Pantai Keris: 7 Faka Unik Wajib Kamu Tahu

Akhir ini Kabupaten Sumenep, Kecamatan Gapura dihebohkan penemuan destinasi baru dan unik, yaitu Pantai Keris yang terletak di desa Gersik Putih tepatnya ujung selatan Kecamatan Gapura.

Sebuah pantai yang berbentuk keris. Ya, jika dilihat dari atas pakai kamera drone, maka akan terlihat bentuk lekukan keris sisi pantai. Pantai ini yang nantinya akan menjadi tempat wisata baru dengan pemandangan yang menakjubkan.

Sesuai dengan julukan Kabupaten Sumenep sebagai kota Keris. Seyogyanya, pantai ini bentuk manifestasi dari julukan kota Sumenep. Pantai yang dikelilingi lautan dan tambak garaminika sehingga menjadikan tempat yang cocok bagi pengunjung untuk sekedar merilekskan otak dan menikmati suasana yang asri dan sejuk.

Oleh karena itu, tim Ruang Sekolah menemukan beberapa fakta unik tentang Pantai Keris, sebagaimana dirangkum di bawah ini:

1. Pantai Berbentuk Keris

Peta Pantai yang berbentuk KerisSesuai dengan namanya, Pantai Keris. Maka, dibuktikan dengan sebuah tempat yang berbentuk seperti keris. Jika kalian berkunjung, maka bentuk asri kerisnya tidak akan terlihat. Namun, jika dilihat di Google Maps pakai ponsel pintar, maka bentuk lekukan keris akan terlihat asli. Bisa juga dengan memakai kamera drone dari atas, layaknya sebuah keris yang tertancap di dasar pantai.

2. Inovasi dari Solidaritas Pemuda

Solidaritas Pemuda Gersik Putih

Setelah tim Ruang Sekolah mengamati dengan seksama, pembangunan Pantai Keris ini membutuhkan dana yang banyak bahkan ratusan juta untuk membangun infrastuktur dan arsitukter layaknya pantai wisata pada umumnya.

Setiap hari pemuda Gersik Putih melakukan perbaikan ala kadarnya, mulai dari papan nama, tempat duduk, pintu gapura kecil, dll. Semuanya terlihat dari kayu bekas dan tidak terpakai. Dengan kesederhanaan tersebut, pantai ini sedikit demi sedikit mengalami inovasi yang lebih baik.

Bahkan untuk biaya pengecetan dan konsumsi pekerja dilakukan dengan sukarelawan dari para pemuda Gersik Putih. Solidaritas yang dibangun benar-benar kuat di dalamnya. Semoga, ada dana dari pemerintah untuk terus berinovasi dan menjadi tempat wisata yang didatangi pengunjung lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

3. Kode Alam di Pantai Keris

Keris di pantai keris

Beberapa hari setelah viral di berbagai media, salah satu pemuda Gersik Putih Supriyadi, Minggu (26/06/20) jam 10.00 WIB saat mengantarkan wisatawan lokal untuk berkunjung ke Pantai Keris. Dia melihat fenomena langkah, yaitu awan berbentuk keris. Kemudian, dia memfoto dan membagikan ke media sosial dengan caption kode alam.

Kode alam inilah yang menjadi simbol nantinya, bahwa Tuhan dan para leluhur desa telah merestui pembangunan destinasi pantai yang berbentuk keris di Gersik Putih.

4. Tamu Istimewa dari Kominfo Sumenep

Saking viralnya pantai berbentuk keris ini, Irwan Sujatmiko Kasi Infokum Kominfo Kabupaten Sumenep bersama rekan-rekannya berkunjung ke Pantai Keris pada hari Jumat 26 Juni 2020. Mereka akan membuatkan video tentang destinasi Pantai Keris lewat rekaman video drone. Pihaknya juga, melakukan motivasi kepada pemuda untuk terus semangat dan pantang menyerah membangun Gersik Putih sebagai tempat wisata terbaik se Kabupaten Sumenep.

5. Pohon Peape Menyerupai Rumah

Pohon Peape

Pohon peape yang bisanya hidup di dasar pantai inilah yang mengundang ketakjuban serta keindangan bagi Pantai Keris. Jika dilhat dari arah barat atau memakai kamera drone, maka akan tampak pohon peape ini seperti sebuah perumahan.

6. Tambak Garam yang Menawan

Di sisi lain, desa Gersik Putih sebagai ladang garam sekacamatan Gapura. Desa yang dikelilingi oleh tambak garam inilah menjadikan sebuah penghasilan bagi desa. Sementara itu, saat kalian melakukan perjalanan ke Pantai Keris, maka akan melihat tumpukan ladang garam dan gudang-gudang kecil khas zaman dulu untuk menampung garam agar tidak kehujanan. Jika kalian berkunjung saat ini, hamparan putih garamnya tidak terlihat. Namun, pantauan tim Ruang Sekolah, petani garam mulai memperbaiki ladang mereka untuk menyambut garam di musim panas.

7. Tak Sepi Pengunjung

Pengunjung pantai keris

Setiap hari, tim Ruang Sekolah memantau belum ada ceritanya dalam satu hari sepi pengunjung. Tidak hanya warga Gersik Putih, seluruh warga di Kabupaten Sumenep dibuat penasaran dengan adanya destinasi baru di Gersik Putih. Banyak yang berdatangan dan mengabadikan momen terindah di Pantai Keris.

Itulah 7 fakta unik yang terdapat di Pantai Keris di Desa Gersik Putih. Fakta unik tersebut tidak lepas dari riset dari tim Ruang Sekolah. Semoga, adanya pantai berbentuk keris dapat menjadi tempat wisata terbaik se Madura bahkan Nasional.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah