Ponsel China OnePlus Memiliki Kemampuan Foto Tembus Pandang, Inilah Triknya

Ponsel China OnePlus salah satu buatan China ini memiliki trik unik yang tidak dimiliki ponsel lainnya. OnePlus 8 Pro memiliki kemampuan foto tembus pandang dengan jenis permukaan tertentu berkat kamera 5 megapiksel di belakang bodi ponsel.

OnePlus 8 Pro dirilis pada tanggal 21 Aprli 2020. Adapun kualitasnya, kamera depan menggunakan 16MP dan empat kamera belakang, yaitu: 48MP (Wide), 8MP (telephoto), 48 MP (ultrawide), dan 5MP (depth). 

Kamera Ponsel China OnePlus ini bagaikan sinar X menggunakan sensor infra merah (IR), sehingga memiliki kemampuan tembus pandang yang tidak dimiliki ponsel pada umumnya. 

Baca juga: Cara mengatasi Ponsel Lemot hanya dengan 2 menit

Dikutip seperti Viva, Senin (14/05), menurut laporan The Verge, Senin, 18 Mei 2020, kemampuan itu sangat efektif. Contoh, kamera tersebut bekerja pada plastik hitam yang sebenarnya sudah tembus pandang di cahaya normal. Trik ini ditemukan digunakan oleh pengguna Twitter Ben Geskin serta video dari Kanal Unbox Teory.

Adapun cara mengaktifkan kamera OnePlus, cukup membuka aplikasi kamera lalu geser ke firter warna photochrom dan arahkan pada objek hitam. Sementara itu, OnePlus belum berkomentar mengenai trik ini dan cara kerjanya.

Tampaknya, proses kamera ponsel China OnePlus ini tergantung pada sensor infrared yang mengumpulkan jenis radiasi yang tidak terlihat oleh mata manusia. Sedangkan, sensor infra merah berada tepat di bawah cahaya spektrum dan kadang-kadang disebut “Radiasi Panas”, alasannya karena itu yang dirasakan manusia akan efeknya.

Akan tetapi ponsel-ponsel yang memiliki sensor infra merah, juga dimiliki ponsel lainnya, seperti: ponsel high-end. Selain itu, IPhone keluaran terbaru memiliki kamera TrueDepth untuk menembus pandang. Produk Apple menggunakan infra merah untuk memindahi wajah pada difitur FaceId.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin