Sistem dan Mekanisme Komunitas Literasi

Komunitas adalah sebuah organisasi atau kelompok sosial yang terdiri dari beberapa orang atau bahkan banyak orang yang memiliki kesamaan tujuan satu sama lain. Sedangkan literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan dan melakukan aktivitas menulis dan membaca. Sehingga komunitas literasi adalah sebuah perkumpulan sosial terdiri dari beberapa orang yang memiliki kesamaan tujuan dalam hal menulis dan membaca.

A. Fungsi Komunitas Literasi

1. Komunitas literasi berperan sebagai fasilitas umum atau publik melalui apa yang didapat mereka dengan memperoleh pengetahuan dan berbagai ilmu pendidikan.

2. Komunitas literasi berfungsi untuk berbagi dan bertukar informasi mengenai apa yang mereka ketahui tentang pengetahuan dan berbagai ilmu pendidikan, serta berbagi dan bertukar informasi tentang pengetahuan yang mereka dapatkan dari hasil menulis dan membaca.

3. Komunitas literasi berfungsi untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat, serta membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil dan mencari kesimpulan dari informasi yang dibaca.

4. Komunitas literasi berfungsi menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas.

5. Komunitas literasi secara luas bertujuan untuk mendorong munculnya akses atas ilmu pengetahuan dan informal, serta menjadi wahana bagi tumbuhnya aktivitas pro-literasi.

B. Jenis-jenis Komunitas Literasi

Menurut jenisnya, komunitas literasi dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Komunitas Literasi Online

Komunitas literasi online adalah sebuah organisasi literasi yang dalam   melaksanakan kegiatan perlu menggunakan jaringan sebagai penunjang berlangsungnya kegiatan literasi.

Contoh kegiatan komunitas literasi online :

a) Sekolah Literasi Ramadhan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas literasi untuk melakukan proses belajar mengajar melalui grup Whatsapp ataupun media sosial yang lainnya.

b) Kelas Menulis Online, merupakan kegiatan berlatih menulis yang dilakukan oleh beberapa komunitas literasi, tujuannya untuk menambah pengetahuan peserta yang ikut dimana pun mereka berada karena bisa diakses secara online.

c) Mentor Kepenulisan Online, merupakan kegiatan dalam kepelatihan menulis yang dilakukan secara online, biasanya kegiatan ini dilakukan melalui grup Whatsapp.

Baca juga: Asupan Gizi Energi bagi Penulis yang Wajib Kamu Ketahui

2. Komunitas Literasi Offline

Komunitas literasi offline adalah kebalikan dari komunitas literasi online yaitu sebuah organisasi literasi yang dalam melaksanakan kegiatan tidak perlu menggunakan jaringan sebagai penunjang berlangsungnya kegiatan beli terasi biasanya penyelenggaraan nya dilakukan dengan cara tetap muka secara langsung. Contoh kegiatan dalam komunitas literasi offline:

Membuat atau mendirikan suatu taman baca masyarakat atau yang sering disingkat TBM. TBM yang dibentuk untuk masyarakat biasanya juga digunakan untuk pendidikan TK maupun PAUD, sehingga anak-anak yang berada dalam lingkungan tersebut mulai terbiasa membaca sejak dini.

Perpustakaan berjalan, merupakan salah satu kegiatan dari beberapa komunitas. Di mana perpustakaan yang berisi berbagai macam buku berada pada sebuah kendaraan yang bisa berjalan, sehingga bisa menemui semua kalangan masyarakat agar gemar membaca dan terus menggalakkan literasi.

C. Sistem Komunitas Literasi

Komunitas literasi tentunya butuh tahapan-tahapan agar kegiatan dalam organisasi bisa terlaksana dengan baik dan berjalan lancar. Sistem kerja komunitas literasi terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu:

1. Pengumpulan Anggota: sebelum memulai kegiatan, suatu organisasi tentunya harus mempunyai anggota terlebih dahulu supaya kegiatan bisa terlaksana. Sehingga langkah awalnya yaitu mengumpulkan anggota terlebih dahulu.

2. Setelah semua anggota telah terkumpul, dilakukan kegiatan perkenalkan dahulu, supaya satu sama lain bisa lebih akrab. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemilihan seorang moderator dan juga narasumber sekaligus notulen supaya kegiatan menjadi lebih terarah.

3. Jika sudah selesai semuanya, barulah dilaksanakan kegiatan inti. Yaitu saling bertukar ataupun berbagi informasi mengenai pengetahuan dan berbagai ilmu pendidikan, membahas materi literasi bersama-sama, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

D. Komunitas Akar Literasi

Bangsa Indonesia telah mengenal literasi sejak jaman kuno. Di mana dengan adanya penemuan prasasti, tulisan di dalam goa prasejarah, dan tulisan yang ada di candi-candi. Sejak itu Indonesia semakin mengenal literasi berkat gerakan yang di lakukan oleh aktivis pada zaman kolonial seperti R.A Kartini yang rajin membaca dan menulis surat kepada temannya, hingga membuat masyarakat dan pemerintah sadar akan pentingnya literasi. Kemudian perjuangan bangsa Indonesia lahir dari tulisan-tulisan para tokoh pejuang dan para penulis surat kabar yang kritis terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

Pada masa kemerdekaan, presiden Soekarno sangat bersemangat membangun bangsa dengan buku dan pena untuk memberantas buta huruf di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu pada 14 Maret 1948 dicanangkan program pemberantasan buta huruf (PBH). Dalam pelaksanaan PBH kegiatannya dapat terlaksana di 18.663 tempat, dengan melibatkan 17.822 orang guru dan 761.483 orang murid. Sementara itu penyelenggaraan secara swadaya juga dilakukan di sekitar 881 tempat dengan melibatkan 515 orang guru dan 33.626 murid. Setidaknya dari program tersebut dapat menekan angka 90% buta huruf menjadi 40%. ditahun 1960an.

Kemudian presiden Soekarno memberikan komando bahwa Indonesia harus terbebas dari buta huruf hingga tahun 1964. Untuk itu seluruh masyarakat dikerahkan untuk menyukseskan program tersebut. Semua orang dan organisasi yang bisa membaca dan menulis dikerahkan untuk mengajar sukarela kepada masyarakat yang masih buta huruf. Hasilnya pada tahun 1964, sebagian besar masyarakat usia 13-45 tahun mulai mengenal huruf.

Sejak itulah awal mula munculnya berbagai komunitas literasi yang terus aktif dalam mengembangkan literasi. Hingga kini telah banyak berkembang berbagai komunitas literasi. Bahkan ada yang mengadakan berbagai lomba kepenulisan seperti cerpen dan puisi.

Awal mula komunitas literasi diawali dengan dikenalnya literasi terlebih dahulu di kalangan masyarakat. Literasi mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena 4 hal :

Meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai arti penting literasi demi membangun dan memajukan bangsa.

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dan pemerintah mengenai keunggulan dan kemajuan suatu individu ditentukan oleh tradisi dan literasi yang baik.

Baca juga: Rahasia Juara Lomba Media Menulis Nasional

Semakin meningkatnya kepedulian masyarakat dan pemerintah dalam usaha menumbuhkan dan menyebarluaskan kegiatan dan budaya literasi di lingkungan masyarakat maupun lingkungan pendidikan

Semakin banyaknya gerakan literasi yang berkembang di tengah masyarakat dan sekolah yang dilakukan oleh berbagai kalangan.

Gerakan literasi semakin terkenal di kalangan masyarakat atas kesadaran masyarakat itu sendiri, terlebih lagi setelah pemerintah menggencarkan gerakan literasi di sekolah.

* Penulis: Ade Indriyani, Erliana, Fazrul, Inna Rahmawati, Rahyuningtyas, Savitri.

 

DAFTAR PUSTAKA

1. Komunitas yang Memperluas Makna Membaca.  HYPERLINK "https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-literasi-adalah.html" https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-literasi-adalah.html (diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30)

2. Literasi  Gerakan Bersama dan Komunitas  HYPERLINK "https://www.kompasiana.com/adrianus36379/5c66e7c2aeebe1727a3e4387/literasi-gerakan-bersama-dalam-komunitas" https://www.kompasiana.com/adrianus36379/5c66e7c2aeebe1727a3e4387/literasi-gerakan-bersama-dalam-komunitas (diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30).

3. Arti Literasi  HYPERLINK "https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-literasi-adalah.html" https://www.maxmanroe.com/vid/umum/arti-literasi-adalah.html (diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30).

4. Belajar Literasi Online HYPERLINK "http://literasikitaindonesia.com/belajar-online-gratis-literasi/" http://literasikitaindonesia.com/belajar-online-gratis-literasi/(diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30).

5. Program literasi Indonesia   HYPERLINK "https://rumahliterasiindonesia.org/program-2/" https://rumahliterasiindonesia.org/program-2/ (diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30)

6. Awal Mula Dikenalnya Literasi di Kalangan Masyarakat  HYPERLINK "https://matakita.co/2017/06/27/sejarah-perkembangan-literasi/" https://matakita.co/2017/06/27/sejarah-perkembangan-literasi/

 HYPERLINK "https://www.google.com/amp/s/sanggarbacatrilogi.wordpress.com/2018/09/18/jejak-sejarah-literasi-indonesia-1/amp/" https://www.google.com/amp/s/sanggarbacatrilogi.wordpress.com/2018/09/18/jejak-sejarah-literasi-indonesia-1/amp/ (diakses tanggal 29 Mei 2020 jam 19.30)

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Tulisan Baru