Rambut Uban di Usia Muda, Beginilah Cara Mencegahnya

Kecantikan rambut pada wanita adalah salah satu faktor pendukung yang menunjang kecantikan secara keseluruhan. Kecantikan akan menjadi kurang sempurna apabila penampilan rambut tidak sehat dan tidak terawat dengan baik.

Rambut indah seperti mayang terurai merupakan kiasan yang menggambarkan rambut yang indah, berkilau, dan sekaligus merupakan gambaran rambut sehat. Karena hanya rambut sehat yang mampu menampilkan kecantikan secara alami.

Rambut atau dapat juga disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis.

Baca Juga: 5 Alasan Menolak Gaya Hidup Idola Berdampak Negatif Secara Tidak Sadar

Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan. Rambut akan memutih seiring dengan bertambahnya usia atau dikenal dengan beruban.

Rambut beruban umum dialami pria dan wanita di atas usia 50 tahun. Namun saat ini hal tersebut tidak hanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, tetapi rambut beruban dapat dialami juga pada usia muda. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rambut beruban, diantaranya disebabkan oleh keadaan stress, gizi buruk, faktor genetik dan lainnya. Memiliki rambut beruban akan mempengaruhi penampilan seseorang.

Bagaimana Munculnya Uban?

Rambut sama halnya seperti warna kulit, jenis dan juga warnanya berasal dari sel yang sama yaitu melanosit. Sel ini merupakan sel penghasil melanin yang mengatur gelap terangnya warna kulit dan warna rambut manusia. Kemudian sel melanosit ini juga memproduksi pigmen ketika rambut kita sedang tumbuh.

Rambut Uban di Usia Muda, Beginilah Cara Mencegahnya

Rambut Beruban

Rambut beruban adalah rambut yang kehilangan warna aslinya atau berubahnya warna rambut menjadi putih atau keabu-abuan.

Rambut uban tidak tumbuh dengan sendirinya. Rambut hitam yang terdapat di kepala akan berubah warna menjadi lebih putih. Rambut uban bila muncul pada orang lanjut usia merupakan hal yang wajar.

Namun, bila muncul pada orang berusia muda, tentu akan mengganggu penampilan. Rambut uban terjadi akibat adanya perubahan warna dari pigmen rambut yang dikenal sebagai melanin.

Perubahan tersebut terjadi akibat kurangnya asupan oksigen yang diterima oleh batang rambut. Batang rambut menerima sari-sari makanan dari ujung-ujung pembuluh darah dan zat yang dihisap tersebut kekurangan oksigen.

Baca Juga: Beberapa Tips Membuat Masker Alami Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Itulah mengapa susunan rambut menjadi tidak baik, kemudian mempengaruhi melanin rambut dan terjadilah uban. Melanin diproduksi oleh sel melanosit dalam folikel rambut. Melanosit mampu bertahan dari kerusakan kumulatif secara bertahun-tahun, yang pada akhirnya membuat melanosit tidak mampu memproduksi melanin.

Dikutip dari Haikal (2009:101), uban akan muncul saat produksi pigmen pewarna rambut terhambat akibat beberapa masalah sebagai berikut:

  • Stres, pengaruhnya hanya sementara. Setelah terbebas dari stres, produksi pigmen akan kembali lancar dan uban tidak muncul kembali.
  • Defisiensi vitamin B12.
  • Gangguan pencernaan, terutama pada orang yang merokok. Hal ini muncul karena asupan gizi tidak optimal.
  • Faktor keturunan.
  • Masalah pada ginjal dan paru-paru.
  • Rambut terlalu sering terpapar bahan kimia.
  • Shampo dengan kandungan soda terlalu banyak.

Untuk memiliki rambut yang sehat dibutuhkan perawatan yang sesuai dengan kondisi rambut. Perawatan dapat dilakukan secara tradisional atau natural treatment dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat.

Banyak usaha yang dilakukan untuk menghindari rambut beruban. Kebanyakan orang mengatasi rambut beruban dengan berbagai cara, ada yang mengatasinya dengan cara mencabut rambut uban, bahkan sampai mengecat rambut agar tampak hitam kembali.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah dengan Murah dan Meriah

Ada beberapa cara untuk menghitamkan rambut dan menghilangkan uban secara alami, tetapi kurangnya pengetahuan dan informasi dapat membuat seseorang memilih cara-cara yang salah dan instan yang dapat memperburuk keadaan rambut.

Untuk menghindari rambut beruban di usia dini, cobalah solusi alami berikut:

1. Pola MakanMasukkan makanan yang kaya akan mineral seperti zat besi, natrium, dan vitamin B dalam menu harian Anda. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga bermanfaat, seperti yang kaya antioksidan, sehingga dapat membantu memerangi radikal bebas yang menyebabkan uban prematur.

2. Pijat Rambut. Pijat rambut dengan minyak kelapa akan menjaga rambut panjang, hitam, dan kuat. Anda juga bisa merebus daun kari dalam minyak kelapa dan memakainya untuk rambut. Memakai minyak dan campuran bubuk gooseberry kering adalah pengobatan yang efektif untuk uban.

3. Menggunakan Pewarna Rambut Henna. Henna adalah pewarna rambut alami untuk rambut beruban karena membantu dalam menutupi uban dan mengembalikan warna rambut menjadi coklat gelap. Ini juga dapat menjadi solusi alami untuk uban.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton