LITERASI TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN

“Nilai akhir dari sebuah proses pendidikan sejatinya terekapitulasi dari keberhasilan menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungan. Itulah fungsi dari pendidikan yang sesungguhnya.”

- Lenang Manggala –

Memang tidak dapat dipungkiri bahwasannya kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kemudahan dalam akses informasi serta perkembangan dunia modern. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi di dunia pendidikan.

Pendidikan merupakan usaha yang disengaja dan berencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan generasi muda, agar diri pribadinya bermanfaat bukan hanya untuk bangsa dan negaranya. Melainkan bermanfaat juga untuk diri sendiri.

Dewasa ini pendidikan dipandang sebagai suatu aktivitas yang bersifat antisipatoris, yaitu pengadaan aktivitas untuk menyongsong perkembangan-perkembangan yang diperhitungkan akan terjadi di masa depan. Pendidikan tidak berproses pada ruang hampa, tetapi mengalami pergesekan dengan dunia di sekitarnya yang terus berkembang. Hal ini menjadi alasan mengadakan redefinisi mengenai konsep pendidikan yang selama ini diterapkan di Indonesia atau dengan cara mengkolaborasikan hal-hal yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Teknologi pendidikan sendiri adalah seperangkat  sikap dan keterampilan individu dalam memanfaatkan berbagai macam potensi yang ada untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang optimal. Di mana kemajuan dalam teknologi telah banyak mempengaruhi berbagai hal dalam bidang pendidikan. 

Teknologi Pendidikan

Teknologi menjadi sebuah pilihan wajib yang harus diaplikasikan dalam dunia pendidikan, tidak hanya pada konteks pendidikan saja, tetapi secara umum juga merambah ke pendidikan secara khusus, yakni pembelajaran.

Pengaplikasian teknologi ke dalam pendidikan dan pembelajaran merupakan salah satu bentuk inovasi, di mana sebuah inovasi dilakukan dengan tujuan untuk mengimbangi dan mengikuti perkembangan zaman. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Membentuk Kemandirian dan Pribadi yang Baik

Teori inovasi pendidikan adalah sebuah proses inovatif dalam sistem pendidikan, aktivitas pendidikan,dan lingkungan pendidikan yang ada pada proses pendidikan tersebut. Inovasi pendidikan dapat berupa tawaran ide dan gagasan mengenai penyelenggaraan proses pendidikan baik secara formal disekolah ataupun non formal diluar sekolah.

Pelaksanaan inovasi pendidikan di Indonesia bukanlah tanpa hambatan. Berbagai halangan dan tantangan harus dihadapi dalam menerapkan inovasi pendidikan tersebut. Jika dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, proses inovasi ini tidak berjalan mulus dilapangan. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor yakni belum meratanya penggunaan teknologi di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini perlombaan untuk menciptakan, menguasai, dan menerapkan teknologi baru memang telah menempatkan pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Bagi sebagian negara berkembang teknologi yang baru tidak dapat dikembangkan sendiri dalam negeri, melainkan harus diperoleh dari luar.

Di Indonesia sendiri yang notabennya sebagai negara berkembang di mana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas.

Selain itu juga untuk menyongsong abad ke-21, kehadiran teknologi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran memang sudah tidak dapat dielakan lagi. Hampir seluruh elemen pendidikan dan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan teknologi didalamnya, sehingga lebih mudah dalam mencari sumber belajar, lebih banyak memanfaatkan ICT, makin meningkatnya peran media dalam kegiatan pembelajaran. 

Tuntutan global menuntut agar dunia pendidikan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu bagi negara berkembang, kebijaksanaan penguasaan teknologi dan pemanfaatannya yang tepat adalah dengan membangun kemampuan penyerapan melalui upaya transformasi teknologi, yang berarti mempelajari, menyesuaikan, dan bila memungkinkan memperbaiki teknologi asing yang tersedia dengan tujuan memperoleh keungulan kompetitif. Dengan cara demikian memungkinkan terjadinya alih IPTEK atau pergeseran penguasaan dari teknologi yang bersifat madya pada teknologi tinggi dan akhirnya pada teknologi yang baru.

Secara tidak langsung teknologi juga telah mengubah paradigma pendidikan dan pembelajaran yang dahulunya hanya bermodalkan sebatang kapur tulis, tetapi sekarang hanya dengan mengetik huruf atau angka di keyboard maka akan muncul secara otomatis.

Teknologi juga menjadi instrumen dalam dunia pembelajaran masa kini. Dengan memanfaatkan sarana teknologi maka akan timbul inovasi dan motivasi pada diri siswa. Implikasi dari segenap perubahan yang terjadi mempengaruhi aspek pendidikan di Indonesia. Bangsa Indonesia dituntut untuk merancang sistem pendidikan yang lebih dinamis dan lebih responsif terhadap perubahan-perubahan serta kecenderungan yang sedang berlangsung. Di zaman ini berarti sistem pendidikan dituntut untuk memiliki beberapa kabapilitas.

Dunia teknologi berkembang sangat cepat dan merambah kesemua sektor pendidikan. Dunia pendidikan berperan mencetak manusia yang menguasai teknologi juga terkena dampak  yang sama yaitu tersentuh dengan teknologi. 

Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak Nomor 1 daripada Pendidikan Akademisi

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Selain itu kemajuan teknologi juga telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas dan kegiatannya. Keberadaan dan peranan teknologi dalam sistem pendidikan telah membawa era baru perkembangan dunia pendidikan, tetapi perkembangan tersebut belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang menentukan keberhasilan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Teknologi Pendidikan

Hal ini lebih disebabkan masih tertinggalnya sumber daya manusia untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pendidikan tersebut. Peningkatan kinerja pendidikan di masa mendatang diperlukan teknologi yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi lebih sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing dipasar global. Untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat, diperlukan juga adanya pola pikir. Pola pikir yang dimaksud disini adalah berpikir diluar kotak atau dengan kata lain berpikir menggunakan cara-cara yang mungkin belum dipikirkan oleh kebanyakan orang.

Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan terdapat 5 pergeseran dalam proses pembelajaran : (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke tempat dimana dan kapan saja, (3) dari kertas ke online atau saluran, (4) fasilitas fisik ke jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. (Rosenberg, 2001). Tuntutan pembelajaran di masa yang akan datang harus bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, dan kompetitif.

Teknologi  yang murah dan mudah juga akan menghilangkan batasan-batasan ruang dan waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan. Dewasa ini banyak dampak yang terjadi akibat semakin berkembangnya teknologi didalam negeri ini. Memang perkembangan teknologi jika disikapi secara positif mampu memberikan dampak yang positif dan apabila disikapi secara negatif dapat pula memberikan dampak negatif. Tergantung sikap dari masing-masing individu dalam menyikapinya.

 

 DAFTAR PUSTAKA

 

Judhita, C.(2011). Tingkat Literasi Teknologi pada Pendidikan. Jurnal Penelitian Teknologi, 14(1), 41-52

Kusnadi, K. (2017). Model Inovasi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132-134

Nawangsari, D. (2010). Urgensi Inovasi dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Falasifa, 1(1), 

15-26

Sa’ud, U. S. (2013). Inovasi Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Rahayukusumapratiwi.blogspot.com/2013/01/perkembangan-iptek-dalam-pendidikan.html

 

Penulis: Renalia Rhomadani

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Nama lengkapku Renalia Rhomadani, saya tinggal di sebuah desa di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Tepatnya desa Karangsalamkidul. Sekarang saya menjadi salah satu mahasiswi di sebuah perguruan tinggi islam negeri, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, namanya.

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin