Sejarah Berdirinya Smarta Publisher Meraih Omset 50 Juta

Akhir ini, penerbitan buku berbasis indie sudah menjamuri media online, terutama facebook, instagram, whatsAppd dan sebagainya dengan tujuan mempermudah proses penerbitan buku bagi penulis pemula. Namun, di sini saya akan membahas tentang penerbit Smarta Publisher. Penerbit ini sudah berdiri selama setahun lebih dan rata-rata omset tahunnya lebih Rp. 50 juta rupiah di tahun 2019.

Smarta Publisher adalah penerbit indie berbasis online yang beralamat di  desa Candi Mulyo, Sedan, Rembang Jawa Tengah yang di bawah kendali Nailatur Rofiqoh. Smarta berdiri pada tanggal 10 November 2018 dan menjadi cabang dari Spekta Pustaka.

Di tahun 2018, Spekta Pustaka adalah penerbit indie yang didirikan Ayu Mahesti dan melebarkan beberapa sayap di seluruh Indonesia, di antaranya: Malta Publisher, Ektalase Publisher, Surata Publisher, Smarta Publisher, dan Malta Publisher.

Rumusan nama Smarta Publisher tidak lepas dari sebuah kota Semarang dan Spekta (pusat penerbit). Perumusan Smarta sendiri melalui proses musyarawah antar tim dan pimred yang lain. Melalui suara dari Shihabuddin Annur menamakan Smarta yang menjadi salah satu tim Smarta Publisher.

Adapun logo Smarta yang berlambang huruf SM diambil dari nama yang disingkat dari kata SM-arta. Filosofi logo tersebut menunjukkan bahwa penerbit bergerak di bidang literasi, sementara gambar buku yang terbuka menunjukkan pada literasi yang tanpa batas pada buku dan dikoleksi dan menumpuk, melainkan literasi berkembang pada buku yang terus dibaca dan ditulis.  Sementara bentuk bundar, diartikan sebuah perjuangan tim penerbit yang tiada batas layaknya bundar yang tidak berujung.

Lalu pada tahun akhir tahun 2019, Smarta Publisher resmi pisah dengan Spekta Pustaka sebagai cabang. Pimpinan Redaksi dan seluruh timnya memilih menjadikan penerbit yang independen dan diakui secara hukum. Maka, terbentukan CV dan akun Perpusnas untuk mempermudah pengaksesan dan diakui secara hukum.

Sampai sekarang, Smarta Publisher menangani para penulis dan komunitas literasi dalam menerbitkan buku. Selain harganya terjangkau juga pelayanan yang memuaskan sehingga tidak lepas dari lirikan dari beberapa penulis dan komunitas literasi tanah air.

Tercatat 60 Komunitas literasi sudah bergabung dan mempercayai Smarta Publisher sebagai penerbit yang terpercaya dan tim yang ramah.

Mungkin hanya itu sekilas dari sejarah Smarta Publisher yang dapat membantu para penulis untuk menerbitkan buku secara sempurna dan tepat waktu.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton