Pencegahan Infeksi kuman & Virus

Transmisi kuman

Transmisi kuman merupakan proses masuknya kuman kedalam tubuh manusia yang dapat menimbulkan radang atau penyakit, prosestersebut melibatkan unsusr diantaranya:

1.         Reservior, merupakan habitat bagi pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme, dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan maupun tanah.

2.         Jalan masuk, merupakan jalan masuknya mikroorganisme ketempat penampungan dari berbagai kuman, seperti saluran pernapasan, pencernaan dan kulit.

3.         Inang (host) merupakan tempat perkembanganya suatu mikroorganisme yang dapat didukung oleh ketahanan kuman.

4.         Jalan keluar, merupakan tempat keluarnya mikroorganisme dari reservoir, seperti sistem pernafasan, sistem pencernaan dan alat kelamin.

5.         Jalur penyebaran, merupakan jalur yang dapat menyebarkan berbagai kuman mikroorganisme ke berbagai tempat, seperti air, makanan dan udara.

cara penularan mikroorganisme

proses penyebaran nikroorganisme kedalam tubuh, baik pada manusia maupun hewan, dapat melalui berbagai cara :

1.         Kontak tubuh, kuman masuk kedalam tubuh melalui proses penyebaran secara langsung, maupun tidak langsung. Penyebaran secara langsung melalui sentuhan dengan kulit, sedangkan secara tidak langsung dapat melaui benda yang terkontaminasi.

2.         Makanan dan minuman, terjadinya penyebaran dapat melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh virus dan kuman.

3.         Serangga, contoh proses penyebaran kuman melalui serangga adalah penyebaran penyakit malaria oleh plasmodium pada nyamuk anopeles dan beberapa penyakit saluran pencernaan yang dapat ditularkan melalui lalat.

4.         Udara, proses penyebaran kuman melalui udara dapat dijumpai pada penyebaran penyekit sistem pernafasan.

faktor-faktor yang mempengaruhi proses infeksi

1.         Sumber penyakit, sumber penyakit dapat memengaruhi apakah infeksi berjalan cepat atau lambat.

2.         Kuman penyebab, kuman penyebab dapat menentukan jumlah mikrooranisme, kemampuan mikroorganisme masuk kedalam tubuh dan virulensynya.

3.         Cara membebaskan sumber dari kuman, cara membebaskan kuman dapat membebaskan apakah proses unfeksi cepat teratasi atau diperlambat, seperti tingkat keasaman (PH), suhu dan penyinaran (cahaya).

4.         Cara penularan, cara penularan seperti kontak langsung, melalui makanan atau udara, dapat menyebabkan penyebaran kuman kedalam tubuh.

5.         Cara masuknya kuman, proses penyebaran kuman berbeda, bergantung dari infeksinya. Kuman dapat masuk melalui saluran pernafasan, saluran pencernaan dan kulit.

6.         Daya tahan tubuh, daya tahaun tubuh yang baik dapat memperlambat proses infeksi atau mempercepat proses penyembuhan. Damikian pula sebaliknya, daya tahan yang buruk dapat memperburuk proses infeksi.

 

Tindakan pencegahan infeksi

Beberapa tindakan pencegahan infeksi yang dapat dilakukan adalah:

1.         Aseptik yaitu usaha yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah masuknya mikroorganisme kedalam tubuh yang kemungkinan besar akan mengakibatkan infeksi. Aseptik ini dilakuakn dengan cara sesering mencuci tangan jika selesai memegang benda yang di anggap kotor yang dapat menjadi sumber dari kuman, terutama ketika akan memegang bagian muka seperti hidung, mata dan mulut. Selain emncuci tangan bisa juga di ganti dengan cairan antiseptik yang banyak di jual di super market untuk mensiasati cuci tangan di tempat-tempat umum yang banyak pengunjung.

2.         Pengunaan masker, tindakan pengamanan yang menutup hidung dan mulut dengan menggunkan masker, bertujuan untuk mencegah atau mengurangi transmisi droplet mikroorganisme di tempat tempat umum.

3.         Menjaga daya tahan tubuh, dengan daya tahan tubuh yang baik maka kuman, penyakit dan virus akan susah menginfeksi dan tidak gampang sakit, dan jika dalam kondisi sakit akan mempercepat prose penyembuhan. Kita dapat menjaga daya tahan tubuh dangan cara minum multyvitamin secara rutin setiap hari, makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah dan taklupa olahraga teratur setiap hari kurang ebih 10-15 menit.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis
Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton