Terbukti! 20 Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Hal yang akan penulis bahas adalah manfaat belajar bahasa Inggris. Dengan mengetahui hal ini kalian pasti akan lebih bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris, sehingga memicu adrenalin kalian untuk berbicara. Karena, gunanya memahami bahasa adalah untuk berkomunikasi, bukan hanya mengetahui teorinya saja, yang setelah di catat, hanya menjadi pajangan di meja kalian masing-masing. Di sini penulis akan menyajikan 20 manfaat belajar Inggris untuk pemula. Simak baik-baik, ya.

Baca Juga: Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

20 manfaat belajar bahasa inggris

1.      Mudah Memahami Informasi yang Ada Di seluruh Platform Bahasa Inggris

Seperti yang telah penulis jabarkan di atas di era digital ini, pasti kebanyakan dari kita perlu menguasai bahasa Inggris. Karena informasi tentang dunia global kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, mulai dari kejadian yang ada di kota, info terbaru tentang global, perkembangan teknologi yang up to date, semua informasi ini akan disajikan pertamakali menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, dengan memahami bahasa Inggris  Kalian bisa memahami dan mengerti bacaan yang disajikan oleh orang di seluruh dunia jika kalian menguasa bahasa Inggris.

 

Baca Juga: Pengertian, Jenis, Fungsi Platform Media

2.      Manfaat Belajar Bahasa Inggris dapat Mengikuti Perkembangan Zaman

Manfaat belajar bahasa Inggris pun bisa membuat kita mengikuti perkembangan zaman. Biasanya para tokoh yang mendunia pasti menggunakan bahasa Inggris untuk mengenalkan dan memberikan informasi penting tentang hal baru yang mereka temukan. Tentu saja karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sebagian dunia telah mengerti.

 

Nah, dengan kalian memahami bahasa Inggris. Kalian bisa mengikuti perkembangan tokoh dunia yang sangat menginspirasi. Tanpa harus susah-susah mencari artinya. Dan kalian bisa mengikuti pemikiran tokoh dunia untuk kalian tiru. Tapi ingat yang di contoh adalah yang ingin membangun dunia lebih maju ya. Bukan malah yang merusak .

3.      Daya Pikir Kita Berubah Menjadi Lebih Terbuka

Kenapa seperti itu, kenapa bahasa Inggris dapat mengubah pikiran kita menjadi terbuka? Tentu saja bisa, dengan menguasai bahasa Inggris kalian bisa melihat kejadian bukan hanya di daerah kita saja, tetapi kalian bisa melihat kondisi dunia luar. Apa yang mereka lakukan, apa yang mereka rasakan, apa masalah yang mereka hadapi. Apa sudut pandang yang mereka pahami. Semua itu bisa kita dapatkan jika kita mengerti bahasa Inggris.

 

Baca Juga: Mengenal Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

 

Penulis sering mencari informasi keadaan dunia luar bermodalkan HP saja. Ada beberapa tempat di dunia yang kondisinya sangat menggembirakan, dan masyarakatnya tinggal dengan damai. Tapi ada juga tempat yang memiliki kondisi yang sangat buruk. Bahkan kondisi emansipasi wanita yang sangat tidak diperjuangkan. Hal ini tidak pernah terekspos di laman televisi kita. Inilah manfaat belajar bahasa Inggris, yaitu membuka cakrawala pikiran.

4.      Mudah Memahami Teknologi

Setiap tahun bahkan setiap bulan pasti muncul teknologi-teknologi baru untuk digunakan sebagai penunjang hidup kita, barang elektronik contohnya, barang elektronik biasanya di improt dari luar negeri ke negara kita. Sudah pasti untuk panduan menggunakan barang tersebut menggunakan bahasa Inggris, walaupun bisa jadi ada terjemahan bahasa indonesia.

 

Namun akan lebih baik jika kita mehamai panduan bahasa Inggrisnya juga. Bahkan ada juga barang-barang yang tidak meimiliki terjemahan bahasa indonesia sebagai panduan memakainya. Barang elektronik seperti komputer dan laptop, juga menggunakan bahasa Inggris dalam pemogramnya sehingga kita dituntut untuk memahami istlah-isltilah yang ada di dalamnya. Jika tidak, maka barang-barang yang kita pakai bisa rusak dengan mudah jika kita tidak pandai berbahasa Inggris.

5.      Mengikuti Grup Internasional

Grup-grup tersebar di dunia nyata maupun dunia maya. Gunanya grup adalah untuk mendapatkan informasi atau ilmu lebih dalam lagi di berbagai bidang konsentrasi ilmu. Dengan adanya grup kita lebih bersemangat untuk belajar hal baru, dan di dalam grup pasti ada satu yang ahli dalam bidang yang ingin kita pelajari. Semkin banyak grup yang kita ikuti, maka semakin banyak relasi pengetahuan yang kita punya.

 

Bagaimana dengan grup internasional? Tentu saja bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, karena dalam satu grup bisa berisi berbagai negara asal yang berbeda-beda. Bahasa yang tidak sama menyebabkan bahasa Inggris digunakan untuk memahami materi yang diberikan oleh narasumber. Dengan mengikuti grup internasional. Kita juga mendapat teman dari negeri luat juga. Gimana menurut kalian, asyik bukan jika kita memahami bahasa Inggris?

6.      Mudah Mendapatkan Beasiswa

Biasanya untuk syarat mendapatkan biasiswa kita harus menguasai bahasa Inggris. Dengan mengikuti test TOEFL atau IELTS dengan skors yang tinggi bisa membuat kita dapat kuliah di mana saya yang kita mau. Di selururh penjuru dunia, menggunakan test ini untuk melengkapi syarat mendapatkan beasiswa. Bahakn bisa jadi kalian memiliki mimpi untuk belajar keluar negeri, ini akan memudahkan kalian. Maka persiapkanlah dimulai dari sekarang.

7.      Memiliki Nilai Lebih di Mata Para Guru dan Teman Sekelas

Menguasai bahasa Inggris bisa meningkatkan percaya diri kita saat di lingkungan sekolah. Para teman dan guru juga ikut mengagumi siswanya yang pandai berbahasa Inggris. Sejak penulis sekolah tingkat SMA, penulis telah diminta para guru untuk mengajarkan bahasa Inggris di Clup Bahasa Inggris yang dibuat oleh pihak sekolah.

 

Baca Juga: Mahasiswa dan IPK

 

Penulis juga sering mengikuti lomba pidato berbahasa Inggris level antar sekolah, bahkan level universitas. Dan terkadang diikut sertakan dalam lomba drama berbahasa Inggris tingkat sekolah. Pengalaman tersebut menjadi pengalaman berharga penulis di bidang bahasa Inggris ini. Yuk, mulai belajar bahasa Inggris dan rasakan manfaat mempelajari bahasa Inggris.

8.      Mudah Traveling Ke tempat yang Kita Inginkan

Manfaat belajar bahasa Inggris

Tidak menguasai bahasa terkadang menyulitkan kita untuk memahami seseorang, menggunakan bahasa tubuh terkadang menjadi salah satu solusi untuk berkomunikasi dengan orang asing. Namun, akan lebih baik lagi jika kita memahami bahasa Inggris. Karena akan memudahkan kita berkomunikasi jika kalian ingin traveling keluar negeri. Jika kalian tidak tahu tempat tujuan dan salah membaca peta. Kalian tinggal tanya pada orang yang ada di sekitar kalian tanpa harus menggunakan bahasa tubuh, yang bisa jadi membuat kita semakin kebingungan.

9.      Menonton Film tanpa Subtitle

Dengan memahami bahasa Inggris kalian tidak harus membaca arti yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa kita. Bagi orang yang memiliki daya baca sedang, akan sering tertinggal arti dari subtitle yang disediakan, sehingga makna dari film yang ditonton tidak sampai kepadanya.

 

Baca Juga: Cara Download Video Youtube tanpa Aplikasi. Ini Panduan Lengkap!

 

Beda dengan orang yang memiliki pemahaman bahasa Inggris, dia akan mudah memahami isi film tanpa melihat subtitle atau bahkan yang tidak ada subtitle-nya. Atau mungkin, ada di beberapa film tidak menggunakan terjemah bahasa indonesia, tetapi hanya menggunakan bahasa Inggris. Film-film mandarin, Korea, Thailan biasanya ada yang tidak menggunakan terejmah bahasa Indonesia tetapi memiliki isi cerita yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

10.   Berkesempatan Memiliki Karir Lebih Maju

Manfaat belajar bahasa Inggris yang paling tampak, yaitu penguasaan bahasa Inggris yang tepat. Kita bisa meningkatkan karir kita di era sekarang ini. Banyak perusahaan di luar sana yang membutuhkan karyawan yang mahir berbahasa Inggris, karena terkadang perusahaan juga bekerja sama dengan pihak luar negeri, sehingga meningkatkan daya saing dengan perusahaan yang tersebar di dunia. Bahkan dengan modal bahasa Inggris saja kita bisa membuat lapangan kerja untuk kita sendiri, seperti guru less, blogger, translator/ interpreter, tour guide, bahkan artis instagram bertaraf internasinal. Siapa tahukan kalian bisa dikenal oleh dunia internasional. Bahkan mendapatkan uang yang tidak sedikit jika kita mahir berbahasa Inggris.

 

Baca Juga: Bisnis Online Menjanjikan Kaya hanya Duduk Manis di Rumah

11.   Mempertajam Sistem Otak Kita

Dalam mempelajari bahasa tentu kita mempelajari struktur dan bentuk kata dari bahasa tersebut, mau tidak mau otak akan bekerja sangat keras untuk menyerap informasi yang telah dilihat oleh mata dan mengirin informasi pada kepala kita. Membuat informasi baru yang akan tersimpan di otak.  Manfaat belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya membuat aktivitas di otak menjadi aktif dan pilihan yang sangat tepat untuk menyegarkan mental anda, sehingga mempertajam sistem otak .

12.   Bisa Memahami Isi Bacaan Sastra dari Luar Negeri

Tak jarang kita bermimpi bisa membaca buku sastra dari luar negri. Maka, untuk memahami isi dari buku, kita harus paham bahasa yang digunakan oleh buku tersebut bukan. Terkadang buku yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia banyak yang tidak sesuai dengan isi konteks yang ada di buku asli, sehingga merubah makna dari buku tersebut. Maka, dengan bahasa Inggris kita jadi lebih mudah dalam memahami konteks bacaan yang ada dalam buku sastra bahasa Inggris.

13.   Sarana Memperkenalkan Budaya Ke dunia Luar

Teknologi telah meningkat, orang-orang pun berlomba-lomba untuk memperkenalkan budayanya masing-masing ke halayak ramai. Kita sebagai rakyat indonesia juga memiliki peran untuk memperkenalkan budaya kita ke dunia internasional bukan? Maka dari itu, untuk hal ini perlunya penguasaan bahasa Inggris agar mudah memperkenalkan budaya kita di tinggkat dunia.

 

Baca Juga: Pantai Keris: 7 Faka Unik Wajib Kamu Tahu

14.   Memudahkan Belajar Bahasa Asing Lainnya

Menariknya, jika kita sudah paham bahasa Inggris maka kita mudah juga mempelajari bahasa lain. Karena di otak kita telah tersimpan dua bahasa, dan sudah pernah mempelajari struktur dari bahasa Inggris. Maka otak kita sudah lentur dengan bahasa, hanya tinggal menambahkan infromasi bahasa baru dengan struktur kata yang berbeda. Jadi, manfaat belajar bahasa Inggris terasa  begitu tampak.

15.   Meningkatkan Percaya Diri

Dengan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, kepercayaan diri anda meningkat. Misalnya di era globalisasi ini bahasa Inggris seringkali digunakan seperti yang telah penulis jelaskan di atas, sehingga jika anda berada di suatu tempat yang mana tempat tersebut menggunakan informasi dengan menggunakan bahasa Inggris maka anda dengan mudah mengetahuinya. Dan infromasi itu bisa anda sebarkan keteman-teman anda yang tidak tahu atau tidak memahami bahasa Inggris,

16.   Bisa Berinvestasi dengan Pihak Luar Negeri

Jika anda mahir berbahasa Inggris, bisa dipastikan anda dapat melakukan investasi dengan berbagai pihak dari luar negeri. Memudahkan anda melakukan persetujuan kerja sama dan akan menguntungkan pekerjaan anda. Bisa dipastikan bisnis anda akan semakin lancar dan menuai untung yang besar pula. Jadi tunggu apa lagi, segeralah belajar dan raih manfaat belajar bahasa Inggris. 

17.   Menjual Produk yang Anda Miliki

Jika anda berminat pada bisnis produk apa saja maka solusi tambahan peminat pasar internasioanl adalah dengan penguasaan bahasa asing. Ada banyak produk yang dipasarkan secara global. Mulai dari pembersih, makanan, minuman, dan lainnya. Hampir semua produk tersbut menggunakan bahasa Inggris untuk pasar internasional. Ini juga bisa jadi salah satu alat dongkrak bagi kesuksesan kalian..

18.   Pertukaran Pelajar

Manfaat belajar bahasa Inggris untuk mahasiswa

Pertukaran pelajar merupakan salah satu program negara untuk meningkatkan skill, mutu dan pengalaman warganya. Indonesia kerap mengrim para talenta muda di berbagai negara yang terikat kerjasama di bidang pendidikan. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai salah satu tujuan kalian untuk meningkatkan minat berbahasa Inggris. Dan mengambil pertukaran pelajar di negara yang kalian minati. Sekaligus menambah pengalaman di dunia pendidikan.

19.  Bahasa Penelitian

Ini digunakan oleh semua jurusan tidak hanya dalam jurusan yang berbau bahasa Inggris saja. Seperti sastra Inggris atau pendidikan bahasa Inggris, tetapi banyak dari jurusan lain yang menggunakan bahasa Inggris di bagian astrak skripsi. Tanpa harus menyewa jasa translator. Kalian bisa sendiri menerjemahkan hasil dari penelitian yang dikerjakan sehingga hasil yang diinginkan bisa maksimal. Dan jika penelitian kalian butuh jurnal atau artikel dari luar negeri, kailan juga tidak repot untuk mencari orang yang memahami bahasa Inggris lagi. Jadi manfaat mempelajari bahasa Inggris berguna untuk para akademisi.

20.   Mendapatkan Teman Akrab dari Luar Negeri

Ini pengalaman tambahan dari penulis manfaat mempelajari bahasa Inggris. Dengan mahirnya kita berbahasa Inggris. Kita mudah mendapatkan teman dari luar negeri, karena kita telah paham bahasa yang mereka gunakan. Jika kita telah menjalin pertemanan, maka wawasan kita akan lebih terbuku. Kita juga mudah mendapatkan informasi yang jelas dari sumbernya langsung. 

 

Jika kita telah memiliki teman akrab di luar negeri. Maka, mudah bagi kita untuk mampir ke kotanya tanpa repot-repot menyewa tour guide selama kita di negara terebut. Cukup membawa teman karab kita sebagai penunjuk arah jalan ke tempat-tempat wisata di sana. 

 

Itulah tadi 20 manfaat belajar bahasa Inggris untuk pemula yang penulis sajikan untuk anda sekalian. Bagaimana? Asyik bukan, jika kita pandai berbahasa Inggris. Ada banyak sekali manfaat belajar bahasa Inggris selain yang dua puluh di atas.

 

Semoga sedikit tulisan penulis dapat menggerakan hati kalian lebih giat lagi mempelajari bahasa Inggris. Ingat mempelajari bahasa itu mudah, yang lama itu prosesnya. Karena belajar adalah pekerjaan seumur hidup. Yang pasti bersabar dan tekun adalah kunci dari kesuksesan meraih apa pun. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya.

Wasalam

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Seorang introvet yang mencintai dunia literasi dan seni, lulusan S1 pendidikan bahasa inggris, ingin menjadi manusia yang berguna melalui bidang yang penulis senangi, salah satunya dengan membuat karya tulisan. jika ingin tau lebih lanjut tentang penulis bisa mampir di ig penulis @dahiaalqalbi_ dan juga akun galeri seni penulis di @artbloomer.

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah