Masker dan efektivitas dalam pencegahan COVID-19

Masker dan efektivitas dalam pencegahan COVID-19

Tingkat penularan COVID-19  bisa ditekan dengan seluruh partisipasi masyarakat, terutama menjalankan protokol kesehatan yang dipastikan juga dengan pengawasan dari pemerintah daerah dan aparat setempat. Masyarakat juga diminta menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Nah, memiliki masker yang tepat dalam mencegah penularan virus COVID-19 ternyata juga sangat diperlukan nih sobat.

Masker bisa dikatakan garda terdepan untuk mencegah penyebaran virus corona, karena dengan menggunakan masker, akan meminimalisir penyebaran droplet dari mulut dan hidung. Mengingat banyaknya jenis masker yang mudah didapatkan namun ternyata tidak memberikan efektivitas yang tinggi dalam mencegah penularan virus.

Dalam penggunaan masker pun dengan kategori yang sesuai agar mampu mencegah penularan virus satu sama lain. Satgas COVID-19 juga telah menyarankan masyarakat dapat menggunakan masker kain berlapis tiga dengan bahan katun. Target Satgas COVID-19, paling tidak kepatuhan penggunaan masker berkisar 70 - 75 persen dari populasi di Indonesia akan menekan kasus COVID-19 di Indonesia.

Agar masyarakat dapat menggunakan masker yang tepat, ada beberapa jenis masker yang sudah direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam penanganan COVID-19.

Rekomendasi WHO ini tertuang dalam panduan berjudul, Advice on the use of masksin the context of COVID-19. Panduan ini dipublikasikan pada 5 Juni 2020.

Berikut ini tipe masker yang direkomendasikan WHO:

1. Masker medis

Masker medis didefinisikan sebagai masker bedah yang berbentuk datar atau berlipit. Diikat di kepala dengan tali yang mengelilingi telinga atau kepala atau keduanya.

2. Masker Jenis FFP

Masker jenis FFP termasuk didesain menggunakan FFR Eropa. Studi berjudul What face mask for what use in the context of the COVID-19 pandemic? The French guidelines yang dipublikasikan pada 26 April 2020 di Elsevier Public Health Emergency Collection menunjukkan jenis efektivitas masker FFP. Jenis masker FFP terdiri atas tiga kategori. Penggunaan masker jenis ini lebih membatasi ketimbang memakai masker bedah. Menurut efisiensi filter dan kebocoran ke wajah, rincian kemampuan filter menyaring virus.

Berikut efektivitas jenis-jenis masker dan efektifitasnya

1.       Masker N95

Sumber: Masker N95. (Net)

Masker yang satu ini memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi dalam melindungi kita dari penularan virus COVID-19 lho. Commuterline menyebutkan masker ini memiliki efektivitas sebesar 95 hingga 100 persen melindungi. 

2.       Masker Bedah

Sumber: ilustrasi masker bedah (Pixabay)

Masker beda yang biasa digunakan petugas medis ini juga cukup efektif melindungi diri dari penularan virus COVID-19 guys. Tingkat efektivitas masker bedah ini lebih rendah sedikit dari Makser N95 yaitu sebesar 80 hingga 95 persen.

3.       Masker FFPI

Sumber: Ilustrasi masker Corona. (Pixabay)

Masker FFPI ternyata juga mampu melindungi kita dari penularan virus. Tingkat efektivitas yang diberikan juga cukup tinggi yaitu sama dengan masker bedah sebesar 80 hingga 95 persen. 

4.       Masker Bahan 3 Lapis

Sumber: Ilustrasi masker kain (Pixabay)

Memilih masker yang terbuat dari bahan kain juga cukup perlu kehati-hatian. Usahakan memilih masker bahan dengan 3 lapis karena masker ini memiliki efektivitas melindungi dari virus sebesar 50 hingga 70 persen. 

5.       Masker Scuba/Buff 

Sumber: Sejumlah calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline antre memasuki Stasiun KA Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin. (Ilustrasi/ANTARA FOTO)

Penggunaan masker ini kini dilarang terutama bagi masyarakat yang hendak menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) nih guys. Larangan penggunaan masker ini ternyata dikarenakan tingkat efektivitas yang diberikan cukup rendah yaitu hanya sebesar 5 persen. 

 

 

 

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis
Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton