Dua Sisi Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial

Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan teknologi juga semakin mengalami kemajuan. Pada zaman sekarang ini teknologi digital sudah mencapai era revolusi industri 4.0.

Pada zaman  ini teknologi merupakan elemen yang sangat penting sebagai penunjang kehidupan manusia. Teknologi sendiri sudah dianggap sebagai kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak?

Setiap harinya manusia selalu hidup berdampingan dan berkaitan dengan teknologi. Adanya teknologi semakin mempermudah keberlangsungan kehidupan manusia.

Misalnya saja melalui teknologi segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara - cara yang mudah dan praktis. Selain itu, dalam kehidupan sehari - hari teknologi memiliki peranan yang penting dalam penyampaian serta pertukaran informasi dalam masyarakat.  

Baca Juga: Cara Bijak Menyikapi Hoaks di Media Sosial

Kini, dengan adanya teknologi, pertukaran informasi dapat dilakukan secara cepat dan efisien melalui media sosial atau yang kerap disebut medsos.

Melalui adanya platform media sosial, kita dapat dengan cepat dan mudah dalam mengakses berbagai informasi, mulai dari lingkup lokal hingga lingkup internasional yang menghubungkan ke seluruh belahan dunia.  

Bermodalkan gadget atau gawai yang terhubung dengan koneksi internet, kini siapa saja dapat mengakses situs - situs penyedia informasi dalam media sosial ini.  Mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa pun dapat menikmati manfaat dari media sosial.

Dengan adanya media sosial segala suatu peristiwa atau fenomena yang sedang ramai  diperbincangkan akan  langsung menjadi sorotan masyarakat, inilah yang dinamakan oleh sejumlah masyarakat dengan sebutan kata viral.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, Fungsi Platform Media

Percepatan informasi yang diterima dan oleh adanya atensi atau perhatian yang lebih dari masyarakat terhadap suatu peristiwa menjadi faktor yang melatarbelakangi keviralan peristiwa tersebut.

Lantas apa korelasi yang timbul dari adanya media sosial terhadap interaksi sosial manusia?

Korelasi yang timbul yaitu media sosial digunakan sebagai media atau keberlangsungan interaksi sosial manusia secara virtual.  

Media sosial atau familier disebut medsos merupakan sebuah wadah atau media dalam dunia maya dimana setiap individu dapat melakukan interaksi di dalamnya.

Cakupan jaringan yang luas dalam media sosial memudahkan seorang individu berinteraksi dengan individu lain. Entah mereka sebelumnya sudah saling mengenal atau bahkan belum sama sekali.

Media sosial memfasilitasi kemudahan bagi setiap individu untuk berpartisipasi, berbagi, dan bertukar informasi secara virtual.

Baca Juga: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Siswa SD/MI Pada Masa Pandemi Covid-19

Dalam hal ini, sisi pertama yang ditimbulkan dari adanya pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial yaitu mengarah pada hal yang positif.

Media sosial memudahkan setiap orang melakukan sebuah komunikasi dan menjalin interaksi secara efisien tanpa harus bertemu secara langsung.

Seorang individu yang sedang berada di suatu tempat yang berbeda dengan individu lainya dapat melakukan sebuah interaksi melalui fitur perpesanan, panggilan suara maupun panggilan video melalui salah satu media sosial yaitu whatsapp.

Dalam hal ini, batasan wilayah tidak menjadi penghambat terjadinya interaksi sosial apabila koneksi jaringan antara individu yang satu dengan individu lainnya memadai.

Cakupannya yang begitu luas, memudahkan setiap individu dapat melakukan interaksi sosial secara virtual dengan individu lintas negara.  

Dengan adanya interaksi sosial tersebut dapat menghasilkan suatu jalinan atau relasi persahabatan antarindividu lintas negara. Selain itu, melalui media sosial seorang individu dengan individu lain dapat bersinergi dan bekerja sama membentuk suatu komunitas secara online.

Mereka membentuk sebuah komunitas online sebagai perwujudan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. 

Baca Juga: Bahaya Berita Hoax Vaksin Masa Pandemi di Indonesia

Misalnya komunitas dalam ruang lingkup kemanusiaan. Dalam bidang ini komunitas tersebut memiliki program diantaranya yaitu penggalangan dana secara online yang nantinya digunakan untuk membantu meringankan beban orang - orang yang sedang mengalami kesusahan.

Namun, penggunaan media sosial yang terlalu berlebihan seringkali membuat seorang individu berperilaku acuh terhadap lingkungannya.

Hal inilah yang menjadi sisi kedua atau sisi negatif yang ditimbulkan dari adanya pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial. Saat asik dengan gadget pribadinya membuat seseorang seringkali tidak menghiraukan suatu hal yang sedang terjadi di sekitarnya.

Mereka sebenarnya tahu apa yang terjadi, akan tetapi dengan kenyamanan dan keasikan dalam berselancar di media sosial membuat mereka lupa bahwasanya mereka sebenarnya hidup di lingkungan nyata bukan secara virtual.

Misalnya saja ketika sedang berkumpul bersama keluarga. Tak jarang anggota dari keluarga entah itu bapak, ibu maupun anak malah sibuk dengan gadgetnya masing - masing.

Mereka sibuk dengan dunianya sendiri. Waktu yang seharusnya digunakan mereka untuk quality  time dan interaksi bersama anggota keluarga tidak berjalan semestinya. Hal ini menjadi dampak negatif yang di timbulkan dari media sosial.

Diketahui bahwa pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial menghasilkan dua sisi yang berbeda. Dua sisi tersebut sangatlah kontras, satu sisi mengarah pada hal yang baik atau positif sedangkan satu sisi lain mengarah pada hal yang buruk atau negatif.

Hal ini bisa kita rasakan dan katakan sebagaimana media sosial dapat mendekatkan orang – orang yang jauh, namun begitu pula sebaliknya media sosial malah menjauhkan orang – orang yang  dekat dengan diri kita sendiri.

 

Profil Penulis

Elli Rizki Anggraeni, lahir di Magelang, 17 Mei 2003. Mahasiswa Aktif Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Seseorang yang terus mencoba menemukan jati dirinya. 

Surel : ellianggraeni.ea@gmail.com, WA : 087736561465. IG : @elrzaaa_

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles