Rahasia Cek Video atau Foto Hoak atau Asli Lewat Fitur Yandex

Ruangsekolah.net-Akhir ini banyak beredak foto atau video hoax yang dapat mengganggu warganet. Beredarnya foto atau video hoax ini cukup menghebohkan, bahkan menumbuhkan kesalahfahaman di antara berbagai pihak. Maka dari itu, butuh alat pengecek yang dapat membantu melihat keaslian wacana, hoax atau asli. Salah satunya adalah mengecek video atau foto hoax atau asli lewat fitur Yandex.

Dikutip dari Bisnisnis.com, Jumat (22/05), pencipta aplikasi Drone Emprit Ismail Fahmi dalam akun Twitternya menjabarkan bagaimana menggunakan cek video hoax atau asli lewat fitur Yandex. Adapun, langkah-langkahnya dapat dilakukan lewat perangkat desktop atau ponsel pintar.

Pertama, pengguna menyiapkan berkas penampung untuk screenshot gambar-gambar atau video yang beredar viral di media sosial. Kemudian, pastikan gambar disimpan adalah gambar-gambar unik yang terdapat dalam foto atau video tersebut.

Ismail menyebutkan, semakin unik gambar yang diambil, maka semakin baik  proses otentifikasi. “Misal ada frame orang bawa payung atau ada tiang bendera di tengah kerumunan,” ujar Ismail dalam akun Twitternya.

Kedua, pengguna membuka situs Yandex.com, lalu mengklik menu image. Kemudian, unggah file screenshot melalui ikon kamera, lalu klik ikon select a file. Setelah itu, pilih screenshot gambar atau video unik yang telah tersimpan.

Setelahnya, robot situs Yandex.com akan melacak gambar dan menampilkan sumber dari inframe yang diunggah. Misalnya, dari inframe tersebut ditemukan bahwa sumber gambar dari facebook atau media sosial lainnya.

Ketiga, pilih gambar yang sama. Pengguna melakukan perbandingan melalui antara gambar sebelumnya dan gambar yang ditampilkan Yandex.com. Jika berbeda, terus melakukan pengecekan pada inframe yang disimpan dan diunggah.

Keempat, cek ke-ori-an gambar atau video tersebut dengan membuat rangkuman yang dapat dibagikan hasil temuannya ke media sosial atau pengguna internet lainnya. “Dengan cara ini Anda bisa cek sendiri apakah video atau gambar hoax atau asli,” ujar Ismail.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin