Pandangan Islam Mengenai Coronavirus (Covid-19)

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang karena jika dalam keadaan sehat setiap orang akan mudah melakukan berbagai aktifitas baik itu aktifitas di dalam rumah seperti belajar, memasak, menonton televisi, sampai aktifitas diluar rumah seperti bekerja, dan bersekolah akan menjadi mudah.

Tetapi jika keadaan sebaliknya maka aktifitas yang kita lakukan akan mengalami hambatan dan menjadi sulit untuk dilakukan. Dengan selalu menjaga kesehatan maka kita dengan mudah akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Corona: Si Kecil Pengguncang Dunia

Seperti yang kita ketahui saat ini setiap orang merasa resah dikeadaan pandemi, banyak yang mengkhawatirkan pekerjaan maupun kesehatan. Sebagian dari mereka menganggap bahwa ini adalah bentuk dari musibah besar dan sebagian juga berkata lain.

Namun, sebagai umat Islam ini dapat menjadi peluang bagi kita agar menjalankan amalan-amalan dengan memperbanyak ibadah dan melakukan kebaikan pada sesama manusia. 

Sebagaimana kita ketahui corona atau covid-19 adalah sebuah penyakit yang dapat menular jika dilihat sebagian besar dari orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala-gejala mulai dari yang ringan sampai yang sedang akan tetapi virus ini juga dapat pulih jika mendapati penanganan.

Baca Juga: Penyakit Hati yang Memusnahkan Seluruh Amal Shalih

Virus ini menimbulkan pertanyaan yang begitu banyak semenjak kemunculannya dari banyak yang ada masih terdapat pertanyaan besar mengenai bagaimana cara penularan virus ini? Virus ini akan menular apabila seseorang menghirup udara yang mengandung virus jika kita berdekatan dengan orang yang sudah terinfeksi virus, maka kita juga akan terinfeksi otomatis virus akan bersarang pada tubuh kita.

Lalu bagaimana dengan bentuk dari covid-19? Bentuk covid-19 yaitu bundar, oval mempunyai diameter antara 60-140 mm. Di mana virus ini akan dapat ditemukan didalam tubuh manusia yang terinfeksi yaitu pada sel epithelial pernafasan selama setelah 96 jam dan membutuhkan waktu yaitu sekitar 7-14 hari untuk dapat diasingkan. 

Pada hakikatnya kita dapat melakukan pencegahan virus corona yaitu dengan melakukan beberapa cara, di antaranya berjemur, karena virus ini akan sensitif apabila terkena sinar matahari (ultraviolet), suhu panas, cairan etanol 75%, desinfektan yang mengandung klorin, asam peroksiasetat, dana chloroform. 

Baca Juga: Dunia Sedih, Corona Belum Kembali

Di dalam Islam penyakit seringkali dikaitkan dengan musibah. Penyakit juga dapat berbentuk bakteri atau kuman yang diyakini adalah ciptaan Allah meski datangnya sendiri melalui perbuatan manusia. 

Berkenaan dengan hal berikut apa yang harus dilakukan untuk usaha pencegahan wabah covid-19 tersebut di dalam pandangan Islam.

Baca Juga: Cara Menghadapi Virus Corona di tengah Bulan Puasa

Adapun dalam pandangan Islam apabila di suatu negeri terkena atau sedang terjadi wabah maka jangan pergi dari negeri tersebut karena bisa saja kita sendiri adalah penyebabnya, maka terdapat anjuran agar melakukan hal-hal berikut agar terhindar yaitu:

Dianjurkan agar memperbanyak membaca doa qunut nazilah sebagai bentuk penolakan atau penghindaran terhadap wabah penyakit tersebut. Orang yang terkena wabah seperti itu merupakan azab atau hukuman yang diberikan Allah sebagai bentuk rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Untuk mencegah covid-19, Islam juga mengajarkan untuk tidak bepergian atau keluar rumah di saat sedang terjadi suatu wabah.

Baca Juga: Menjaga Kebersihan Menurut Pandangan Islam, Demi Menghindari Penyebaran Virus Covid19

Di saat terjadi suatu wabah Islam menganjurkan untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga kebersihan dapat melalui wudhu saat ingin melaksanakan shalat.

Selain menjaga kebersihan Islam juga mengajarkan untuk melakukan amalan cuci tangan agar terhindar dari segala jenis penyakit yang ditimbulkan oleh kuman yang menempel pada tangan.

Baca Juga: Galaxy Watch, Aplikasi Buatan Samsung Pengingat Cuci Tangan

Mengkonsumsi makanan baik dan mengkonsumsi makanan halal juga merupakan hal yang sangat penting bagi kita demi menjaga imunitas tubuh.

Sebaiknya kita menghindari berbagai macam makanan atau mengkonsumsi makanan yang tidak halal dan membawa mudharat bagi kita. Karena kerusakan yang terjadi pada tubuh kita juga disebabkan dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. 

Dengan demikian Islam berpandangan bahwa suatu wabah yang muncul pada suatu negeri bukanlah merupakan musibah melainkan bentuk rahmat agar manusia yang beriman akan lebih takwa terhadap segala perintah-Nya.

Baca Juga: Teknologi Thermogun & Desinfektan Corona Chamber yang Diaplikasikan dengan Sensor

Islam sangat menganjurkan apabila terjadi suatu wabah maka berdiam diri adalah pilihan terbaik untuk kita agar tidak memberikan dampak menimbulkan wabah pada orang lain, sehingga menjaga diri untuk tetap berada ditempat adalah pilihan terbaik bagi kita. 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Jangan pernah putus asa dan tetap lh berusaha dan berjuang

Tulisan Populer