Cara Tetap Sehat dan Menyenangkan Belajar Di rumah

Dalam situasi seperti ini, di mana setiap orang harus selalu waspada akan penyebaran virus covid 19 yang sedang melanda dunia. Dunia sedang dilanda oleh Pandemi covid 19 yang sangat membawa perubahan besar terhadap dunia, bukan hanya satu aspek, bahkan dari berbagai aspek yang ada. Pandemi Covid 19 bukan hanya melumpuhkan perekonomian diberbagai negara, bahkan juga telah menyebabkan pendidikan diberbagai negara diberhentikan dalam proses pembelajaranya, khususnya di negara Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Sistem Kurikulum Pendidikan Indonesia di Masa New Normal?

Pada hari ini Selasa, 4 Agustus 2020 dari laman https://covid19.go.id/  kasus Covid 19 telah diperoleh yang positif sebanyak 115,056 jiwa, yang meninggal sebanyak 5.388 orang. Setiap hari jumlah kasus virus Covid 19 bertambah. Berdasarkan data tersebut penyebaan virus Covid 19 terus meningkat dan sangat berpotensi tinggi terus tetap bertambah kasus Covid 19 apabila masyarakat tetap tidak memperdulikan kesehatan serta kebersihan di  sekitarnya.

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Keluarga Di Era New Normal

Masyarakat harus tetap waspada terhadap virus Covid 19, agar tidak terpapar virus tersebut. Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk tetap berada serta beraktivitas di rumah saja. Bahkan proses pembelajaran anak juga berdampak akibat virus Covid 19 ini. Dimana anak- anak dihimabu untuk tetap belajar di rumah berdasarkan surat edaran No.15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan pembelajaran di rumah. Banyak orang tua yang resah bahkan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika pemerintah menerapkan peraturan seperti itu.

Baca Juga: Belajar Efektif Melalui Guru Kreatif SD/MI Di Tengah Kondisi Pandemi

Dengan belajar di rumah pemerintah mengharapkan agar penularan virus Covid 19 dapat terhenti, sehingga tidak menimbulkan kasus Covid 19 semakin meningkat. Dengan velajar dirumah anak-anak akan tetap terjaga dan tetap sehat, dengan anak tidak datang ke sekolah mengikuti pembelajaran, anak tidak akan berinteraksi dengan banyak orang.

Jadi, kemungkinan besar anak akan tetap sehat dan terjaga dari terinfeksinya virus Covid 19 yang berbahaya ini. Apabila anak dalam kondisi Pandemi Covid 19 ini terus mengikuti pembelajaran di sekolah anak akan berpotensi besar dapat tertular bahkan menularkan virus Covid 19 kepada keluarganya dirumah. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar dirumah agar anak tetap sehat dan terjaga dari terinfeksinya virus Covid 19. Kita harus mematuhi segala peraturan yang ditetapkan pemerintah demi kesehatan kita bersama.

Di samping penerapan belajar di rumah yang dapat memutus mata rantai penyebaran Covid 19, banyak masyarakat yang mengeluhkan akan hal tersebut. Masyarakat keberatan dengan program belajar di rumah. Masyarakat kewalahan serta resah akan pendidikan anaknya. Banyak masyarakat yang tidak mengerti bagaimana cara mengajar anakanya, bahkan banyak juga masyarakat yang tidak memahami  materi pelajaran anaknya, semua itu dikarenakan selalu bekerja. Pendidikan anak diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. 

Nah, disini penulis akan memberikan tips bagaimana cara tetap sehat dan menyenangkan belajar di rumah meski dalam kondisi Pandemi virus Covid 19, yaitu:

1. Ciptakan Suasana Nyaman

Nyaman merupakan salah satu faktor utama dalam menikmati segala sesuatu menjadi menyenangkan, menciptakan suasana nyaman sangatlah mudah, dengan cara selalu perdulikan anak, memperhatikan anak, dan selalu memberikan berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh anak baik dalam belajar maupun bermain, agar anak-anak tetap menyenangkan dalam belajar dan vermain di rumah.

2. Berikan Makan yang Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting diberikan kepada anak, agar anak tetap sehat, makanan bergizi sangatlah mudah didapatkan, baik di pasar maupun di minimarket terdekat. Makanan bergizi bisa berupa protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup yang bisa diperoleh dari buah-buahan serta sayuran dan ikan telur,daging, susu serta kacang-kacangan.

Baca Juga: Deretan Vitamin Ampuh Cegah Virus Corona

3. Selalu Menjaga Kebersihan Rumah dan Bebersihan Diri

Menjaga kebersihan rumah dan kebersihan diri sudah menjadi hal yang sangat utama dilakukan dalam kegiatan sehari-hari di dalam rumah. Menjaga kebersihan rumah dengan selalu menyapu dan membersihkan perabotan rumah yang terlihat banyak debunya. Selain itu menjaga diri juga merupakan hal yang sangat utama, yaitu dengan mandi satu hari min 2 kali dalam sehari dengan menggunakan sabun dan selalu gosok gigi, dan selalu menjaga kebersihan pakaian yang digunakan.

4. Berolahraga

Dalam kegiatan di rumah harus selalu diselingi dengan berolahraga dalam kegiatan sehari-hari, minimal 1 hati berolahraga 5 menit. Dengan selalu rutin berolahraga masyarakat akan senantiasa sehat dan segar. Cukup dengan berolahraga ringan saja sudah cukup. Atau bisa berolahraga sesuai dengan kesukaan dan hobi. Seperti bersepeda, atau bermain bulutangkis atau permainan olahraga lainnya yang menyenangkan.

Baca Juga: Pencegahan Infeksi kuman & Virus

5. Sesekali Ajak Anak untuk Liburan

Mengajak anak dan keluarga berlibur dapat memberikan suasana senang sehingga ketika anak senang anak akan tetap giat dalam belajar, dan semangat belajar. Mengajak liburan keluarga bukan harus pergi jauh, bisa saja berlibur di halaman depan rumah membawa makanan dan cemilan,dan bersenda gurau. Berlibur seperti itu dapat mematuhi peraturan pemerintah yang harus selalu dirumah saja. Dengan hanya seperti itu saja sudah memberikan suasana baru bagi keluarga.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Populer
Tulisan Baru
Jul 29, 2021, 3:27 PM - Ruang Sekolah
Jul 28, 2021, 9:18 PM - Ine Inayah
Jul 27, 2021, 1:04 AM - Imroatul Khofifah
Jul 25, 2021, 10:12 PM - Ine Inayah