Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Siswa SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nama : Nur Ainun Lubis

NIM : 0306172120

Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UINSU, Medan

Peserta KKN-DR 167 UINSU 2020

Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan yang namanya Covid-19 atau virus corona. Pada pandemi Covid-19 terjadi perubahan yang sangat signifikan pada aspek  kehidupan. Perubahan yang terjadi salah satunya pada sektor pendidikan.

Pendidik dituntut harus mampu mengembangkan isi pembelajaran yang baik digunakan pada saat pembelajaran. Hal ini membuat pendidik harus lebih ekstra dalam menyampaikan pembelajaran terutama pada siswa SD/MI.  

Baca Juga: Belajar Efektif Melalui Guru Kreatif SD/MI Di Tengah Kondisi Pandemi

Saat ini pemerintah melakukan pembaharuan pada proses pembelajaran yang mana pemerintah membuat sistem pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajeman System (LMS). Dengan adanya pembelajaran daring membuat pendidik untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswa.

Baca Juga: Pembelajaran Blended Learning Solusi Pendidikan Era New Normal

Pengertian siswa atau peserta didik menurut ketentuan umum undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

Pendidikan di sekolah dasar merupakan pendidikan anak yang berusia antara 7 sampai dengan 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat bagi siswa.

Siswa yang di tingkat sekolah dasar cenderung memiliki tingkat berpikir konkret. Untuk itu pendidik perlu memanfaatkan media yang dapat memberikan pengalaman belajar yang bersifat nyata kepada siswa.

Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak Nomor 1 daripada Pendidikan Akademisi

Untuk menghadapi kelas dengan siswa yang sangat variatif, maka cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah melakukan aktivitas pembelajaran yang bersifat umum yang dapat diterima oleh semua siswa.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar.

Media pembelajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan untuk  membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan.

Baca Juga: Cara Ampuh Orang Tua Mengembangkan Kreatifitas Anak Dimasa Pandemi Dengan Belajar Di Rumah

Dalam keadaan belajar dengan menggunakan sistem daring sekarang ini, pendidik harus pandai menggunakan teknologi komukasi agar mempermudah pembelajaran yang akan dilakukan terutama bagi siswa SD/MI. Pada siswa sekolah dasar mereka akan mengetahui pembelajaran apabila pendidik menjelaskan pembelajaran secara konkrit.

Adapun media pembelajaran yang digunakan untuk siswa SD/MI pada masa Pandemi Covid-19 di antaranya, yaitu:

1. Media Visual

Menggunakan media visual dalam pembelajaran daring pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk-bentuk visual. Selain itu media visual juga berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan fakta yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat jika disajikan dalam bentuk visual.

Baca Juga: Daring Garing Dan Boring

Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. 

a) Media visual diam: Foto, ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain-lain.

b) Media visual gerak: Gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan sebagainya.

2. Media Audio Visual

Jenis media pembelajaran audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar. Ditinjau dari karakteristiknya media audio visual dibedakan menjadi 2 yaitu madia audio visual diam, dan media audio visual gerak.

a) Media audiovisual diam: TV diam, film rangkai bersuara, halaman bersuara, buku bersuara.

b) Media audio visual gerak: Film TV, TV, film bersuara, gambar bersuara, dan lain-lain.

Dalam masa pendemi sekarang ini, banyak pendidik memanfaatkan media audio visual dari Youtube atau video guru itu sendiri untuk memudahkan pendidik dalam mengajarkan tujuan pembelajaran yang akann dicapai dan siswa mudah memahami pembelajaran yang diberikan.

Terima kasih.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis
Tulisan Populer
Tulisan Baru