Kuliah Tidak Harus Masuk Kampus, Belajar Di sini dan Peluang Kerja Besar!

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kemajuan negara. Semakin tinggi daya saing sumber daya manusia yang dimiliki sebuah negara menjadikan suatu negara mengalami potensi yang unggul.

Zaman sekarang pendidikan terendah adalah lulusan SLTA, sedangkan mayoritas orangtua mengupayakan anaknya agar sampai di perguruan tinggi.

Tidak semua pelajar lebih memilih melanjutkan dunia pendidikan tinggi, ada banyak pula selainnya yang memilih bekerja.

Baca Juga: Mengenal Dekat Budaya Tachiyomi di Jepang

Namun dunia milenial sangatlah penting untuk kita sikapi dengan pengetahuan agar tidak ketinggalan.

Nah, dari pendidikanlah kita bisa paham dan melek teknologi, melek bisnis, dan melek politik. Alasan tidak mampu bukan lagi menjadi penghalang tempuan pendidikan saat ini, karena ada banyak sekali bantuan beasiswa dari pemerintah  yang menanggulagi masalah tersebut. 

Masuk pendidikan tinggi tidak selalu harus masuk universitas, tidak semua mahasiswa mempunyai kelebihan dalam bidang akademik.

Untuk itu, Indonesia memiliki beberapa sekolah tinggi non akademik yang dibangun untuk menyalurkan potensi minat bakat yang dimiliki oleh pelajar. Agar selain mengenal wawasan mahasiswa juga melakukan praktik didalam belajar.

Baca Juga: Kimia Kelas 11: Soal dan Pembahasan Bab 4 Jenjang SMA

Beberapa sekolah tinggi non akademik yang menampung mahasiswa dengan kelebihan yang berbeda-beda, antara lain:

1.   Sekolah Penerbangan

Dalam pembelajaran, seorang pelajar dibimbing seputar teknisi penerbangan. Mulai dari proses terbang hingga mendarat. Selian itu, pelajar diberi wawasn mengenai rambu-rambu pesawat dan etitude ketika berada di dalam pesawat.

Mayoritas lulusan sekolah penerbangan dapat bekerja di bandara. Dan banyak peluang kerjasama yang dijalin pihak sekolah untuk perekrutan calon pilot atau pramugrari.

Contoh akademisi penerbangan adalah pilot, dan pramugari. Selain dalam maskapai pesawart. Sekolah penerbangan juga mengajari seputar kerja dalam bandara. Seperti office marketing dan lain-lain.

Baca Juga: Baru Lulus Kuliah! 3 Jenis Pekerjaan Banyak Dicari

2.   Sekolah Tinggi Pariwisata

Ketika masuk dalam sekolah pariwisata, pelajar dapat memilih dua jalur pembelajaran, meliputi sekolah menejemen perhotelan dan menejemen usaha.

Dalam dunia pariwisata, pelajar akan belajar info membuat alokasi hotel dan mendirikan usaha tempat wisata untuk menampung warga negara atau warga asing mengetahui indahnya negara tercinta kita ini.

Sekolah ini cenderung harus menguasai bahasa asing, karena mayoritas pelajar akan bekerja dan melayani turis-turis jika akan menjadi guide pariwisata. Entah dalam hotel atau tempat kunjungan wisata yang didirikan atas usaha sendiri.

3.   Sekolah Tinggi Pelayaran

Politeknik pelayaran membuka dua prodi pilihan yakni teknika nautika dan elektro pelayaran.

Seorang pelajar dibekali seputar kelautan dan ilmu berlayar dalam perjalan air. Sehingga dapat menjadi ahli pemicu jalannya transportasi laut. 

Selain menjadi nahkoda atau seputar supir kapal dan penyetir transportasi laut, bidang dalam sekolah pelayaran juga bisa andil dalam permesinan kapal. Yang bertugas membenahi kerusakan kapal dan mesinnya.

Baca Juga: Tips Sukses Lulus UTBK 2021, Ini Rahasianya

4.      Akademi Militer

Akademi militer adalah sekolah pendidikan TNI angkatan darat. Tidak hanya itu, menyangkut militer, sekolah tinggi tersebut bisa berupa jalur kepolisian, tentara, dan ABRI.

Tentara tidak hanya angkatan darat, ada pula angkatan udara dan angkatan laut. Sekolah ini sangat banyak tersedia di seluruh Indonesia contohnya didaerah malang, akademik Brawijaya, Akademik Kelautan didaerah surabaya, dll.

5.      Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

PKN STAN ini menyandang gelar sekolah kedinasan terbaik dan dikenal sebagai salah satu intitusi pendidikan yang mampu menghasilakn lulusan handal dalam mengelola keuangan negara.

Karena mayoritas alumni sekolah ini akan dipekerjakan langsung oleh negara dengan gaji yang cukup besar, makanya kuota pendaftar sangat banyak untuk bidang ini sebagai saran meminimalisir tikus pejabat dan mengelola sistem administrasi nagara dengan sebaik-baiknya. Karenanya jumlah bimbingan belajar jalur PKN STAN tidak kalah ramai dengan SBM PTN.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Halo sahabat pena ! , nama saya LAIL panjangnya lailil farokhah ... asli berkelahiran dikota soto lamongan 19 mei 2002, status sebagai pelajar dirumah saja, baru dikejutkan pemerintah bahwa lulus sekolah MAN dengan mudah dan surprise seindonesia jalur korona. Dan alhamdulillah sekarang sudah menjadi mahasiswa UIN sunan ampel surabaya prodi pendidikan bahasa arab. saya suka menulis, lebih suka lagi tulisan saya disaingi oleh penulis penulis hebat dalam dunia jurnalistik ini. saya gemar berkarya, lebih giat lagi jika karya ini tak terhenti di file PC ku saja. Mohon kebijakan nya membantu impian saya agar tulisan saya dikenal sejarah. karena jika kalian bukan anak raja, maka menulislah Terimakasih Salam karya !

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton