Cerita Ramadhan saat Pandemi Covid-19

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di seluruh belahan dunia. Bulan ini tempat mengumpulkan sebanyak banyaknya pahala karena segala sesuatu yang dikerjakan hanya mengharap ridha Allah SWT maka pahalanya dilipatgandakan. Di bulan Ramadhan begitu banyak aktivitas yang dilakukan seperti: puasa, sahur, berbuka, tarawih, dan ngabuburit bareng teman teman.

Tapi Ramadhan tahun 2020 ini sangat berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun dulu karena kita melaksanakan semua aktivitas di tengah pendemi virus covid 19 ini. Kita berjarak yang jauh tidak bisa bertemu dan yang dekat harus berjauhan, tidak bisa berkumpul bersama keluarga di kampung karena adanya larangan mudik, tidak bisa ngabuburit bareng teman-teman dan tidak bisa tarawih di masjid karena adanya larangan beribadah di luar rumah.. Segala sesuatu dikerjakan di rumah saja baik belajar, bekerja maupun beribadah. 

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan ini, tetapi adapun orang yang tetap melaksanakan aktivitas di luar rumah seperti, para tenaga medis yang harus menjaga dan merawat pasien covid-19, para pekerja buruh atau wiraswasta dan sebagainya. 

Terutama para tenaga medis yang harus melakukannya ibadah puasa di tengah tugasnya yang sangat berat hingga bertaruh nyawa, mereka menggunakan APD yang bila dilihat pasti panas, sesak dan susah untuk buka pakainnya.

Seperti halnya dengan saya yang melaksanakan Ramadhan di rumah saja, yang biasanya saya selalu pergi ke masjid untuk shalat fardhu dan tarawih sekarang tidak lagi.  Dulunya setiap sore saya dan teman selalu ngabuburit untuk beli takjil berbuka puasa sekarang tidak lagi dan setiap tahunnya, saya selalu mudik ke kampung untuk melaksanakan lebaran Idul Fitri bersama keluarga besar saya untuk tahun ini, terpaksa tidak mudik dan memilih untuk tetap di rumah saja sampai masa pendemi covid 19 ini berakhir. Semua orang terutama umat Islam di seluruh dunia turut merasakan dampak dari adanya virus covid 19 ini.

Penulis: Dewi Saputri

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Des 12, 2020, 9:28 AM - SiPintar.com
Agt 18, 2020, 6:34 PM - LelyRisnawatiDamanik
Agt 17, 2020, 9:51 PM - Alfan Ramadhan
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah