Peristiwa Isra' Mi'raj Menjadi Salah Satu Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan rajab termasuk salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan. Pada bulan rajab terdapat larangan untuk tidak melakukan hal hal maksiat, melakukan hal hal yang dilalarang atau bahkan melakukan hal hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Bulan rajab memiliki banyak keistimewaan salah satunya yakni peristiwa isra' mi'raj. Peristiwa ini secara jelas terabadikan dalam surah al-Isra ayat 1 yang berbunyi :

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ 

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

Baca Juga: TEKS Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 PDF Masjid, Musollah, Sekolah dan Masjid

Isra' berarti perjalan nabi muhammad saw dari masjidil haram ke masjidil aqsa. sedangkan ,mi'raj bermakna perjalanan  nabi muhammad saw dari masjidil aqsa menuju langit ke tujuh (sidratul muntahau) untuk menerima perintah salat secara langsung. Menurut pendapat yang masyhur isra' mi'raj terjadi pada hari senin tanggal 27 bulan rajab atau tepatnya satu tahun sebelum nabi muhammad saw hijrah ke madinah. 

Dalam peristiwa isra' mi'raj nabi muhammad saw mengendarai buroq. Buraq merupakan hewan surga berwarna putih, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari bagal (peranakan kuda dengan keledai). Peristiwa ini terjadi dalam kurun waktu satu malam dimana jika difikirkan dengan pemikiran manusia maka peristiwa ini membutuhkan waktu yang sanggat lama. namun atas kekuasaan allah hal yang tak mungkin terjadi menurut manusia dapat dengan mudah terjadi atas kuasa allah. 

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah