Tips Bangun Kepercayaan Diri dengan Memperbanyak Bersyukur

Membangun sebuah kepercayaan emang tidaklah mudah. Khususnya seseorang yang mempunyai tingkat malu yang sangat tinggi.

Kebanyakan orang cenderung tertutup dan mendiamkan kelebihannya. Tanpa tersadar banyak peluang yang mereka hilangkan yang justru berisi kesempatan yang lebih bermanfaat.

Dengan rasa percaya diri akan membuat seseorang lebih dapat mengetahui bakat yang lebih dalam dirinya tersebut.

Selain itu mayoritas pikiran orang yang sering membuat tidak nyaman adalah perasaan gngsi, minder yang familiar kita sebut insecure.

Baca Juga: Helm: Sejarah, Kebutuhan dan Kewajiban

Hal ini juga cenderung menombangkan sifat percaya diri seseorang dan orang yang memiliki sifat ini lebih memilih untuk putus asa lebih dahulu sebelum berjuang.

Hal ini dapat memicu kegagalan dan penyesalan yang akan dirasakan setalah beberapa hari kemudian.

Untuk itu, coba bangun rasa percaya diri anda dengan berbagai trik berikut.

1. Pahami Kekurangan Diri, dan Perbaiki

Sebelum melangkah, pikirkan batas kemampuan yang dimiliki. Jangan asal berjalan jika ditengah jalan membuat anda mengeluh.

Fahami kekurangan fisik dan psikologis anda, supaya dapat menemukan solusi terbaik. Terkadang cara pandang seseorang yang membuat dirinya drop down sendiri, namun sebenarnya memahami kekurangan merupakan salah satu faktor pendukung untuk memperbaiki diri.

Baca Juga: Cowok Harus Peka! Ini Cara Hubungan Tambah Romantis

Kita cukup bercermin sampai mana bakat dan kekurangan yang dimiliki, sehingga kita dengan mudah akan bisa mengambil langkah selanjutnya.

2. Belajar dari Kesalahan

Kegagalan bukan sebuah opsi fatal dalam perjuangan. Coba bercerminlah dari kesalahan dan pantau apa tujuan anda kedepan. Agar jalan bisa berbelok pada peta keberhasilan dan tidak hanya pasif pada satu titik.

Untuk itu, menoleh ke belakang bukan suatu kesalahan asal kita mampu menempatkan sikap untuk menghadapi kegagalan tersebut. Jangan merasa sudah menyerah setelah mendapat keberhasilan yang tertunda, anda juga berhak memperjuangkan hal yang seharusnya sudah kita rencanakan dengan usaha yang maksimal. Selain halangan dan rintangan yang menghambat upayakan faktor doa tidak dilupakan dalam suatu proses.

3. Mengembangkan kemampuan

Jika suatu kelebihan sudah terlihat, pupuklah bakat tersebut sampai anda menemukan titik juang yang begitu besar sampai membuahkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Mengapa Wanita Harus Malu? Temukan Jawabannya Di sini

Selalulah berlatih dengan menambah skil setiap harinya agar bakat itu beranjak dari nilai rendah ke nilai yang lebih tinggi. Sehingga kemampuan itu menjadi kunci dari langkah yang akan ditempuh seseorang.

4. Bersyukur

Bersyukurlah atas semua yang kalian miliki karena jika kita melihat kelebihan serta kehebatan orang lain, hal tersebut dapat membuat kita minder dan inscure. 

Lakukan hal yang manfaat atas pemberian tuhan karena itu merupakan cermin kita ketika bersyukur jangan mudah terpancing juga dengan keadaan.

5. Berpikir positif

Cobalah selalu berpikir positif setiap harinya walaupun itu kenyataannya buruk. Namun, jangan putus asa dan tetaplah berdiri untuk memperbaiki.

Jangan sampai pikiran negatif merobohkan usaha dan target  yang dibangun, berprinsiplah untuk selalu teguh pendirian.

Baca Juga: Model Green House Sederhana Serta Manfaaat yang Didapatkan

6. Konsultasi dengan orang lain

Jangan malu untuk selalu berkomunikasi mengenai kekhawatiran dan pola perkembangan menurut pandangan orang lain.

Karena titik solusi bisa anda jumpai melalui perantara orang disekitar. Terkadang pandangan orang yang baik dapat kita jadikan acuan dalam memutuskan langkah asal jangan terpicu dengan pengaruh yang buruk.

7. Berprinsiplah  : “Tidak ada hal yang sempurna”

Jangan menganggap bahwa diri sendiri paling sempurna, karena kesempuraan semata milik Allah SWT. Cukup berusaha dan selalu istiqomah. Percayalah anda pasti bisa!

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis

Halo sahabat pena ! , nama saya LAIL panjangnya lailil farokhah ... asli berkelahiran dikota soto lamongan 19 mei 2002, status sebagai pelajar dirumah saja, baru dikejutkan pemerintah bahwa lulus sekolah MAN dengan mudah dan surprise seindonesia jalur korona. Dan alhamdulillah sekarang sudah menjadi mahasiswa UIN sunan ampel surabaya prodi pendidikan bahasa arab. saya suka menulis, lebih suka lagi tulisan saya disaingi oleh penulis penulis hebat dalam dunia jurnalistik ini. saya gemar berkarya, lebih giat lagi jika karya ini tak terhenti di file PC ku saja. Mohon kebijakan nya membantu impian saya agar tulisan saya dikenal sejarah. karena jika kalian bukan anak raja, maka menulislah Terimakasih Salam karya !

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton