Latar Cerpen: Pengertian, Jenis dan Analisis Latar

Cerpen yang baik adalah cerpen yang mampu mendeskripsikan suasana dan menghidupan feel dalam cerita. Maka, cara setting latar cerpen salah satu alternatif untuk dilakukan.

Latar cerpen berfungsi sebagai alat untuk mendeskripsikan setiap tokoh dan motorik di dalam sebuah cerita. Misalnya, cerita tersebut sedih atau suasana tempat yang kurang asri. Hal tersebut didesripsikan oleh latar dalam sebuah cerpen.

Baca Juga: Cerpen: Pengertian, Ciri, Fungsi dan Kelebihan Kekurangan

Maka dari itu, di sini saya akan menjelaskan Latar Cerper: Pengertian, Jenis dan Analisis Latar yang dapat mempermudah seseorang mendalami dunia kepenulisan terutama cerpen.

Latar Cerpen

A. Pengertian Latar Cerpen

Latar cerpen adalah keterangan tentang ruang, waktu dan juga suasana terjadinya peristiwa di suatu karya. Latar cerpen juga diartikan sebagai unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra, terutama pada cerpen.

pengertian latar cerpen menurut para ahli:

1. Abrams (1981:175)

Pengertian Latar cerpen menurut Abrams adalah tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian latar cerpen menurut KBBI adalah keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya peristiwa dalam sebuah karya sastra.

3. Suparmin (2009:60)

Pengertian Latar cerpen menurut Suparmin, latar tempat ataupun latar waktu dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.

B.       Fungsi Latar Cerpen

Fungsi latar cerpen yaitu untuk menggambarkan kejadian secara jelas, agar peristiwa atau kejadian yang telah terjadi dalam suatu karya sastra dapat menyajikan informasi yang jelas mengenai situasi dalam sebuah cerita.

Baca Juga: Materi Lengkap Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

 

C.      Jenis Latar Cerpen

Adapun jenis latar cerpen terbagi menjadi lima, di antaranya:

1.    Latar Waktu

Contoh: "Malam pun tiba."

2.    Latar Tempat

Contoh: "... di sebuah bar tua."

3.    Latar Suasana

Contoh: "Hatiku berbunga-bunga."

4.    Latar Alat

Contoh: "Kugunakan kacamata."

5.    Latar sosial

Contoh: "Aku lahir di keluarga konglomerat."

D.    Majas dalam Latar Cerpen

Majas tak selalu identik dengan puisi, pada cerpen juga terdapat majas. Jenis majas dalam cerpen pun sama dengan yang ada pada puisi, tapi ada keistimewaan tersendiri dalam cerpen. Kalau menggunakan majas di cerpen harus pintar-pintar menempatkannya, katena tidak semua kalimat bisa dibuat majas.

Diambil dari Kisah Wanita Tua.

" ... Tatapan matanya kosong, menyiratkan tiada cahaya hidup dalam  dirinya."

Pada kutipan cerpen di atas terdapat majas metafora yang menjelaskan latar suasana yang lesu, tidak memiliki semangat hidup.

E. Feel dalam Latar Cerpen

Seperti yang kalian ketahui, majas adalah gaya dari kepenulisan dari pengarangnya. Dengan majas kita membawa imajinasi pembaca ke dunia cerpen milik kita sehingga pembaca mendapat feel yang terkandung dalam cerpen.

Ada beberapa pilihan:

1.    Kalian memilih di kala pagi.

2. Di saat mentari menyingsing dari ufuk timur.

Kalimat satu mungkin sangatlah simple dan banyak orang yang memakainya. Sementara, kalimat dua itu menggunakan majas dan pendetailan sehingga pembaca bisa lebih berimajinasi.

F.  Analisis Latar Cerpen

Pukul 07.00 WIB sampailah aku di ruang kelas sekolah tercinta dan siap mengikuti pembelajaran. Kebetulan hari ini sedang tidak ada jadwal piket membersihkan kelas. Kelas yang tertib yaitulah kelasku, bagaimana tidak? Bahkan kelas yang lain masih sibuk piket nyapu, siram tanaman, dan berbaris di depan kelas. Sedangkan kelasku sudah menyelesaikan semua itu, tinggal menunggu pembelajaran dimulai. Itulah sebabnya mengapa kelasku menjadi kelas favorit para guru, selain bersih juga nyaman untuk ditempati, terlebih hiasan dinding kelas yang membuat suasana kelas terkesan indah.

Dari cerita yang sangat sederhana tersebut, dapat kita analisis bahwa terdapat 3 latar cerpen yang ada di dalamnya berikut keterangannya:

1. Latar tempat: Ruang Kelas.

2. Latar waktu: 07.00 WIB.

3. Latar suasana: Bersih nyaman dan terkesan indah.

4.  Latar alat: Setiap Jum'at sekolahku selalu mengadakan Jumat Bersih di setiap dua minggu sekali. Aku dapat bagian untuk membawa "sapu" sebagai alat kebersihan yang akan kugunakan nanti.

5. Latar sosial: Suatu hari sang Raja yang mempunyai sifat peduli dengan budi pekerti rakyatnya. Dia ingin mencoba menguji kepedulian rakyatnya terhadap orang yang tak mampu. Sang Raja menyamar menjadi seorang pengemis, dan tak disangka seorang yang menolongnya justru malah orang yang sudah lama bertahan hidup dalam kondisi kemiskinan. Akhirnya, Raja pun memberikan imbalan atas kebaikan rakyatnya yang peduli dengan orang lain meskipun dirinya sendiri sedang susah.

Dapat kita cermati bersama bahwa latar sosial dalam cerita tersebut adalah kepedulian Raja dengan rakyatnya.

G.      Kesimpulan

Latar cerpen adalah keterangan tentang ruang, waktu dan juga suasana terjadinya peristiwa di suatu karya. Tanpa latar, tokoh atau penokohan tidak bisa berjalan sesuai dengan cerita yang ditargetkan. Terdapat lima komponen latar, di antaranya: latar waktu, latar tempat, latar suasana, latar alat dan latar sosial.

 

*Penulis: Wiranti, Silmi Dina Achsani, Ikhsan Mustaqim, Yeyen Nur Fhadila, dan Linda Aprilia Wati.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah