Kembali suci di Bulan yang Suci

Ramadhan adalah salah satu bulan bagi umat Islam yang selalu dinanti-nantikan, bulan dengan segala keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah kepada setiap hamba-Nya. 

Bulan adalah tempat setiap hamba mensucikan jiwanya kembali dengan puasa, karena puasa adalah menahan dari segala godaan yang akan membatalkan puasa itu sendiri, menahan haus dan lapar, lebih dari itu puasa mengajarkan kita umtuk bersabar. Dengan puasa kita belajar cara untuk lebih mengatur emosi kita, karena kalau kita marah-marah akan mengurasi pahala, dan lebih dari itu kita niatkan untuk mendapatkan ridha Allah dibandingkan mengejar pahala. Pahala sebagai perantara dari Allah untuk semangat melakukan ibadah. Walaupun begitu Allah pasti memberi pahala dan kebaikan pada hambanya yang melakukan ibadah dan kebaikan.

Di dalam bulan Ramadhan Allah melipat gandakan pahala dari semua kebaikan yang kita lakukan, dan Allah menyuruh kita untuk lebih giat dan banyak berbagi seperti bersedekah untuk orang-orang yang kurang mampu, memberi makanan untuk sahur dan berbuka kepada sesama, karena dengan cara bersedekah kita tahu cara berbagi kebahagiaan.

Banyak sekali kegiatan yang membuat kita lebih mempererat persaudaraan seperti tarawih, tadarus Al-Qur’an dan juga keliling bersama untuk membangunkan sahur, karena kita melakukannya bersama-sama di Musolah atau Masjid. Allah juga membuka pintu-pintu rezeki untuk para pedagang, karena dalam puasa, biasanya banyak yang mencari takjil dan makanan-makanan yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan. 

Dari semua hal di atas, yang sangat penting dalam bulan Ramadhan ini adalah Allah membentangkan seluas-luasnya pintu ampunan untuk setiap hambamya. Maka dari itu, kita akan jadi seorang yang sangat merugi jika tak bisa memanfaatkan bulan yang sangat penuh berkah ini. Tapi, kadang banyak orang yang merasa malu dan enggan untuk meminta ampunan pada Allah, padahal Allah sangat mencintai hambanya yang berdosa dan mau meminta ampunan.

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan kita lahir menjadi suci kembali.

Maka dari itu, kita sebagai hamba yang selalu berbuat dosa, marilah kita sama-sama memperbanyak ibadah dan meminta ampunan pada Allah, meminta maaf atas segala kesalahan sesama kita, terutama orang tua dan orang-orang terdekat dan tercinta kita, agar saat puasa telah usai kita benar-benar terlahir menjadi hamba yang suci kembali. Kembali suci di bulan suci. Karena bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam setahun, dan beruntunglah bagi mereka yang masih bisa menemui bulan ini dan bisa berpuasa.

Penulis: Lilis Karlina

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Des 5, 2023, 10:45 PM - Ruang Sekolah
Jul 20, 2022, 5:03 PM - Ahmad khoirul anwar
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah