Mengapa Aku Selalu Gagal Paham? Ternyata Ini Sebabnya

Pernah gak sih kalian diposisi ini, sulit banget mau menangkap ilmu pengetahuan. Rasa-rasanya gampang sekali hilang dalam pikiran alias lupa.

Terus kalian juga pernah gak memikirkan kira-kira apa penyebab dari semua ini, pengen banget tahu dan ingin berubah.

Supaya bisa menjadi santri atau pelajar yang lebih cakap lagi. Bosan hidup gini-gini aja, pengen jadi orang yang lebih bermanfaat lagi.

Nah bagus ini, sudah punya niatan ingin berubah. Punya pikiran untuk kemaslahatan ummat. Oke langsung saja, ini lah sebab-sebab ilmu sulit masuk dalam pikiran kita.

Baca Juga: 5 Kata Mutiara Sahabat Nabi Muhammad Yang Tidak Akan Membuatmu Kecewa

1. Banyak bicara

Kenapa hal ini diletakkan dalam nomor satu? Karena hal inilah yang paling berpengaruh, ngomong disini diartikan sebagai kegiatan bercakap-cakap yang tidak ada faidahnya.

Seperti ghibah yang bisa berujung sana-sini, cerita tentang hidupnya dengan hanya ingin diketahui oranglain, dan kebiasaan seperti ini dapat menggangu pelajar lainnya.

Sebab biasanya golongan seperti ini tidak mengenal waktu, tempat dan suasana. Pokok yang penting bagi mereka "tidak ada hari tanpa bercerita" karena notabene kita masih pelajar, diibaratkan gini kita ada target menulis 10 ayat Alquran, maka selesailah dulu menulisnya, jangan disela-sela dengan membaca syarahan atau yang lainnya. Kita penuhi tulisan kita baru setelah itu membacalah. ada waktunya sendiri untuk kita 'ngomong' yaitu nanti setelah kita menyelesaikan pendidikan dalam suatu majlis ilmu tersebut.

Baca Juga: 5 Ciri Orang Mati Rasa Wajib Kamu Ketahui!

2. Banyak Makan

Menuruti hawa nafsu untuk mengisi kekosongan perut. Selama status masih menjadi pelajar atau orang yg mencari ilmu, makan terlalu banyak sangat tidak dianjurkan.

Sebab nantinya akan menimbulkan kekenyangan lalu malas untuk melanjutkan aktivitas yang seharusnya dilakukan.

Lagipula kita juga harus bersakit-sakit dahulu, menyedikitkan makan misalnya. Banyak-banyak berpuasa, itu juga berguna untuk metabolisme tubuh.

Sunnah Nabi juga menguatkan bahwasanya "makanlah sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang"

Baca Juga: 7 Quotes Bijak Presiden Indonesia Soekarno Hingga Jokowi

3. Banyak Tidur

Ini adalah akibat lanjutan dari kebanyakan makan, yaitu badan akan terasa berat untuk melakukan aktivitas apapun, bergerak pun juga terbatas karena sakit kalau dipaksakan sehingga malas dan lebih memilih untuk diam dan ujung-ujungnya malah tidur.

Pelajar disarankan untuk istirahat yang cukup yaitu 8 jam/hari jatah kita untuk tidur, jika melebihi itu berarti bukan pelajar lagi status manusia tersebut.

Bahkan pemikir-pemikir hebat waktu istirahatnya kurang dari jam yang dianjurkan, karena rasa ingin tahunya terhadap ilmu yang sangat besar sehingga waktu istirahatnya rela sedikit terampas demi menimba ilmu.

Jadi, mari kita sebagai pelajar generasi harapan bangsa untuk terus bersemangat dalam mencari ilmu, dan tetap memperhatikan faktor-faktor pengikutnya. Salam sukses!

Sumber HR Baihaqi " Sesungguhnya Allah mencintai tiga hal dan membenci tiga hal. perkara yang dicintai adalah sedikit bicara, sedikit makan, sedikit tidur. sedangkan perkara yang dibenci adalah banyak bicara, banyak makan, dan banyak tidur" 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis
Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah