Pemanfaatan Teknologi di Era Covid-19

Pemanfaatan Teknologi di Era Covid-19

Oleh : Rahma Tania Mawaddah Lbs

 

Covid-19 yang sedang merajalela saat ini menjadi perbincangan dunia tak terkecuali Indonesia. Pandemi covid-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah termasuk dalam kebutuhan teknologi.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg dipelukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya hanya memiliki dua aspek yaitu aspek hardware dan software.[1]

Seperti yang kita ketahui teknologi saat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini yang membuat teknologi menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Dari yang muda hingga yang tua sekalipun. Sehingga teknologi ini memiliki kekuatan yang besar dimasa pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia ini terutama di Indonesia.

            Diketahui Virus ini pertama sekali dilaporkan pada badan WHO pada tanggal 31 Desember 2019 dan negara yang pertama terkonfirmasi merupakan negara China tepatnya di kota Wuhan, tak terkecuali Indonesia. Hingga Kasus Covid-19 pertama yang sekali terjadi di Indonesia menjadi sorotan dunia. Presiden Jokowi mengkonfirmasi adanya dua orang yang terjangkit covid-19. “Ada dua orang warga negara Indonesia yang  positif virus corona”, ujar jokowi pada Senin (2/3/2020). [2]

            Terhitung dari 2 Maret 2020, hingga hari ini (27/7/2020) terdapat 98.778 kasus positif, 56.655 yang sembuh dari covid-19 di Indonesia. Informasi ini berdasarkan data kementerian kesehatan dan disampaikan melalui laman www.covid19.go.id.

Pemerintah telah melakukan kebijakan untuk mengurangi penyebaran penularan covid-19 dengan melakukan social distancing dan physical distancing agar tidak terjadi peningkatan penyebaran virus. Dengan adanya social distancing atau physical distancing seluruh aktivitas yang dilakukan diantaranya dalam urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, kesehatan bahkan urusan agama dan ibadah teknologi juga ikut berperan banyak didalamnya.

Pada Jum’at (20/3/20) Maria Van Kerkhove ahli epidemiologi WHO menambahkan “ Saat ini, berkat teknologi yang telah maju, kita dapat tetap terhubung dengan berbagai cara tanpa benar-benar berada dalam ruangan yang sama dengan orang lain secara fisik”. Sehingga dengan bantuan teknologi kita dapat berkomunikasi dengan jarak jauh.

Teknologi itu sendiri terhubung dengan penggunaan internet dan teknologi berbasis jaringan dimungkinkan berguna untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan serta menerima dan memberikan informasi.[3]

Dibidang pendidikan, Teknologi dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya penerapan sistem daring yaitu pembelajaran jarak jauh, penggunaan teknologi informasi dengan menggunakan komputer atau gadget membuat siswa dan guru dapat terhubung dalam memberikan pembelajaran. Saat ini media yang bisa digunakan untuk memberikan pembelajaran yaitu E-learning. Elearning ini merupakan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pembelajaran bagi siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Adapun aplikasi yang digunakan untuk mendukung komunikasi dalam pembelajaran tersebut seperti Whats up, Google Classroom, Youtube, Video Conference, Visco Webex, Google Meet, Ruang guru, mapun aplikasi Zoom yang digunakan pada perkulihan untuk mempertemukaun mahasiswa dengan dosen secara virtual sehingga terlaksanankan pembelajaran dengan baik.[4]

Dibidang kesehatan, teknologi juga digunakan untuk membantu tenaga medis seperti robot. Penjelasan Dr.Rifky Ismail ST, MT pada uji coba robot memiliki kemampuan untuk menghantarkan kebutuhan pasien, melakukan pengecekan, dan komunikasi visual dengan pasien. Dan robot juga menggunakan teknologi wireless control serta monitor dan kamera untuk komunikasi dua arah antara pasien dengan tenaga medis.[5]

Dibidang Keagamaan, teknologi ini juga dapat meningkatkan tingkat spiritual kita tentang keagamaan. Dengan kemajuan teknologi, di gadget sudah bisa memiliki aplikasi Al-qur’an yang bisa kita baca setiap saat, dengan membaca Al-Qur’an dapat memberikan ketenangan serta ketenangan hati.[6]

Islam juga mengajarkan untuk tidak keluar rumah, menjaga kebersihan dengan berwudhu, mencuci tangan, hingga menjaga jarak serta mengkonsumsi makanan yang baik dan juga halal yang berguna untuk memperkuat imunitas tubuh dan lain sebagainya. Semua ini juga bisa kita dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini dimasa pandemi yang melanda ini. Seperti Dalam hadist ini yang berkaitan dengan covid-19, diriwayatkan dalam hadits berikut ini: "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari). Dikutip dalam buku berjudul 'Rahasia Sehat Ala Rasulullah SAW: Belajar Hidup Melalui Hadist-hadist Nabi' oleh Nabil Thawil.[7]

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg pada kajian virtual yang diselenggarakan Pusat Kajian Moderasi Beragama (PKMB) UIN Raden Intan Lampung. Kajian yang berlangsung live di aplikasi Zoom dan YouTube UIN pada Kamis (14/5/2020) pukul 10.00-12.00 WIB, mengangkat tema Beragama Pada Masa Covid-19. Memaparkan “tolong menolong dalam mengatasi Covid-19 dan dampaknya. Tolong menolong harus ikhlas tanpa dibatasi suku, agama dan status sosial. Ini merupakan perwujudan dalam memperkokoh ukhuwah Islamiyah, Basyariyah, dan Wathoniyah,” tegasnya. Sehingga dalam meghadapi situasi pandemi ini sama-sama berjuang serta saling memberi semangat tanpa membedakan latar belakang masing-masing merupakan hal yang penting untuk melawan covid-19 ini.[8]

Dengan adanya teknologi yang berkembang saat ini menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran kita terhadap pencegahan penyebaran wabah covid-19. Penggunaan Teknologi dapat menjaga kita agar tidak kontak langsung dengan orang lain dan tetap bisa melakukan aktivitas dari rumah dengan baik. Untuk itu maka dibarengi pemahaman dan keterampilan tentang teknologi serta cara memanfaatkannya seperti mengenal perangkatnya, mengoperasikannya, mengolah, dan mengkomunikasikan informasi.  Bayangkan saja jika tidak ada teknologi akan berapa banyak orang yang terkena dampak pandemi ini. Teknologi menjadi salah satu sarana yang seharusnya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memasuki masa new normal.

 

 

 

 


[1] Ahmad Suryadi, Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 1 ( Sukabumi: CV Jejak, 2020), h. 6.

[2] Roida Pakpahan dan Yuni Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. Jurnal of Information System, Applied and Management, Accounting and Research. Vol. 4 No. 2, Mei 2020, h. 30.

[3] Roida Pakpahan dan Yuni Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. Jurnal of Information System, Applied and Management, Accounting and Research. Vol. 4 No. 2, Mei 2020, h. 31-32.

[4] Abdul Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol. 1 No. 2, Juni 2020, h. 108.

[5]Undip,”Undip Ciptakan Robot untuk Bantu Tenaga Medis Tangani Pasien Corona”( https://www.undip.ac.id/post/15452/undip-ciptakan-robot-untuk-bantu-tenaga-medis-tangani-pasien corona.html, Diakses pada 27 juli 2020)

[6] Althaf Husein Muzakky, “Al-Qur’an Di Era Gadget: Studi Deskriptif Aplikasi Qur’an Kemenag. Studi Al-Qur’An Membangun Tradisi Berfikir Murni. Vol. 16 No. 1, 2020, h. 56.

[7]Eman Supriatna, “Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam”. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Vol. 7 No.6, 2020, h.  561.

[8]Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,” Sikap Moderat Beragama di Tengah Pandemi”( https://www.radenintan.ac.id/sikap-moderat-beragama-di-tengah-pandemi/, Diakses Pada 14 Mei 2020)

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Populer
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Des 5, 2023, 10:45 PM - Ruang Sekolah
Jul 12, 2020, 7:59 PM - Ruang Sekolah
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah