Menulis: Salurkan hobi, datangkan uang


Masih banyak yang meremehkan seorang penulis atau yang memiliki hobi menulis, hanya karena satu pertanyaan 'apa yang akan didapat?' dan yang paling sakit adalah ketika kalimat itu keluar langsung dari keluarga kita.

Menulis adalah suatu pekerjaan, yang begitu menjanjikan, jika kita menjalaninya dengan serius, produktif, dan konsisten. Berbeda dengan perkerjaan lainnya, yang harus mengandalkan tenaga atau harus menghadapi panas dan hujan. Menulis merupakan pekerjaan yang santai dengan waktu kerja dan tempat yang dapat diatur sendiri.

Bagaimana caranya?


Di zaman yang sudah canggih ini, banyak sekali wadah-wadah yang sediakan untuk kita menulis, dari sini hanya kita saja yang harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Selain itu ada pula media cetak seperti, koran atau majalah yang bisa memuat karya yang disebut, atau kita bisa menerbit novel atau karya lainnya, dalam buku tunggal.

Berapa yang akan didapat?


Coba kita bayangkan, jika tulisan kita dimuat, honor yang akan kita didapat mulai dari kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ingat itu hanya satu tulisan, jika kita produktif, atau minimal ada tiga sampai empat karya kita yang dimuat dalam koran dan majalah dalam seminggu, sudah berapa yang kita dapat? Itu hanya dalam kurun waktu seminggu, lalu bagaimana jika dua minggu, tiga minggu, atau sebulan. Berapa yang kita dapat? Hasilnya, mungkin jauh dari pada orang-orang kantoran yang bisa menghabiskan waktunya dengan berkerja.

Semua itu baru kita dapat dari muatan koran atau majalah. Bagaimana dengan buku yang naik cetak? Otomatis penulis akan mendapatkan hasil atau royalti dari penjualan tersebut. Juga media-media lain yang menghasikan.


Nah, menjanjikan bukan menjadi seorang penulis? Uang dapat, hobi pun tersalurkan, asal kita mau berusaha dan berdoa, serta konsisten dengan apa yang kita kerjakan.


"Apabila kamu sudah memutuskan menekuni suatu bidang, jadilah orang yang konsisten, itu adalah kunci keberhasilan sesungguhnya." -BJ Habibi


Tak hanya materi yang didapat, menulis pun dapat membuat kita abadi dengan karya.
"Membaca dapat membuatmu mengenal dunia, tapi dengan menulis dunialah yang akan mengenalmu."


Cibinong, 28 September 2019

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah