Fakta Unik Smarta Publisher yang Harus Kamu Tahu!

Pada tahun 2017 sampai sekarang, penerbitan buku basis indie banyak bermunculan, di antaranya: Smarta Publisher, Jejak Publisher, AT Press, Spekta Pustaka, Setia Media, Mawar Publisher, Deveen Media, A2 Media Utama, AE Publishing, REX Publishing dan lainnya. Semua penerbit itu untuk memawadahi penulis dalam menerbitkan buku secara mudah.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya Smarta Publisher Meraih Omset 50 Juta

Perbedaan dari penerbit indie dan mayor, terletak pada kuantitas buku. Secara kualitas memang sama, kadang indie kalah atau mayor kalah. Namun, yang paling menonjol adalah kuantitas, kenapa? Karena indie masih sistem cetak POD (mencetak sesuai pesanan), sedangkan mayor sebaliknya, ia akan mencetakkan banyak buku lalu disebar ke seluruh toko buku di Indonesia.

Lah, di sini saya akan membuka fakta unik dari Smarta Publisher. Sebab, penerbit ini sudah bisa meraih omset 50 juta pertahunnya. Fakta-fakta ini tidak lepas dari beberapa sumber baik website Smarta Publisher atau media yang lainnya.

1. Paket Super Murah

Salah satu ciri khas penerbit indie, yaitu menyediakan paket terbit. Paket ini tergantung dari kebijakan penerbit dan mematok harga pasaran. Namun, Smarta menyediakan paket terbit yang murah meriah dan sesuai dengan kantong penulis. Dan juga menyediakan paket terbit gratis dengan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih lengkapnya bisa mengecek di website di sini.

2. Paket Komunitas Super Murah

Memang saya akui, komunitas literasi di Indonesia sangat banyak. Namun, mereka juga akan menerbitkan buku bersama sebagai kenang-kenangan dari para admin dan membernya. Lah, Smarta Publisher menyediakan paket komunitas yang super murah, dalam paket ini komunitas hanya bisa melunasi pembayaran cetak buku sebanyak 6 eks, dan reward 1 bukti terbit jika melebihi 15 eks, dan gantungan kunci jika melebihi 25 eks. Tercatat ada 60 Komunitas literasi yang sudah menerbitkan di Smarta Publisher.

3.       Terbit Cepat

Saya tahu karakter manusia memang minta cepat tapi berkualitas. Di sini, Smarta Publisher menyediakan jasa cetak cepat hanya kenakan biaya cetak Rp. 50.000 untuk biasa percepatan. Para admin juga akan menyesuaikan dengan waktu yang disesuaikan pemesanan, sebab prioritas penerbit adalah kepuasan dan kualitas pelanggan.

4.       Royalti 20%

Setiap penulis menginginkan royalti, bahkan mencari penerbit yang memiliki sistem royalti banyak. Maka, Smarta Publisher menyediakan royalti 20% dari pemesanan buku. Adapun pencairan royalti dapat dilihat dari Nota Kesepahaman (MoU) di dalamnya.

5.       Admin yang Ramah Tamah

Tentu selain prioritas pada hasil terbitan, Smarta menyediakan admin yang ramah tamah untuk melayani keluhan para pelanggan setia penerbit, baik keluhan atas ketidakpuasan pada hasil terbitan atau kinerja tim.

6.       Kerja Sama dengan Media Marketing Nasional

Pada bulan Januari tahun 2020, ada dua media pemasaran ebook yang bekerja sama dengan Smarta Publisher, yaitu Ibuk.id dan GreatEdu. Dua media tersebut menjadi partner dalam pemasaran ebook terbitan secara digital, baik website atau aplikasi.

7.       Sekolah Menulis Online

Selain menerbitkan buku, Smarta juga bergerak di bidang literasi, yaitu mewadahi para penulis pemula yang ingin mengembangkan skill menulis melalui sekolah menulis online. Sekolah menulis ini didirikan oleh Qiey Romdani dengan tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa dan menumbuhkan karkter dan kecintaan pada literasi.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah