Pengertian, Jenis, Fungsi Platform Media

Jadi di sini kami kami memaparkan pengertian dari platform. Nah, sebelumnya mungkin teman-teman banyak yang bertanya apa sih platform itu? Oke, jadi di sini kami akan menjelaskan tentang platform Media. 

A. Pengertian

Platform media adalah program dasar untuk menciptakan suatu produk yang bisa dijangkau atau dimanfaatkan oleh semua orang. Platform juga bisa digunakan dalam berbagai bidang dari perbisnisan hingga perpolitikkan. Dengan adanya platform ini masyarakat mudah untuk mengupdate berita-berita  atau ide-ide terkini.

Baca Juga: Aplikasi dan Platfrom Pendukung saat Pandemi Covid-19

B. Jenis-Jenis Platform Media

Mencari motivasi untuk pengembangan diri bisa kita dapatkan dari mana saja. Salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan inspirasi dan motivasi adalah melalui platform media informasi. Seperti media surat kabar, pertelevisian, radio, dan media internet. 

1. Media Surat Kabar

Surat kabar seperti koran dan majalah sering menampilkan informasi berita, artikel hiburan, cerita pendek, puisi, juga kisah-kisah inspiratif. Dari yang kita baca tulisan-tulisan tersebut kita tak hanya mendapatkan hiburan dan informasi terbaru saja, tetapi juga pasti ada pesan yang mengena bagi kita dan itu bisa menjadi sebuah motivasi. Seperti kisah inspiratif yang kerap kali ada di koran dan majalah yang memiliki amanat dari kisah tersebut dan bisa menjadi motivasi bagi kita untuk melakukan yang lebih baik lagi.

2. Pertelevisian

Televisi adalah salah satu perangkat yang paling sering kita pergunakan sebagai media informasi untuk mencari tontonan apik sebagai hiburan dan sumber informasi. Seperti dalam acara televisi berupa berita, talkshow, film, sinetron, maupun konser musik. Apabila ingin mendapatkan motivasi, bisa kita dapatkan dari acara televisi inspiratif seperti dalam talkshow dan berita atau acara film dan sinetron yang memiliki amanat dari kisahnya

3. Radio

Radio menjadi media suara yang juga menyampaikan informasi akurat dan terpercaya. Sama seperti pertelevisian, motivasi bisa kita dapatkan dari talkshow atau acara bincang-bincang inspiratif di radio yang bisa membuat kita terhibur dan memberikan motivasi.

4. Sosial Media

Dari ketiga hal di atas, media sosial menjadi cara yang paling efektif saat ini untuk menyebarkan cerita atau berita informatif dan inspiratif. Sosial media pun banyak bentuknya, tak hanya Instagram saja. Ada Twitter, Facebook, Quora, Kaskus, dan YouTube. Dengan milyaran pengguna media sosial di seluruh dunia, tak sulit bagi kita untuk saling berbagi cerita dan motivasi.

C.   Platform Penghasil Uang

Platform media

Dari jenis- jenis platform yang dijelaskan sebenarnya semua bisa menghasilkan uang, namun seiring berkembangnya IPTEK, maka sebagian besar menggunakan platform media sosial. Tetapi, masih ada yang menggunakan  surat kabar, televisi, radio, surat kabar, tergantung kebijakan dari surat kabar itu sendiri.

Baca Juga: Cara Daftar Penulis Tetap di Website Ruang Sekolah Berhonor

Adapun beberapa Platform  yang dapat menghasilkan uang, tentunya sangat diharapkan semua orang, di antaranya:

1. Payroll Transaction

Payroll Transaction di dalam fitur ini, Anda dapat mengelola data gaji dan tunjangan lainnya untuk setiap karyawan dengan detil secara bersamaan dan otomatis. Anda juga dapat melihat semua daftar gaji karyawan di perusahaan Anda dengan mudah dengan software. 

2. Upwork.com

Meskipun baru saja menerapkan layanan berbayarnya, tapi platform ini masih menjadi primadona dengan tagline-nya, "The talent you need, The flexibility you want". Evolusi dari oDesk ini memiliki banyak fitur menarik dan menawarkan keamanan transaksi antara pemberi kerja dan pekerja, di mana Upwork layaknya marketplace lainnya akan menjadi perantara untuk memastikan pekerjaan dan upah tersalurkan dengan baik. Tapi perlu anda ketahui bahwa sebagai perantara maka Upwork menetapkan biaya untuk setiap transaksi yang terjadi.

Sebuah platform yang user-friendly sehingga memudahkan kamu dalam menggunakan layanan baik sebagai pencari kerja atau pemberi kerja, selain itu juga dilengkapi fitur untuk berkomunikasi antar kedua bela pihak.

C.   Kesimpulan 

Pada dunia teknologi seperti ini, platrom sebagai media salah satunya untuk mendapatkan penghasilan, meskipun tidak semuanya berhonor. Namun, ada aktivitas yang positif dan menguntungkan di dunia baru ini yang dituntut untuk beradaptasi dan selalu berkreasi. Oleh karena itu, manfaatkan platform untuk hal yang positif bukan hal yang mampu merusak diri sendiri dan orang lain.

 

*Penulis: Aswan, Fizriyatul As’idah, Aulya Andina, Cysakaren Diva Pratiwi, Kenny Jessica A. C. D, Azmi Robiansyah, Aisyah Indah Yulianti dan Syarifah. 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah