Hal Penting Wajib Diketahui Sebelum Menikah

Rumah tangga memiliki arti identik  dengan  pernikahan. Atau artinya sudah menikah, atau sudah berkeluarga. Pernikahan  adalah, suatu ikatan janji suci  sehidup semati yang dilaksanakan dua orang lawan jenis pria dan wanita secara norma agama, norma hukum dan norma sosial.

Pernikahan atau menikah,  adalah ikatan suci dua insan yang berbeda jenis yakni wanita dan pria yang disatukan dalam prosesi agama dan hukum untuk meresmikan ikatan perkawinan. Rangkaian prosesi pernikahan tersebut biasanya berdasarkan adat istiadat yang berlaku.Wanita dan pria yang sedang melangsungkan pernikahan biasanya dinamakan pengantin.

Baca Juga: Mencari Pasangan Bukanlah Ajang Lomba, Tetapi Cari yang Sehati

Kedua mempelai wanita dan pria  yang telah melangsungkan upacara  kemudian yang pria dinamakan suami dan wanita dinamakan isteri dalam ikatan perkawinan. Kedua mempelai pria dan wanita membangun kehidupan baru tinggal bersama-sama di sebuah tempat tinggal atau berumah tangga atau berkeluarga.

Pernikahan  pasangan mengikuti  suatu  pernikahan   menjadi sunnah apabila seorang laki-laki mampu memberi nafkah lahir dan batin. Pernikahan menjadi hukum wajib bila seseorang tidak segera menikah akan mudah terjadi zina. 

Namun, hal lain yang wajib diketahui sebelum  menikah, yaitu  niat menikah. Niat menikahi seorang perempuan ada 4 perkara. 4 perkara tersebut, yakni menikah karena  hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karenaagamanya. 

Baca Juga: Persiapan Berbeluarga, Promosi Kesehatan Remaja Putri Sangat Penting

Menikah tidak hanya seremonial dari prosesi  peminangan hingga ijab qabul. Setelah prosesi ijab qabul itulah awal dari kehidupan baru  bersama pasangan membangun bahtera rumah tangga atau berumah tangga .

Dari  awalnya hidup sendiri kini ada  yang mendampingi dan  hidupnya tenang, karena kini telah menikah dan berkeluarga.  Mengarungi bahtera rumah tangga dan berkeluarga  tidak mudah, karena menyatukan dua orang yang memiliki pemikiran, karakter, sifat  yang berbeda. 2 karakter yang berbeda dalam satu ikatan perkawinan.

Kedua orang yang berbeda jenis kelamin wanita dan pria  dan berbeda  karakter itu tinggal dalam satu atap membangun rumah tangga. Kehidupan  kedua orang yang berbeda ini bahagia bila keduanya saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Baca Juga: Perspektif Nikah Dini; Kebangkitan Tradisi di Zaman Milenial

Terkadang pula kehidupan kedua mempelai pengantin ini penuh warna. Ada sedikit perselisihan, perbedaan pendapat hingga terkadang muncul pertengkaran kecil, karena saling mempertahankan ego, karakternya masing-masing. Begitulah kehidupan berumah tangga dan berkeluarga setelah menikah .Menikah adalah ibadah yang berat juga nikmat.

Menikah adalah ibadah, tetapi mengapa menikah termasuk ibadah!. Menikah semata-mata untuk menjalankan perintah Allah, bukan karena materi, kecantikan apalagi bukan  karena jabatan. Menikah dilakukan semata-mata ketaatan kepada Allah SWT pernikahan akan harmonis. 

Menikah  membuat seseorang  dekat kepada Allah menjadikannya keluarga, sebagai  wadah beramal dan beribadah  sehingga menikah termasuk dalam ibadah. Pernikahan memiliki arti yang sesungguhnya yakni keberkahan hidup berumah tangga.

Baca Juga: Tradisi Perjodohan Orang Madura Khususnya Desa Gersik Putih

Keberkahan dari pernikahan salah satunya kepribadiannya lebih baik dari sebelum menikah. Melimpahnya rezeki setelah menikah menjadi salah satu dari keberkahan dari pernikahan .Inilah arti pernikahan atau berkeluarga yang sesungguhnya.

Menikah adalah ibadah, namun ada sebagian orang masih  ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan dengan berbagai alasan. Keraguan menikah perlu diluruskan, karena ada yang beranggapan menikah akan membatasi ruang gerak terutama masalah karir. 

Ada beberapa perempuan menunda menikah demi mengejar karir. Khawatir nanti setelah menikah tidak bisa bekerja dan hanya tinggal di rumah mengurus keluarga. Selain itu, ada yang menunda menikah karena merasa belum memiliki kesiapan mental dan ilmu. Hal-hal seperti ini menjadikannya sebagai alasan untuk menunda untuk menikah. Keraguan ini perlu dicari solusinya dengan meluruskan niat menikah agar mantap menjalankan pernikahan. 

Keraguan untuk menikah perlu dicari solusinya. Keraguan tersebut perlahan akan terjawab dengan memulai semuanya tanpa keraguan, berfikir positif  dan  optimis. Cara ini akan menemukan hal-hal yang membuat memantapkan untuk menikah.

Baca Juga: 6 Kesalahan Mendidik Anak yang Dilakukan Orang Tua Milenial

Segera menikah ketika menemukan sosok yang membuatmu mampu melangkah ke depan. Sosok yang cocok dan tepat membangun masa depan dengan menikah. Meski demikian  tetap ada sebagian pasangan masih ragu. Keraguan melangkah ke jenjang pernikahan bisa dilakukan dengan  dekat kepada Allah SWT.

Allah akan memberi petunjuk lewat ibadah shalat istikharah. Ibadah istikharah memberi petunjuk untuk memilih yang terbaik dari terbaik. Setelah mendapatkan petunjuk dari Allah hati menjadi tenang. Dekat dengan Allah hati mulai terbuka dan  belajar  memahami mengenai bagaimana hakikat pernikahan yang sesungguhnya.

Apa hikmah yang didapat setelah menikah. Pertanyaan seperti ini bisa  membantu, membukakan hati memantapkan untuk menikah.  Hal lain yang bisa memantapkan untuk menikah penting diketahui meluruskan niat dalam pernikahan juga menjadi modal awal untuk meyakinkan diri ke jenjang pernikahan.

Menikah,  adalah salah satu ibadah dan menikah menjadi cara menyempurnakan sebagian agama dan mengamalkan Sunnah Rosul. Cara ini bisa  menjawab keraguan untuk menikah. Hal ini juga yang memantapkan untuk menikah, karena menikah adalah ibadah. Masalah lain yang membuat ragu untuk menikah yang dirasakan sebagian orang adanya persoalan yang muncul setelah menikah atau berkeluarga. 

Masalah keuangan sering menjadi persoalan setelah menikah. Menikah bisa membuka pintu-pintu rezeki baru yang tidak terduga sebelumnya. Asal ada kemauan kerja keras demi keluarga pintu rezeki akan selalu terbuka. Berkeluarga tidak selalu mulus dan bebas dari masalah. Masalah dalam keluarga setelah menikah bisa menjadi jalan menuju kehidupan keluarga yang lebih baik dan harmonis .

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Mar 16, 2022, 10:21 PM - lailil farokhah
Des 24, 2021, 10:11 PM - Ruang Sekolah
Okt 2, 2021, 10:15 PM - Ine Inayah
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Populer
Tulisan Baru