Important Tools in Photoshop, Beginner Must Know!

Hallo sobat generasi kebanggaan bangsa!!!

Salam literasi! 

Sebagai seorang editor pastinya tidak asing dengan software yang satu ini, yaitu Photoshop. Bagi kalian yang masih belum tau apa itu Photoshop atau bahkan bingung ingin belajar tool atau alat apa saja yang perlu diketahui di Photoshop bagi pemula. Nah pas banget nih sob, Komunitas Gapura Pustaka, MLI-I, dan Dream Team membuat kolaborasi webinar bulan bahasa di mana kali ini mengangkat tema "Important Tools in Photoshop, Beginner Must Know!" yang dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 Pukul 19.30 WIB. Webinar ini mendatangkan pemateri yang luar biasa tentunya dan sudah memiliki banyak pengalaman di bidang desain dan editing yaitu, kak Scout Nil. Kemudian, moderator dari webinar ini yaitu kak Aereya Riverald A. dengan notulisnya yaitu kak M. Nashihul Mukminin. Lalu, kegiatannya bahas apa saja sih. Webinar tersebut membahas tentang tools atau alat-alat dasar apa yang perlu diketahui dan dipelajari di dalam Photoshop. Selain itu, juga terdapat sesi diskusi antara pemateri dengan peserta. Berikut adalah rangkuman dari kegiatan webinarnya.

~~INILAH RANGKUMAN SESI PENYAMPAIAN MATERI~~

Kalian tau ga sob apa sih Photoshop itu?

Aku kasih tau ya. Adobe Photoshop adalah salah satu software desain grafis terkemuka yang digunakan oleh profesional dalam industri desain, fotografi, seni, dan bidang terkait lainnya. Photosop sendiri menyediakan berbagai fitur yang beragam untuk mengedit, mengolah, serta merancang gambar dan grafis. Nah, udah tau kan apa itu Photoshop. Selanjutnya, kamu juga harus tau tools dasar yang penting untuk dipelajari di Photosop diantaranya:

  1. Move Tool (V): Digunakan untuk memindahkan objek dalam canvas. Selain itu, juga dapat mengaktifkan "Auto Select" secara otomatis saat memilih objek.
  2. Rectangular Marquee Tool: adalah default tool yang berada di urutan kedua dari atas. Namun, Photoshop tidak selalu menampilkan ikon default tools. Sebagai gantinya, mereka akan menampilkan ikon tools yang sedang digunakan. Ambil contoh misalnya saat Pins memilih Elliptical Marquee Tool dari menu fly-out, ikon Rectangular Marquee Tool tidak lagi ditampilkan di toolbar dan akan berubah menjadi ikon Elliptical Marquee Tool.
  3. Lasso ToolTool ini berguna untuk membuat seleksi bebas sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Brush Tool (B): Digunakan untuk menggambar atau mewarnai dengan berbagai efek brush yang tersedia.
  4. Eraser ToolTool ini secara permanen akan menghapus piksel pada layer, juga dapat digunakan untuk melukis gambar atau objek pada desain sebelumnya.
  5. Background Eraser ToolTool ini berfungsi untuk menghapus area warna yang sama dalam sebuah gambar dengan mengecat atas mereka.
  6. Magic Wand ToolTool ini berfungsi untuk menghapus bagian tertentu pada objek secara permanen.
  7. Text ToolTool ini digunakan untuk menambahkan tulisan atau text dari kiri ke kanan. Digunakan untuk menambahkan typography agar desain terlihat menarik.
  8. Crop ToolTool ini berfungsi untuk memotong gambar dan menghapus area yang tidak diinginkan. Pins bisa menghapus centang dengan klik "Delete Cropped Pixels" di Option Bar untuk memotong tanpa merusak gambar.

Dalam Adobe Photoshop, juga terdapat berbagai tombol alternatif atau pintasan keyboard nih sob. Hal tersebut memungkinkan kita untuk menjalankan perintah dan tugas dengan cepat tanpa perlu menggunakan mouse. Berikut ini adalah beberapa tombol alternatif yang sering digunakan dalam Photoshop:

  • CTRL + Z: Pintasan ini digunakan untuk membatalkan atau mengulangi tindakan terakhir kita.
  • CTRL + S: Pintasan ini digunakan untuk menyimpan proyek desain kita.
  • CTRL + C: Dengan menggunakan pintasan ini kamu dapat menyalin elemen yang dipilih ke clipboard.
  • CTRL + V: Pintasan ini digunakan untuk paste elemen dari clipboard ke dalam dokumen atau layer yang aktif.
  • CTRL + X: Pintasan ini digunakan untuk memotong elemen yang dipilih dan memindahkannya ke dalam clipboard.
  • CTRL + A: Pintasan ini digunakan untuk memilih semua elemen dalam dokumen atau layer aktif.
  • CTRL + T: Shortcut ini digunakan untuk memanggil Transform Tool, yang memungkinkan Anda untuk mengubah skala, memutar, dan memindahkan elemen yang dipilih.
  • CTRL + J: Pintasan ini digunakan untuk menggandakan layer yang dipilih.
  • CTRL + E: Shortcut ini digunakan untuk menggabungkan layer yang dipilih.
  • CTRL + G: Pintasan ini digunakan untuk mengelompokkan layer yang dipilih menjadi satu grup.
  • CTRL + H: Pintasan ini digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan grid.
  • CTRL + I: Pintasan ini digunakan untuk membalik atau mengubah warna elemen yang dipilih.
  • CTRL + N: Shortcut ini digunakan untuk membuat dokumen baru.
  • Dan masih banyak lagi, tetapi tombol alternatif tersebut merupakan dasar-dasar yang bisa digunakan di dalam Photoshop.

Itulah materi yang disampaikan oleh kak Scout Nil dalam kegiatan webinar ini. Selanjutnya, ialah sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. Wahh penasaran ga sih? Tenang sob, aku udah rangkumin kegiatan diskusinya untuk kamu tercinta. Aseek :)

~~INILAH RANGKUMAN SESI Q&A~~

#Penanya 1

  • Nama: Neisya Asyifa Junira
  • Domisili: Kalimantan Barat
  • Peserta Umum/Perwakilan Media Partner: Planet Literasi
  • Pertanyaan: Tools itu fungsi sebenarnya apa ya kak?
  • Jawaban: Tools dalam suatu software berfungsi sebagai alat untuk editing. Seperti halnya pada Photoshop digunakan untuk mengedit, mendesain, dan memanipulasi gambar.

#Penanya 2

  • Nama: Cheria
  • Domisili: Padang
  • Peserta Umum/Perwakilan Media Partner: NWC
  • Pertanyaan: Tools itu fungsi sebenarnya apa ya kak?
  • Jawaban: Tools dalam suatu software berfungsi sebagai alat untuk editing. Seperti halnya pada Photoshop digunakan untuk mengedit, mendesain, dan memanipulasi gambar.

#Penanya 3

  • Nama: Esther Helena Ohee
  • Domisili: Jayapura-Papua
  • Peserta Umum/Perwakilan Media Partner: Medpart-GFL
  • Pertanyaan: Apakah ada recomended aplikasi desain yang friendly buat pemula untuk membuat desain?
  • Jawaban: Bisa memakai aplikasi Piscart, Phonto, atau InShot
  • Sanggahan: Apakah desain hanya seputar gambar (editor foto/pict) saja kah? Ataukah setiap elemen yang terkandung dalam Videography/Editan itu dikategorikan sebagai desain? apakah berarti desain punya pengelompokan atau jenis-jenis desain? 
  • Jawaban: Dalam beberapa konteks, edit video atau biasa kita kenal sinematografi dapat dikategorikan sebagai bagian dari desain grafis. Desain grafis umumnya terkait dengan pembuatan visual yang komunikatif dan estetik melalui penggunaan elemen grafis seperti teks, warna, ilustrasi, dan gambar. Edit video melibatkan manipulasi atau pengeditan gambar gerak (video) untuk menciptakan hasil visual yang diinginkan. Dalam konteks desain grafis, edit video melibatkan penggabungan berbagai elemen seperti klip video, teks, efek visual, dan grafis lainnya untuk menciptakan narasi yang komunikatif. Proses ini melibatkan pemilihan klip, pengaturan urutan, penyesuaian warna, penambahan efek visual dan transisi, serta pemilihan dan desain teks untuk mencapai tujuan komunikatif dari si video yang kita buat. Selain itu, ada juga overlap dalam penggunaan alat dan teknik antara desain grafis dan edit video. Contohnya, Adobe Photoshop, yang sering digunakan untuk desain grafis, juga memiliki fitur dan alat untuk mengedit video. Begitu juga dengan Adobe After Effects, yang sering digunakan dalam desain grafis gerak dan efek visual. Tapi penting untuk diingat jika desain grafis dan sinematografi juga memiliki perbedaan dan keterampilan khusus yang berbeda. Sinematografi melibatkan alur cerita, pengeditan berangkai, komposisi visual yang dinamis, dan penggunaan alat khusus seperti timeline dan key frame editing. Sedangkan desain grafis lebih berfokus pada komunikasi visual melalui gambar statis atau grafis bergerak. Secara keseluruhan, ada pertautan antara desain grafis dan edit video/sinematografi, dan edit video dapat dianggap sebagai bagian dari desain grafis.

#Penanya 4

  • Nama: Anna
  • Domisili: Cianjur
  • Peserta Umum/Perwakilan Media Partner: Medpart-Comunity Water Writer's.
  • Pertanyaan: Apakah shortcut bisa dibuat edit kah?
  • Jawaban: Shortcut gunanya untuk jalan pintas. Bukan untuk edit, kalau edit, ya, tools pada Photoshop. Shortcut itu macam jalan tikus supaya lebih cepat. Misal nih kau mau buat dokumen baru, tidak perlu klik pojok kiri lalu cari New Dokument, cukup tekan CTRL + N.

Gimana Sob? mantab kan kegiatannya. Itulah cuplikan kegiatan webinar bulan bahasa yang membahas tentang Photoshop. Semoga bisa bermanfaat ya sob. 🙏🏻

Tiada maksud atas untaian kata.

Tiada maksud atas perilaku yang ada.

Saya hanya manusia biasa.

Pastinya ada salah dan dosa.

Jika ada kata yang mengusik rasa.

Mohon maaf seikhlasnya.

Jangan lupa nantikan konten penulisan aku selanjutnya. Sehat-sehat selalu ya sob. Jaga kesehatan. Sampai jumpa di konten kepenulisan aku selanjutnya ya. Salam...

 

More information:

Instagram Pemateri: @dnl_grp

Instagram moderator: @riv_algreits

Instagram notulis: @slvreuph_nsh

 

Created by: M. Nashihul Mukminin

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah