"Keindahan Ramadhan yang Perlu Kamu Tahu!"

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim. Bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa bagi umat Islam dan hal pengenaan mengenai puasa telah diatur di dalam al-Qur'an yakni didalam surah al-Baqarah ayat 183. 

Sementara, esensi puasa di sini selain kita menahan rasa lapar dan haus, juga mengajarkan kita untuk dapat mengontrol hawa nafsu agar segala perbuatan yang tidak baik atau perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.

Puasa Ramadhan dilakukan dalam 1 bulan di antara 12 bulan di mana kita juga dilatih untuk lebih bersabar supaya meningkatkan rasa ketakwaan kita terhadap Allah Swt, agar dapat mengontrol segala yang akan dilakukan. 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia, karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan ladang pahala, bulan yang mulia dan bulan yang penuh dengan keberkahan, serta kita memberikan makanan kepada orang-orang yang berpuasa. Maka pahala yang kita dapatkan sama dengan orang yang berpuasa.

Nah, jika kita juga berpuasa, maka kita akan mendapatkan pahala 2 kali lipat. Di bulan ramadhan, bulan yang penuh keberkahan dilaksanakannya salat tarawih yang hanya ada pada bulan Ramadhan dilaksanakan salat taraweh setelah salat isya' dan dilakukan secara sendiri-sendiri dan dapat dilakukan secara berjamaah.

Di bulan Ramadhan juga bulan berkumpulnya keluarga yang biasanya kerja, disempatkan berkumpul kepada keluarganya. 

Di bulan ramadhan ini banyak sekali perbedaan dengan bulan lainnya, karena bulan yang sangat istimewa pada bulan Ramadhan ada perbedaan dalam penjualan takjil, buah kurma yang menjadi simbol akan hadirnya bulan ramadhan. Meskipun buah kurma dijual bebas biasanya, tetapi lebih banyak yang menjual pada saat bulan Ramadhan atau puasa. 

Di suatu daerah di kecamatan Payung ada suatu hal yang sudah biasa dilakukan pada saat bulan Ramadhan, tiap rumah melakukan pertukaran makanan/takjil yang dibuat, jadi hal inilah dapat membuat antar sesama lebih dekat dan lebih terjalin silaturahmi antar tetangga, dan masih terlihat suatu kebersamaan dan saling memberi. Jadi indahnya di bulan ramadhan menjadi ladang pahala bagi kita yang menjalankan segala kebaikan yang diperintahkan oleh Allah Swt.

Penulis: Agung Tri Wibowo

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Des 12, 2020, 9:28 AM - SiPintar.com
Agt 18, 2020, 6:34 PM - LelyRisnawatiDamanik
Agt 17, 2020, 9:51 PM - Alfan Ramadhan
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah