Corona: Si Kecil Pengguncang Dunia

Siapa sih makhluk kecil itu? virus corona. Apa sih virus corona itu? Virus corona merupakan virus yang berbahaya untuk tubuh. Virus ini berasal dari bahasa latin yaitu corona, yang berarti crown (mahkota) atau wreath (rangkaian bunga bundar).

Virus ini berukuran sangat kecil dengan bentuk seperti bola (kadang-kadang seperti pleomorfik) yang memiliki rata-rata diameter partikel virus sekitar 80 x I60 nanometer, diameter envelope sekitar 85 nanometer dan spikes sekitar 12 hingga 24 nanometer.

Virus corona mengandung positiv-sense dan singIe-stranded RNA genome. Virus ini tidak dapat dilihat secara langsung melalui mata, tetapi dapat dilihat menggunakan alat bantu berupa mikroskop.

Baca Juga: Menjaga Kebersihan Menurut Pandangan Islam, Demi Menghindari Penyebaran Virus Covid19

 

Pertanyaanya, kapan virus corona pertama kali ditemukan? Virus corona pertama kali ditemukan padatahun I930 di mana pada saat itu terjadi infeksi pernapasan akut pada ayam peliharaan dan terbukti disebabkanoleh Infectious Bronchitis Virus(lBV). Kemudian pada tahun 1940, muncul lagi dua virus corona hewan, yaitu mouse hepatitis virus (MHV) dan transmissible gas troenteritis virus (TGEV).

Sedangkan untuk virus corona manusia virus ini ditemukan pada tahun 1965 beberapa tahun kemudian virus cocrna manusia yang baru telah ditemukan yaitu:

SARS di China tahun 20032. NL63 di Netherlands tahun 20043.NL di Netherland tahun 20044. HcoV-NH di NewHaven, city tahun 20055.HKUI di Hongkong tahun 2005Kemudian pada September 2012 terdapat lagi jenis virus corona yang baru dan telah diidentifikasi secara resmi dinamai Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV).

Pada akhir tahun 2019 terdapat wabah penyakit yang menyebar begitu cepat di Wuhan provinsi Wubei China. Pada tahun 31 Desember 2019 wabah itu ditelusuri sebagai jenis virus corona baru 2019-nCOV dan kemudian berganti nama menjadi SARS-CoV 2 hingga pada akhir 11 Februari 2020 WHO aecara resmi memberi nama penyakit ini berupa COVID-19.

Baca Juga: Eksperimen Baru, Uji Coba Vaksin Protein Daun Tembakau Menangani Covid-19

 

Beberapa hewan diketahui menjadi reservoir bagi virus corona. Kelelawar merupakan natural reservoir sebagian besar virus corona pada manusia termasuk SARS-CoV dan MERS CoV. Musang juga merupakan intermediate Host, selain itu SAR-CoV 2 memiliki kemiripan genetic dengan Pangolin CoV yang berasal dari tringgiling Malayan. Penelitian apidemiologi menunjukkan sebagai besar kasus awal Covid-19 di China akibat paparan langsung dengan hewan liar dipasar Huanan hingga kemudian menjadi transmisi dari manusia ke manusia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masyarakat Indonesia harus hidup berdampingan dengan virus Corona (COVID-19). Sebab, kata Jokowi, menurut informasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO), virus Corona tidak akan hilang. "Kita memang harus berkompromi dengan COVID, bisa hidup berdampingan dengan COVID. Yang kemarin saya bilang, kita harus berdamai dengan COVID. Karena informasi terakhir dari WHO, yang saya terima, bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai, atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang. Artinya, sekali lagi, kita harus berdampingan hidup dengan COVID," kata Jokowi dalam video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/5/2020).

"Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru," kata Jokowi.

Baca Juga: Daring Garing Dan Boring

 

 

Apasih new normal itu? New normal adalah perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Himbauan dari pemerintah ini menganjurkan agar kita bisa hidup “berdampingan” dengan virus yang telah menelan ratusan ribu jiwa di seluruh dunia.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Des 12, 2020, 9:28 AM - SiPintar.com
Agt 18, 2020, 6:34 PM - LelyRisnawatiDamanik
Agt 17, 2020, 9:51 PM - Alfan Ramadhan
Penulis
Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah