Sudjiatmi Notomiharjo Menutup Usia, Inilah 5 Fakta Sosok Ibu Jokowi

Masalah corona di Indonesia belum selesai, namun Tuhan memberikan jalan lain kepada presiden Indonesia Joko Widodo (jokowi) untuk mencabut salah satu hambanya di muka bumi ini. Maka, di sini saya akan mengungkap 5 Fakta Sosok Ibu Jokowi (Sudjiatmi Notomiharjo) yang mampu mengantarkan anaknya menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Sudjiatmi Notomiharjo seorang ibu luar biasa dan mampu mengantarkan sang anak menjadi orang nomor satu di Indonesia. Itu semua tidak lepas dari belaian dan kasih sayang yang tulus dari seorang ibu pada anaknya. Namun, siapa sangkah Tuhan berkendak lain, di usia 77 tahun Sudjiatmi Notomiharjo meninggalkan sang anak pada hari Selasa sore tanggal 25 Maret 2020 di RST Slamet Reyadi Solo.

Sekilas tentang tentang Sudjiatmi Notomiharjo ibunda dari Joko Widodo, lahir pada 5 Februari 1943 di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Dia termasuk perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara. Lalu pada 23 Agustus 1959 dia berumur 16 tahun melakukan sebuah pernikahan suci dengan Notomiharjo yang berumur 19 tahun. Hanya terpaut 3 tahun. Dari pasangan tersebut membuahkan empat anak, di antaranya Jokowi,  Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik.

Selanjutnya, saya akan mengutarakan beberapa fakta unik wafatnya  Sudjiatmi Notomiharjo, di antaranya:

1. Mengantarkan Anak Menjadi Nomor Satu di Indonesia

Siapa yang tidak senang jika anaknya sukses? Semua orang tua akan ikut bahagia. Namun, proses menuju kesuksesan bukanlah hal yang gampang, tak segampang kita membalikkan telapak tangan. Hal ini terbukti dari Sudjiatmi Notomiharjo, ibu dari presiden Indonesia Joko Widodo yang mengantarkan sang anak untuk sukses. Bahkan dia merestui anaknya untuk ikut politik dengan penuh kasih sayang dan ketulusan seorang ibu.

Baca Juga: Peran Penting Lingkungan Terhadap Pola Asuh Anak di Usia Dini

2. Perempuan Pendidik Karakter

Saya akui karakter seorang anak harus terlatih sejak dini terutama dalam keluarga. Terutama pada seorang ibu, sebab magnet perasaan anak dan ibu sangatlah kuat dan sulit dipisahkan. Maka, Sudjiatmi Notomiharjo mengajari Jokowi pentingnya kesabaran dan kejujuran dalam hidup. Sebagaimana pesannya pada anaknya untuk selalu bekerja keras, jujur, tulus dan ikhlas agar hidup di mana pun akan aman dan tentram.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Membentuk Kemandirian dan Pribadi yang Baik

3. Perempuan Sederhana dan Halus Bahasanya

Seorang ibu yang baik mampu mendidik karakter pada anaknya, terutama tidak mengajari berfoya-foya dan berkata keras dan kasar. Hal ini sesuai dengan pembicaraan Jokowi yang dikutip di Tribun, bahwa ibunya tidak pernah berkata kasar dan memakai bahasa yang halus. Karena, hal tersebut akan menjadi karakter bagi anaknya.

Baca Juga: 5 Alasan Menolak Gaya Hidup Idola Berdampak Negatif Secara Tidak Sadar

4. Guru Pertama Bisnis Jokowi

Kesuksesan Jokowi tidak lepas dari pelajaran yang ia dapatkan dari seorang ibu. Dia mengambil jurusan kehutanan di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, ingin melanjutkan usaha orang tua yang bekerja sebagai memotong kayu. Alhasil Jokowi sukses menjadi pengusaha mebel kualitas ekspor.

5. Perempuan yang Baik dan Taat Ibadah

Seorang ibu yang mencitrakan kebaikan akan berdampak dengan jelas pada sang anak. Hal ini yang dimiliki oleh Sudjiatmi Notomiharjo, dikutip dari Suara.com bahwa menurut penuturan orang-orang terdekat Sudjiatmi adalah orang yang baik dan taat ibadah.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton