Mengenal Dekat Budaya Tachiyomi di Jepang

Tachiyomi adalah  salah satu kegiatan membaca gratisan yang dilakukan sambil berdiri di toko buku. Tachiyomi terdengar unik, namun menarik.

Tachiyomi berasal dari tachimasu yang berarti berdiri dan yomimasu atau dalam bahasa Jepang yang berarti membaca atau kalau digabung menjadi kata Tachiyomi yang berarti membaca sambil berdiri.Masyarakat Jepang terkenal  dengan budaya baca dan tingkat kebiasaan membaca yang demikian tinggi.

Kebiasaan membaca  bagi masyarakat Jepang telah ada sejak dulu dan kebiasaan membaca begitu mengakar dalam kehidupan masyarakat Jepang. Dari budaya membaca yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Jepang ini pula yang kemudian  muncul  budaya  Tachiyomi atau   berdiri  sambil membaca terus berlanjut hingga sekarang.

Baca Juga: Penafsiran dan Metode Pa`Opa` Iling dalam Pendidikan Pesantren Masa Kini

Tachiyomi bagi  masyarakat Jepang menjadi cara memanfaatkan waktu luang dengan membaca dengan berdiri sambil membaca di depan toko atau saat naik kendaraan kereta api.

Budaya membaca masyarakat Jepang dengan berdiri sambil membaca semakin menarik tatkala  datang  buku dan komik baru  dari penerbit di toko buku  atau cafe buku.Tak heran toko-toko buku atau cafe buku dipelosok negeri  banyak dijumpai masyarakat Jepang yang sedang berdiri sambil membaca.

Dari kebiasaan Tachiyomilah kemudian pihak toko buku dengan sengaja menyediakan buku-buku yang plastik pembungkusnya sudah terbuka .Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Tachiyomiers dan dimanfaatkannya untuk melakukan kegiatan Tachiyomi.

Baca Juga: Kimia Kelas 11: Soal dan Pembahasan Bab 4 Jenjang SMA

Kebiasaan membaca sambil berdiri  di depan toko buku untuk berburu dan mencari buku atau komik baru  yang dianggap menarik. Buku yang dibaca bermacam-macam mulai dari majalah, komik, buku pelajaran dan buku menarik lainnya.

Buku di negeri Sakura sangat mudah dijumpai hampir disetiap wilayah dapat dengan mudah membeli  buku. Tidak hanya toko buku yang menyediakan bahan bacaan tetapi convenience store seperti 7elevens, Lawson atau read corner atau sudut baca untuk mengakomodasi tingginya minat baca masyarakat Jepang.

Baca Juga: Baru Lulus Kuliah! 3 Jenis Pekerjaan Banyak Dicari

Komik Jepang atau terkenal dengan sebutan Manga menjadi komsumsi masyarakat Dunia, bahkan beberapa komik Jepang telah mencatat rekor spektakuler dalam panjang disetiao  episodenya.

Komik menjadi salah satu bacaan populer dan terkenal di negeri  Jepang. Komik dari Jepang terkenal dengan cerita-ceritanya yang menarik seperti komik Naruto, Detektif Conan Kochikame, Black Jack, Golgo 13, Dragon ball dan One Piece.Tak heran bacaan komik mudah ditemukan di toko buku.

Menariknya bacaan komik-komik  dan buku populer tersedia secara khusus di toko buku, toko buku cafe hingga onvenience store di Jepang atau dengan kata lain toko buku atau buku cafe menyediakan aneka macam  buku komik untuk Tachiyomier.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Malas Ketika Ingin Belajar

Komik-komik  dan buku populer sengaja disediakan bagi pembaca yang hanya ingin membaca atau hanya sekedar membaca gratis. Membaca gratis dengan berdiri sambil membaca menjadi cara unik masyarakat Jepang menambah ilmu pengetahuan tanpa repot membeli buku pasalnya harga buku di Jepang Harga buku di Jepang  tergolong mahal.

Tidak semua masyarakat Jepang mampu membeli buku. Harga buku di Jepang yang mahal membuat sebagian masyarakat di negara ini melakukan Tachiyomi. Uniknya harga buku yang mahal di Jepang buku mudah dijumpai di toko buku dan toko buku di Jepang kian menjamur membuat keberadaan toko buku  ini sebagai tempat berburu buku baru atau tempat gratis untuk membaca buku bagi Tachiyomier.

Baca Juga: Tips Sukses Lulus UTBK 2021, Ini Rahasianya

Tradisi Tachiyomi yang demikian populer disaat datang buku atau komik baru ini menjadi daya tarik tersendiri di Jepang. Toko buku di Jepang tidak melarang adanya Tachiyomiers yang selalu menjadi pelanggan tetap yang menjadi Tachiyomi sejati.

Sisi lain dari Tachiyomier yang menarik sebagai pelanggan tetap di sebuah toko buku adalah  mampu membuat sebuah buku yang dijual ditoko buku menjadi terkenal akibat ulah  dari Tachiyomier sehingga secara tidak langsung menjadi promosi  gratis dan daya beli buku di Jepang menjadi meningkat.

Tingkah laku Tachiyomiers memang unik dan khas terkadang membuat para pemilik toko di Jepang pusing akibat ulah tachyomiers yang unik seperti membuka buku baru yang masih disegel. Hal ini membuat pemilik toko buku merugi.

Ulah lain dari Tachiyomiers yang seringkali membuat kesal pemilik toko buku yaitu buku yang ditata demikian rapi di toko buku menjadi berantakan akibat ulah Tachiyomiers yang membaca dan mengambil buku di rak buku dan tidak dikembalikan seperti semula membuat buku berantakan.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton