Power Supply Komputer: Jenis, Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Power supply komputer, salah satu  hardware yang terdapat di dalam  komputer dikenal sebagai perangkat keras terletak bagian dalam  belakang atas komputer.

Pada  Power supply biasanya sering dijumpai chasing komputer berbentuk persegi begitu penting pada komputer, karena tanpa power supply komputer yang dimiliki tidak akan berjalan dengan baik.

Bagaimana jenis, fungsi, komponen dan cara kerja power supply komputer yang terdapat pada power supply. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cara Bijak Menyikapi Hoaks di Media Sosial

1. Jenis Power Supply Komputer

Pada perkembangnya power supply terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: Pertama power supply ATX. Power supply ATX,  adalah nama baru dari power supply AT yang telah diperbaharui sebelumnya menjadi lebih canggih. Desain lebih komplek serta energi listrik efisien salah satu keunggulan power supply ATX. 

Keunggulan power supply ATX yang menarik lainnya, yakni mode bisa diatur seperti mode tidur, siaga dan off. Ciri Khas dimiliki power ATX, adalah daya besar, mati sepenuhnya serta terminal output.

Baca Juga: CATAT! Aplikasi Kouta Belajar Kemdikbud, Ada Whatsapp dan Google Classroom

Kedua, Power supply ATX. Atau dikenal dengan Advance Tekhnologi Extended  sudah begitu familiar di kalangan masyarakat terbukti power supply jenis ini banyak digunakan dibanding jenis lainnya.

Daya listrik yang besar salah satu keunggulan dari power supply ATX sehingga tak salah bila kemudian diburu oleh sebagian masyarakat. Ketiga, Power supply BTX. Mempunyai dua macam kabel power,  yaitu kabel 24 pin mengarah motherboard serta kabel 15 pin yang memiliki efisiensi daya.

2. Fungsi Power Supply Komputer

Sumber daya, adalah nama lain dari power supply. Fungsi power ini memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware di casing komputer. Mengubah AC ke DC fungsi lain power supply lewat cara kerjanya bersumber  energi listrik berasal dari luar AC.

Saat energi  listrik  masuk. power supply kemudian akan dikonversi menjadi DC. Daya DC ini pula yang disalurkan ke semua komponen yang ada di chasing lalu lewat cara tersebut komponen dalam komputer dapat bekerja.

Baca Juga: Peran Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

3. Komponen Power Supply Komputer

Power supply pada dasarnya mempunyai sejumlah komponen, yaitu; Pertama transformator. Transformator berada dalam pada power memindahkan tenaga listrik antar dua rangkain.

Kedua, Dioda, yang merupakan gabungan elektroda, yakni anoda dan dioda berfungsi menghantarkan arus pada tegangan maju lalu menghambat arus pada aliran tegangan balik

Ketiga, Kapasitor yang berfungsi  menyempurnakan tegangan arus AV ke tegangan arus DC. Keempat, Resistor berfungsi membantu power supply menurunkan tegangan kemudian membagi tegangan dan membatasi arus listrik yang masuk. Dari sinilah dapat mengontrol perangkat keras pada motherboard.

Baca Juga: Aplikasi yang Membantu Selama Masa Pandemi

Kelima, lampu indikator. Lampu indikator ini sebagai tambahan pada power supply, karena berfungsi indikator atau alat yang menandakan power supply sedang bekerja.

Keenam, Sekering. Sebuah komponen fungsinya mengamankan komponen utama power supply.

Ketujuh, Saklar. Sebuah alat tambahan pada power supply yang berguna supaya power supply lebih mudah mengoperasikannya. Selain itu, saklar juga berfungsi mengaktifkan dan menonaktifkan power supply tanpa cabut saklar. 

Baca Juga: Peran Teknologi dalam Strategi Dakwah Islam

4. Cara  Kerja Power Supply Komputer

Power supply memiliki cara kerja yang menarik, yakni  power supply membagi day sesuai kapasitas. Menjaga stabilitas arus listrik juga salah satu cara kerja power supply. Itulah ulasan tentang jenis, fungsi, komponen dan cara kerja power supply yang dapat menambah pengetahuan.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Baru
Mar 2, 2021, 8:17 AM - Ruang Sekolah
Feb 28, 2021, 4:35 PM - HARIYANTI AF.
Feb 22, 2021, 8:00 PM - RISAL