Peran Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ektraksi benda, untuk membantu menyelesaikkan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari. 

Dulunya makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud, misalnya mesin dan peralatan.

Namun makna teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja tapi juga benda yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan software, dan lain-lain. 

Baca Juga: Mengenal Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

 

Perkembangan teknologi ini tidak terlepas dari adanya perkembangan dalam bidang sains yang juga telah berlangsung dengan pesat sekali terutama sejak abad ke-19 hingga sekarang.

Proses perkembangan sains yang telah dilakukan oleh para ilmuwan sains, membawa dampak positif bagi perkembangan teknologi, dengan diciptakannya alat peralatan yang merupakan produk teknologi.

Produk teknologi ini pada gilirannya juga membawa kemajuan dalam bidang sains.  Pesawat ruang angkasa yang dapat membawa para astronot menjelajahi alam semesta merupakan produk dari kerjasama antara sains dan teknologi yang amat pelik.

Baca Juga: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Siswa SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19

 

Perkembangan teknologi tidak berlangsung dalam kurun waktu yang pendek, tetapi pada hakikatnya telah dimulai sejak ratusan ribu tahun yang lalu, ketika orang atau manusia purba mulai menggunakan batu sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan mereka.  

Kemudian disusul penemuan logam maka penemuan alat-alat yang berguna bagi aktivitas manusia mulai berkembang.

Dewasa ini hampir setiap segi kehidupan kita telah terkait dengan teknologi. Sejak bangun di pagi hari kita telah melihat jam dinding untuk mengetahui waktu dengan tepat. Jam dinding, pakaian, alat transportasi, peralatan kantor merupakan produk teknologi.

Di dalam rumah tangga produk teknologi juga merupakan bagian dari kehidupan kita. Televisi, telepon, radio, lemari es, kompor gas atau listrik, lampu, meja makan, dan lain-lainnya adalah hasil kegiatan orang yang dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam melakukan tugas kita sehari-hari.

Di masa pendemi seperti sekarang ini, teknologi telah berperan penting dalam memerangi pencegahan virus corona (covid-19) terutama dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat, mungkin jika melihat angka-angka statistic jumlah penularannya, peran teknologi tidak akan terasa.

Namun bayangkan jika tidak ada bantuan teknologi sejak awal virus corona ini muncul, maka korban yang berjatuhan bisa lebih banyak dari saat ini.

Baca Juga: Aplikasi yang Membantu Selama Masa Pandemi

 

Peran teknologi ini sangat banyak, terutama memberikan kemudahan dalam menyebarkan informasi. Dengan adanya media televisi dan gadget lainnya, masyarakat dapat  dengan mudah mendapatkan informasi yang penting terutama informasi tentang covid-19 ini. Televisi menjadi tempat yang paling mudah untuk menyebarkan informasi.

Teknologi juga sangat berperan banyak dalam membantu kita dibidang pendidikan, apalagi di masa pendemi seperti sekarang ini yang melakukan aktivitas harus secara online seperti belajar dari rumah, melakukan seminar secara online, konsultasi kesehatan pun juga dilakukan dengan cara online.

Baca Juga: Teknologi Thermogun & Desinfektan Corona Chamber yang Diaplikasikan dengan Sensor

 

Di sinilah kita sangat bergantung pada teknologi karna dengan adanya teknologi aktivitas kita bisa dipermudah dengan melakukan secara online.

Dijaman sekarang teknologi sudah sangat canggih, dan sudah banyak menciptakan bermacam-macam aplikasi seperti E-learning, Classroom, Zoom Meeting dan lainnya. yang sangat membantu aktivitas pendidikan kita secara online.

Baca Juga: Daring Garing Dan Boring

 

Teknologi pun berperan dalam mempermudah akses belanja dengan system online. sekarang ini teknologi sudah banyak menciptakan aplikasi untuk belanja online seperti aplikasi tokopedia, shopee, bukalapak, marketplace dan lain sebagainya. Aplikasi seperti ini memang sudah ada jauh sebelum munculnya virus corona.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Membayar Zakat Fitrah di Bukalapak

 

Dan aplikasi ini sangat berguna bagi kita yang ingin belanja apalagi sekarang kita melakukan aktivitas secara online agar bisa mengurangi maraknya penyebaran virus corona.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi di Era Covid-19

 

Teknologi ini sangat bermanfaat sekali bagi kita. Dalam situasi seperti sekarang ini teknologi telah amat banyak membantu kegiatan kita.

Mulai dari aplikasi-aplikasi yang diciptakannya, seperti aplikasi games, aplikasi untuk membaca buku secara online, aplikasi untuk menonton film secara online dan masih banyak lagi.

Bayangkan jika tidak ada teknologi ini bagaimana kita menghilangkan rasa bosan kita ini apalagi dimasa pendemi seperti sekarang ini.

Baca Juga: Peran Teknologi dalam Strategi Dakwah Islam

 

Kita boleh keluar jika ada kebutuhan yang harus dibeli, tidak bisa keluar rumah secara bebas seperti biasanya dikarenakan perkembangan covid yang semakin pesat.

Lely Risnawati Damanik

penulis : Lely Risnawati Damanik, Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Fakultas Sains dan Teknologi, Prodi Ilmu Komputer, Kelompok KKN-DR 165.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Populer
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Des 5, 2023, 10:45 PM - Ruang Sekolah
Jul 12, 2020, 7:59 PM - Ruang Sekolah
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah