Ramadhan di Tengah Pandemi, Amalan Apa Saja yang Bisa Kita Kerjakan?

Ramadhan salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Meraka pada bulan ini berbondong-bondong memperbanyak amal ibadah, karena kita tahu pahala yang kita kerjakan di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan. 

Biasanya akan banyak orang yang berbondong-bondong menunaikan shalat berjama’ah, tadarus, iktikah dan amalan-amalan lain. Tapi ramadhan tahun ini berbeda, kita dihadapkan pada situasi yang tidak pernah kita temui ditahun-tahun sebelumnya, yakni ramadhan ditengah wabah penyakit yang merajalela. 

Tahun ini kita dianjurkan untuk melakukan semua kegiatan di rumah saja, mulai dari bekerja, bersekolah bahkan beribadah. Sampai-samapai para santri juga dipulangkan, kegiatan ngaji kilatan di pondok pesantren ditiadakan. Terus bagaimana kita bisa memperbanyak amal shaleh, jika semuanya dibatasi. 

Eittss tenang saja amalan-amalan dalam bulan Ramadhan banyak sekali dan dapat dikerjakan dirumah saja, apa sajakah itu:

1. Sholat Tarawih Berjamaah Bareng Keluarga

Nah kita bisa sholat tarawih berjamaah di rumah, selain mengganti sholat jama’ah di masjid/musholla seperti biasanya, sholat berjmaah bersama keluarga bisa meningkatkan kadar keharmonisan keluarga. Loh kok bisa? Tentu saja bisa, karena biasanya orang-orang rumah terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga jarang sekali berkumpul. Nah, sholat tarawih berjamaah bersama keluarga ini bisa menjadi salah satu cara agar mempererat suatu keluarga.

2. Membaca al-Qur’an / Tadarus al-Qur’an

Nah ini salah satu amalan yang bisa kita kerjakan walaupun di rumah. Kita bisa lebih banyak membaca al-qur’an pada masa pandemi seperti ini, benar tidak. Karena biasanya kita sering ngabuburit keluar, sekarang ngabuburitnya diganti dengan membaca al-quran.

3. Melakukan Shadaqoh

Di saat pandemi seperti ini banyak sekali orang yang di PHK, pendapatan menurun karena semua orang dihimbau untuk di rumah saja, pekerja harian dan pedagang bingung mencari rezeki. jadi mari kita memberikan sedikit rezeki kita kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dengan demikian semua orang bisa merasakan berkah di bulan ramadan.

4. Sahur 

Jarang orang tahu bahwa sahur adalah salah satu amalan di bulan Ramadhan. Banyak yang menganggap sahur hanyalah salah satu cara menambah energi agar kita mampu berpuasa sampai berbuka nanti. Padahal sahur adalah amalan sunnah di bulan ramadhan, sesuai hadit Rasulullah : 

“Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur ada keberkahan” (HR. Bukhari)

5. Memperbanyak Sholat Sunnah

Kita dihimbau untuk beribadah di rumah saja, bukan berarti kita tidak bisa memperbanyak melakukan amal shaleh. Salah satunya kita bisa memperbanya shalat sunnah, karena banyak waktu luang untuk mengerjakannya. Dimulai dari sholat dhuha dan disambung dengan shalat tasbih untuk paginya. Dan saat menjelang sahur kita bisa melaksanakan sholat taubat, sholat tahajjud dan sholat hajat dengan khusuk karena saat malam ada waktu istirahat yang cukup bukan. Kan lagi dirumah saja. hehehh

6. Menghindari untuk Tidak Membicarakan Orang Lain

Karena kita di rumah maka kegiatan kumpul-kumpul tidak ada. Terus apa baiknya coba? Nah, jika kita tidak kumpul-kumpul maka kegiatan membicarakan orang lain tidak ada, karena salah satu hal yang menghapus amalan kita saat berpuasa adalah membicarakan orang lain.

Sebenarnya banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita kerjakan saat di rumah saja, karena suatu amal itu diterima bukan karena dimana kita melaksanakannya tapi bagaiman kita melaksanakannya dan bagaimana niat kita, ikhlas atau tidak, apakah sudah memenuhi rukun dan syaratnya. Kita membantu ibu untuk membuat menu berbuka puasa itu bisa menjadi amalan baik kita. Jadi jangan mempermasalahkan lagi kita harus melakukan amalan apa saat disuruh beribadah di rumah. 

Penulis: Riesma Sri Wulandari

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Des 12, 2020, 9:28 AM - SiPintar.com
Agt 18, 2020, 6:34 PM - LelyRisnawatiDamanik
Agt 17, 2020, 9:51 PM - Alfan Ramadhan
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer