Heboh Kue Klepon Tidak Islami, Penjual Asal Pasuruan Geram

Akhir ini media online dihebohkan penyebutan kue klepon tidak islami oleh akun Twitter @memefes. Hal tersebut membuat warganet sontak kaget, kue khas Indonesia ini tidak halal atau tidak islami. Sehingga dalam kurun waktu sekejap kata kunci ‘klepon’ menjadi tranding topic di Twitter.

Dalam gambar yang tersebar di akun @memefes menyebutkan, "Kue klepon tidak islami. Yuk, tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami."

Cuitan yang telah di-retweet sebanyak 1,3 ribu pengguna dan 1,6 ribu penyuka ini langsung dibanjiri komentar publik. Mereka mempertanyakan alasan dari klaim tersebut.

Kue Klepon Tidak Islami

Tidak hanya itu, media sosial lainnya seperti facebook bahkan WatshApp dihebohkan pernyataan tersebut dan menjadi viral pada hari Selasa, 21 Juli 2020.

Melihat kejadian tersebut, sontak penjual klepon asal Pasuruan geram. Dirinya menyebutkan, tidak pernah memasukkan bahan haram untuk mengelolah kue klepon.

"Kok bisa-bisanya, ya, hanya orang kurang waras yang bikin iklan seperti itu," jelas Ainur Aziza (40), pemilik Toko Klepon Raja Rasa Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Selasa (21/7/2020).

Azizah mengatakan, usaha klepon yang telah dirintisnya sejak 2008 silam diolah dari bahan yang alami. Tidak ada unsur haram di dalamnya, bahkan selalu membuat dengan cara islami, seperti dari badan dasar tepung ketan, isian gula dan pewarna dari daun suji, semuanya alami.

Bahkan saat membuat adonan Klepon, Aziza menambahkan, dirinya sebelum memulai selalu membaca basmalah dan shalawat tidak ada hentinya. Juga, lewat usaha Klepon, dirinya mengaku telah berhasil berangkat haji ke Mekkah.

Selain itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasuruan, KH. Nurul Huda mengaku heran dengan penyebutan kue klepon tidak islami di media sosial oleh para warganet.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempermasalahkan kehalalan kue klepon ini, sebab dari bahannya sudah halal dan termasuk makanan orang kuno yang halal.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton