Manfaat Ikut Test TOEFL untuk Akademis dan Karir

Manfaat Ikut Test TOEFL - TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini pertama kali di bentuk pada tahun 1963. Test ini diciptakan dan di kembangkan oleh ETS yang merupakan singkatan dari Education Testing Service, yang digunakan oleh orang-orang New Jersey. Mereka menggunakan test ini untuk mengukur kemampuan mereka di bidang bahasa Inggris saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Manfaat Ikut Test TOEFL

Setelah pesatnya penggunaan bahasa Inggris di seluruh negara maka test ini dikembangkan lagi menjadi test yang berstandar Internasinal. Hingga test TOEFL marambat ke seluruh dunia, menjadi parometer kemampuan bahasa Inggris seseorang dengan tujuan mengikuti test sangat beragam.

 

Baca Juga: Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

 

Setelah kalian mengetahui apa itu test TOEFL, sekarang waktunya penulis menjabarkan manfaat iku test TOEFL. Apakah hanya mentok di area pendidikan saja atau bahkan merambat ke area lainnya. Yuk, simak ulasan penulis di bawah:

1.      Manfaat Ikut Test TOEFL Sebagai Ukuran Kemampuan Bahasa Inggris

Untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris sudah pastinya menggunakan mengikuti test TOEFL. Karena kita tidak bisa menilai sendiri seberapa komperhensif pemahaman seseorang jika hanya melihat dia lancar berbahasa Inggris atau sering melihat postingannya menggunakan bahasa inggrsi di status sosial.

Bahkan jika kita merasa sudah lancar berbahasa Inggris pun, belum pasti kemampuan bahasa Inggris kita juga bagus atau memadai. Sebab, Salah satu manfaat mengikuti test TOEFL mencangkup beberapa kategori materi di dalamnya. Yaitu: Reading, Listening, Speaking, dan, Wrtiting. 

Empat kategori inilah yang akan digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam pemahaman bahasa Inggris.  Setelah kita mengetahui kekurangan kita di satu atau dua bidang. Kita bisa langsung pelajari kekurangan kita itu dan mengulang test lagi hingga kita mendapatkan pemahaman bahasa Inggris yang baik.

2.      Memberi Garansi pada Kemampuan Bahasa Inggris

Jika kalian telah mengikuti test TOEFL dan mendapatkan skor rata-rata atau bahkan di atas rata-rata berarti kalian telah memiliki kemampuan yang memadai di bidang bahasa Inggris ini.

Tidak asing lagi jika kita belajar di luar negeri atau bahkan bekerja di luar negeri membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen atau atasan.

Di sinilah ikut test TOEFL sangat penting. Karena akan menjadi garansi atau menjamin kalian untuk bisa mengerjakan tugas akademis di lingkungan yang berbicara bahsa Inggris. Karena di luar negeri penyediaan buku-buku bacaan dan informasi akan menggunakan bahasa Inggris. Bagaimana jika kita tidak memahami sama sekali bahasa Inggris, justru akan membuat kita kesulitan dan akhirnya menyerah untuk melanjutkan pekerjaan atau study di luar negri bukan?

3.      Syarat Melanjutkan Pendidikan Di luar atau Dalam Negeri

Untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentu saja seseorang harus mengumpulkan beberapa persyaratan yang telah di atur oleh pihak lembaga atau institusi pendidikan.

Maka dari itu di beberapa tempat perguruan tinggi juga melampirkan persyaratan untuk mengikuti test TOEFL. Di beberapa ilmu konsentrasi yang memutuhkan skil bahasa Inggris. Seperti sastra Inggris, dan pendidikan bahasa Inggris.

Untuk universitas unggulan biasanya meminta nilai TOEFL dari calon mahasiswa baru agar bisa lulus dan diterima oleh pihak universitas. Maka siapkanlah diri untuk belajar bahasa Inggris dengan tekun jika ingin melanjutkan kuliah di universitas yang kalian idam-idamkan.

4.      Syarat Mendapat Beasiswa

Selain persyaratan untuk melanjutkan kuliah di beberapa universitas ternama. Manfaat ikut Test TOEFL juga digunakan untuk persyaratan mendaptakan beasiswa penuh di luar negeri. Tujuannya adalah untuk test kemahiran bahasa Inggris agar memudahkan kalian berinteraksi dan komunikasi dengan lingkungan baru di luar negeri. Kalian pun juga akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan ketika berkuliah di luar negeri nanti.

5.      Naik Jabatan pada Jenjang Karir

Jika kita memiliki nilai lebih pada bidang bahasa Inggris, saat ingin naik jabatan juga bisa dipertimbangkan melalui test kemampuan berbahasa Inggris ini. Pada era sekarang ini bagi perusahaan menjadi nilai plus yang akan mengembangkan perusahaan menjadi tempat bisnis multinasional yang merambat kerja sama dengan orang-orang atau perusahaa luar negeri. Kalian bisa menjadi salah satu orang yang akan mencapai karir gemilang jika kalian mahir berbahasa Inggris. Tidak menutup kemungkinan jika kalian memang benar-benar bersungguh-sungguh untuk mencapai hal yang kalian inginkan.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Ide Bisnis Melejitkan Omset pada Tahun Ini

6.      Menggapai dengan Nyata Perspektif Global

Jika kita telah sampai dan merasakan sendiri berasa di luar negeri dan sangat jauh dari rumah, maka hal ini dapat memperluas sudut pandang kalian. Banyak hal baru yang akan kalian temui. Hal ini sangat berbeda dengan hanya melihat dari layar kaca atau hanya membaca di jejaring sosial. Kalian merasakan langsung pengalaman berinteraksi dengan budaya, tradisi dan aspek sosial yang sangat membuat sudut pandang kita semakin luas. Begitu banyak hal yang disajikan sangat menarik untuk dipelajari. Semua ini hanya akan bisa diwujudkan jika kita mendapatkan skor TOEFL yang memenuhi persyaratan. Melalui jenjang pendidikan maupun jenjang karir.

Bebrapa manfaat ikut test TOEFL di atas adalah gambaran kecil dari seluruh manfaat yang ada jika kita mengikuti test TOEFL, yang kalau dijabarkan akan membuat pembaca bosan dan muak membaca artikel penulis. Hehehe.

 

Maka penulis sajikan manfaat yang memang sangat besar efeknya jika kita mengikuti test ini. Tidak hanya di jenjang pendidikan tetapi juga berguna bagi jenjang karir di masa depan kita nanti bukan.

 

Banyak peluang yang akan kita dapatkan dan semakin dekat dengan kita,  jika kita menguasai bahasa Inggris dengan baik. Salah satu caranya adalah lewat skor TOEFL yang bagus. Asah terus kemampuan kita karena bahasa Inggris akan terus berguna tidak hanya masa sekarang tetapi juga di masa mendatang, yang akan menjadi bekal dan menjadi nilai tambah bagi kemapuan diri kita.

 

Baca Juga: Terbukti! 20 Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

 

Akhir kata penulis mengucapkan kepada pembaca yang telah membaca tulisan sederhana penulis sampai akhir. Penulis akan berusaha menyajikan. Bacaan-bacaan yang inovatif dan informatif bagi pembaca setia penulis di kemudian hari.

 

Maaf, jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau ada beberapa kata yang membuat pembaca tersinggung dalam tulisan manfaat ikut test TOEFL. Penulis juga masih belajar dan semata-mata hanya ingin menyebarkan ilmu dan informasi bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Sampai jumpa di tulisan penulis selanjutnya, ya.

Wasalam.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Seorang introvet yang mencintai dunia literasi dan seni, lulusan S1 pendidikan bahasa inggris, ingin menjadi manusia yang berguna melalui bidang yang penulis senangi, salah satunya dengan membuat karya tulisan. jika ingin tau lebih lanjut tentang penulis bisa mampir di ig penulis @dahiaalqalbi_ dan juga akun galeri seni penulis di @artbloomer.

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin