Motivasi membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan

Membaca Al-Qur'an itu adalah sebuah kemuliaan bahkan obat hati bagi yang merasa galau karena masalah dunia atau sekedar untuk menambah pahala. Apalagi di bulan Ramadhan ini pahala dilipat gandakan.

Allah SWT berfirman: 

"Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Qur'an yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk."

Adapun hadis yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Al-Qur'an:

1. "Sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkan." (HR. Bukhari)

2. "Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya." (HR. Muslim).

Dan banyak hadis lainnya yang menjelaskan tentang keutamaan dalam membaca Al-Qur'an. Nah, untuk memotivasi diri nggak akan cukup dengan mengetahui hadis ataupun firman Allah karena manusia tempatnya salah dan takkan luput dari dosa.

Selain itu terkadang kita juga sudah tahu mana jalan yang benar dan jalan yang salah namun, karena jalan yang mungkinnya tidak patut kita lewati mengandung kesenangan dan akhirnya jalan tersebut kita lewati tanpa takut. Agar diri termotivasi membaca Al-qur'an perlu didasarkan dengan poin-poin di bawah ini:

1. Niat 

Tanamkan niat dalam diri kita untuk membaca Al-Qur'an. Niat yang baik akan mengantarkan kita ketujuan. 

2. Buat Jadwal 

Bukan hanya pekerjaan atau kegiatan yang memiliki jadwal tapi membaca Al-Qur'an juga memerlukan jadwal agar kita membacanya bukan hanya sekedar diwaktu luang. Contoh setiap selesai shalat fardhu. 

3. Hindari Rasa Malas dengan Memaksakan Diri

Paksakan diri untuk membaca Al-Qur'an karena dengan paksaan, itu akan menjadi kebiasaan. 

4. Target Khatam

Setelah kita mulai terbiasa dan dekat dengan Al-Qur'an kita harus mempunyai target khatam Al-Qur'an. Apalagi mengkhatamkannya diwaktu seperti sekarang yaitu bulan suci Ramadhan. Misal, kita harus bisa mengkhatamnya dalam sebulan dengan cara yang ada di nomor 2. 

Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Uslifatunisa

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Mei 22, 2020, 3:58 PM - Annisatul Latifah
Mei 14, 2020, 9:13 PM - Amanda Christiane Utama
Mei 14, 2020, 4:32 PM - Amanda Christiane Utama
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer