Pentingnya Bergabung dengan Komunitas Menulis

Pernah mendengar kata2 berikut ini? "Ikatlah ilmu dengan menulis." Ali bin Abi Thalib. "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."(Pramoedya Ananta Toer). 

"Menulis bukan untuk terkenal, menulis untuk terkenang. Juga, untuk menyimpan kenangan yang kapan pun bisa pudar." (Rosyidatul Auliya)

Nah itu salah satu alasan utama kenapa kita harus menulis, menulis, dan menulis. Bukan agar terkenal, tapi agar anda tak terbenam saat anda sudah tak ada di dunia. Menulislah meski hanya sepatah atau dua kata.

Seberapa penting bergabung dengan komunitas menulis? Jawabannya penting dan pakai banget.... Mengapa demikian? Ketika kita sudah terjun ke dunia literasi, maka satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Yakni Bergabung dengan Komunitas Menulis.

Baca Juga: Sistem dan Mekanisme Komunitas Literasi

Ada ratusan komunitas menulis di Indonesia yang bisa anda ikuti. Baik itu menulis fiksi atau non fiksi, dari yang berbayar hingga gratis, seperti Pena Sastra Indonesia (PSI). Bahkan ada komunitas menulis berhonor seperti Ruang Sekolah, misalnya. Semua bisa anda ikuti. Untuk melatih kreativitas seni menulis anda.

Saya awalnya pun begitu. Sama-sama dari nol. Komunitas menulis yang pertama kali saya ikuti adalah KAM (tapi sudah berakhir) lalu, PSI dan ada banyak yg tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Alhamdulillah ada perubahan yang saya rasakan usai bergabung di komunitas menulis tersebut. Saya yg minim karya, sekarang banyak karya dan sudah banyak yg dibukukan, termasuk antologi yg diadakan oleh PSI.

Selain itu juga, meski tak sesering senior saya, alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk meraih juara tingkat nasional. Kemaren suatu ketidak sengajaan, saya terpilih menjadi juara 2 cipta monolog tingkat nasional, juga terpilih sebagai kategori cipta quotes terbaik antar komunitas tingkat nasional (saya sebagai perwakilan dari Media Literacy Indonesia). Semua saya anggap bonus dari Allah. Saya pun masih terheran-heran tak percaya.

Baca Juga: Mendongkrak Literasi Digital lewat Budaya Menulis

Kenapa harus bergabung ke komunitas menulis? Ya, ibaratnya seperti ini. Ketika anda punya makanan tapi anda tidak punya wadah yang cukup untuk makanan tersebut. Lantas apa yang akan terjadi? Makanan itu akan berserakan, bukan? Begitu pula dengan kita, ketika kita sudah berkecipung di dinia kepenulisan , maka anda perlu komunitas untuk wadahnya.

Ada beberapa manfaat yang akan kita dapat saat bergabung dengan komunitas menulis.

1. Mentor atau kakak senior

Setiap komunitas memiliki admin yang pastinya sudah berada di level atas kita dalam menulis. Ketika kita bergabung di suatu komunitas maka kita akan mendapat keuntungan mentor. Yang mana, mentor ini nantinya akan membantu mengarahkan, memberi teori, memberi solusi saat anda terjebak dalam masalah yg sering dihadapi oleh seorang penulis, seperti ; writer block, down, dan lainnya.

2. Kelas Kepenulisan

Nah selain mentor, yang akan anda dapat adalah kelas menulis. Yang mana dalam hal ini anda akan dibimbing dan diarahkan tentang bagaimana kiat-kiat menulis yang baik, teknik agar tulisan kita menarik, serta dilatih agar konsisten dalam menulis. 

Baca Juga: Asupan Gizi Energi bagi Penulis yang Wajib Kamu Ketahui

3. Challage atau Tugas

Challage atau tantangan. Di setiap komunitas akan ada waktu dimana mereka akan memberikan tantangan kepada membernya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman tentang materi yang telah disampaikan. Dan juga, sebagai latihan agar tulisan anda semakin baik dan konsisten dalam menulis.

4. Relasi

Semakin banyak relasi anda, maka jangkauan anda akan semakin luas. Melalui relasi inilah, selain menambah saudara, anda bisa bertukar info seputar kepenulisan, lomba-lomba, bahkan anda bisa saling memberikan kritik saran, guna membangun kreativitas menulis anda agar lebih baik lagi.

Baca Juga: 9 Manfaat Aplikasi Baca Buku Ibuk untuk Semua Orang

5. Inspirasi dan Motivasi

Pernahkah anda belajar dari pengalaman orang? Atau bahkan cerita orang? Ketika anda sudah memiliki relasi banyak, tentunya akan terjadi komunikasi di dalamnya, baik itu hanya cerita pengalaman, kata-kata semangat atau yang lainnya. Dari situlah anda akan mendapat asupan motivasi dalam diri bahkan dari perbincangan receh tersebut timbullah inspirasi yg tak terduga.

6. Media Untuk Berlatih

Selain skill dalam menulis, sekarang banyak komunitas yang menyediakan fasilitas publik speaking yakni belajar berbicara di depan orang banyak, baik dengan melalui kegiatan diskusi atau pun seminar.

Nah, itu kiranya beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat bergabung dalam suatu komunitas. Ok, sekian dari saya. Terima kasih sudah berkenan membaca.

(materi ini sudah disampaikan di seminar online yang diselenggarakan oleh Pena Sastra Indonesia) 3.2.2021 (Rosyi)

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Tulisan Baru
Jun 19, 2021, 10:43 PM - Pipin Pirmansyah
Jun 19, 2021, 10:41 PM - Rini Risdayanti
Jun 19, 2021, 10:33 PM - Pohon Jalang
Jun 19, 2021, 10:28 PM - Khurri Ulya