Di Balik Syair Suci, Tersirat Motivasi yang Harus Kamu Tahu

Alquran merupakan suatu firman allah dan mukjizat kekal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain selalu kita perilahar, kita baca, kita hafalkan lalu dengan maknanya kita praktikkan setiap harinya.

Karena ada ungkapan “sebaik-baiknya orang adalah mereka yang belajar alquran dan mengamalkannya”.

Untuk itu perlu kita ketahui beberapa makna yang terkandung dalam ayat kauniyah ini agar kita selalu yakin bahwa hidup adalah suatu pemberian tuhan yang kita hanya menjadi wayang ketika beliau berkehendak yang tidak sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Cara Cepat Menghafal Al Quran Selama 2 Bulan

Jangan selalu berpikirk buruk mengenai nasib dan takdir karena allah sudah berjanji akan memelihara hambanya dengan tanggungjawab pebuh. Terkadang kita sendiri yang tidak menyadari akan kuasa allah dan balasannya.

Berikut beberapa makna ayat alquran yang membangun suatu  motivasi lebih sadar lagi dan melek kehidupan dunia.

1. Q.S. ATTAUBAH ayat 40

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”.

Dalam ayat ini menafsirkan bahwa Allah selalu memantai dan melihat perkembangan hambanya. Allah memberikan takdir yang sesuai dengan ketentuannya dan memberi musibah yang tidak di luar kemampuannya.

Baca Juga: Etika Santri Terhadap Guru Menurut KH. Hasyim Asy'ari

Tidak patutlah kita selalu mengeluh, kita selalu bersusah hati, ataupun menyesal dengan takdir yang kita miliki.

Upayakan selalu berkeyakinan dan percaya bahwa Tuhan yang Maha Esa senantiasa menjaga dan tidak akan tega membuat hambanya selalu dalam keadaan susah.

Karena itu setiap masalah pasti ada hikmahnya. Tinggal kita pribadi yang pandai dalam menyikapi ketentuan yang diberikan Allah SWT.

2. Q.S ALBAQOROH ayat 286

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.

Allah adalah pengatur jalannya semesta alam, yang memberikan segala keperluan sesuai porsi, yang mengasihi hambanya dengan belas kasih yang tinggi, dan memeliharanya dalam suatu kasih sayang penuh.

Baca Juga: 3 Sebab Penyesalan Santri Usai Meninggalkan Pesantren

Alangkah murahnya dzat tuhan kita sehingga tidak ada kata lalai dalam kebahagiaan hambanya. Sepatutnya kita selalu bersyukur atas cobaan-cobaan yang menimpa karena dibalik itu berarti Allah sedang peduli kepada kita, Allah memberikan ujian tidak akan melampaui kesanggupan hambanya tidak akan melewati batas kemampuan kita semua.

Sewajarnya kita harus lebih bersyukur dengan cobaan tersebut akan membawa kita dalam pola kesabaran dan ketabahan yang tinggi untuk meraih surgaNya.

3. Q.S. ALHASYR ayat 7

“Apa yang diperintahkan rosul kepadamu maka laksanakanlah, dan apa yang dilarang maka tinggalkanlah”.

Dalam hal ini bahwa selain Allah yang menakdirkan untuk semua hambanya ada utusan yang perlu kita teladani dalam menyikapi urusan dunia.

Baca Juga: 7 Langkah Agar Terhindar Rasa Kantuk Saat Sholat Tahajud

Nabi muhammad SAW adalah sebaik-baiknya hamba yang taat kepada allah sehingga beliau mengangkatnya sebagai rosul pilihan yang selalu berada dalam sisinya.

Hendaklah kita mencontoh ucapan, prilaku, dan ketentuan yang beliau tambahkan untuk menyempurnakan Islam. Agar kita senantiasa memperoleh syafaat dan pertolongannya kela dihari kiamata nanti.

Dari beberapa ayat diatas kita belajar bahwa hidup didunia adalah sebuah pilihan yang allah sempatkan untuk kita jalani.

Untuk itu selalu yakinlah bahwa semua takdir sudah diatur dan ditetapkan sebaik-baiknya. Sebagai hamba selayaknya kita senantiasa bersyukur atas apa yang allah limpahkan kepada kita.

Baca Juga: Misteri Karbala: Tradisi Syiah di Hari Asyura dan Muharram

Caranya dengan memanfaatkan hal-hal yang kita lakukan dengan baik dengan usaha yang semampunya agar kelak mendapat balasan atas apa yang kita lakukan didunia.

Dibalik cobaan, ujian, masalah tentu ada hikmahnya. Untuk itu lebih berpikir positif dan mengunggulkan nilai agama dalam memutuskan dan mendasari niat yang baik dalam melakukan sesuatu.

Jangan putus asa allah memberikan harapan yang besar dibalik kesedihan yang beliau berikan dan memberi senyum dibalik tangisan yang mendalam. Jangan pesimis dan semangat buat zaman dunia yang hanya sebentar saja.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Halo sahabat pena ! , nama saya LAIL panjangnya lailil farokhah ... asli berkelahiran dikota soto lamongan 19 mei 2002, status sebagai pelajar dirumah saja, baru dikejutkan pemerintah bahwa lulus sekolah MAN dengan mudah dan surprise seindonesia jalur korona. Dan alhamdulillah sekarang sudah menjadi mahasiswa UIN sunan ampel surabaya prodi pendidikan bahasa arab. saya suka menulis, lebih suka lagi tulisan saya disaingi oleh penulis penulis hebat dalam dunia jurnalistik ini. saya gemar berkarya, lebih giat lagi jika karya ini tak terhenti di file PC ku saja. Mohon kebijakan nya membantu impian saya agar tulisan saya dikenal sejarah. karena jika kalian bukan anak raja, maka menulislah Terimakasih Salam karya !