingat kepada Allah, kamu bisa menyadari bahwa menggosip itu dilarang oleh Allah dan Allah pasti melihat apa yang kamu lakukan. Sebagaimana dalam firmannya:

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain dan janganlah menggunjingkan satu sama lain.

Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)

“Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al – Baqarah: 233)

Jadi, jangan sekali-kali menggosip ya, karena Allah melarang hal tersebut dan Allah mengetahui apa yang kamu lakukan termasuk menggosip.

2. Selalu Ingat Ada Malaikat yang Mencatat Amal Perbuatan

Setiap apa yang kamu lakukan atau perbuat akan dicatat oleh malaikat, baik perbuatan yang baik maupun yang buruk, dan perbuatan tersebut akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak. Sebagaimana firman Allah: 

“(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (QS. Qaaf: 17-18).

Ingat ya, di samping kamu ada malaikat yang mengawasimu dan mencatat semua yang kamu perbuat di dunia ini. 

3. Bergaul Dengan Orang yang Baik

Bergaul dengan orang-orang yang baik yang tidak suka menggosip itu lebih baik daripada ikut menggosip. Dengan begitu kamu bisa meninggalkan orang-orang yang sedang menggosip. Malik bin Dinar rahimahullah berkata:

“Bergaullah dengan orang-orang yang baik, niscaya engkau akan menjadi seorang yang selamat.”

“(Namun) cobalah sehari saja engkau bergaul dengan orang-orang yang jelek, maka niscaya engkau akan menyesal (selamanya)."

Dengan bergaul bersama orang yang baik tentunya banyak manfaat yang kamu peroleh, kamu pasti akan mendapatkan kebaikan, ketenangan hati dan tentunya dijauhkan dari sifat menggosip.

4. Mengingatkan atau Menasehati Orang Lain yang Sedang Menggosip

Sebagai seorang muslim kita seharusnya saling mengingatkan sesama muslim jika perbuatan menggosip itu dilarang oleh Allah. Memberikan nasehat haruslah bersikap lembut dan sopan, jangan sampai dengan kemarahan atau menyinggung perasaan, ya. Sebagaimana kata Al Khottobi rahimahullah:

"Nasehat adalah kalimat ungkapan yang bermakna memberikan kebaikan kepada yang dinasehati." (Jamiul Ulum wal Hikam, 1: 219).

Dengan saling mengingatkan atau menasehati itu artinya kamu telah melakukan kebaikan dan menjauhkan dari sifat buruk seperti menggosip.

5. Melakukan Kegiatan yang Bermanfaat 

Ada banyak kegiatan yang lebih bermanfaat pada bulan Ramadhan daripada menggosip, lho. Kamu pasti tahu, kan? Ya, kamu bisa membaca al-Quran atau ikut mengaji. Kegiatan seperti itu jauh lebih bermanfaat daripada menggosip yang justru akan menghilangkan pahala dan menambah dosa di bulan ramadhan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih).

Nah, dengan melakukan tips-tips tersebut, insya Allah akan terhindar dari sifat menggosip. Namun perlu kamu ketahui, menghindari sifat menggosip tidak hanya waktu bulan ramadhan saja, lho. Tapi sehari-harinya juga harus kamu hindari sifat tersebut. Jika kamu masih suka menggosip, apalagi di bulan ramadhan, yuk tinggalkan kebiasaan itu. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat, ya.

Penulis: Desi Rima Isnaeni

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Mei 22, 2020, 3:58 PM - Annisatul Latifah
Mei 14, 2020, 9:13 PM - Amanda Christiane Utama
Mei 14, 2020, 4:32 PM - Amanda Christiane Utama
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton