Cara Optimasi SEO di Website atau Blog Lengkap

SEO atau dikenal dengan Search Engine Optimization memiliki kedudukan yang sangat penting dalam dunia blogger atau website. Ia menjadi nomor satu dalam mengoptimasi artikel website atau blogger di mata Google. Oleh karena itu, saya akan memberikan panduan cara optimasi SEO di website atau blog untuk kalian.

Pertanyaan mendesar, kenapa SEO ini sangat penting? Karena, blog atau web dapat dikatakan hidup saat robot Google meng-craw sebuah tulisan melalui keyword akan tampil dan memberikan solusi setiap permasalahan orang. Seseorang yang sedang dalam permasalahan, ia akan mencari solusi melalui jalan alternatif Google. Maka, banyak para blogger berlomba-lomba memberikan solusi permasalahan orang dengan cara mengoptimasi SEO dalam tulisannya agar tampil diperingkat pertama.

Baca Juga: Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Manfaat yang lain, jika kalian pengguna jasa iklan. Maka, nilai CPC organik dari google sangat tinggi ketimbang dengan mesin pencarian dari media sosial. Maka, cara mengoptimasi SEO dalam blog atau website adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan penghasilan dari dunia internet.

Selain itu, bagi kalian seorang pembisnis, jurus pengoptimasian SEO ini sangat tepat untuk meningkatkan pengunjung dalam dunia marketing. Seseorang yang membutuhkan sesuatu secara instan, dia akan mencari tahu dan memesan barang secara online. Oleh karenanya, SEO ini adalah langkah yang paling tepat untuk kalian mendapatkan omset dari tokoh online yang sudah digarap.

Ada dua teknik SEO dalam algoritma google, yaitu: pertama: SEO On Page dan SEO of Page. Dua itilah tersebut sama, hanya dalam mengoptimasikan yang berbeda. Namun, keduanya dapat membantu artikel yang kita tulis tampil di halaman pertama di Google.

Alternatif lain kalian bisa menghubungi Banjar Smart Digital dalam mengatasi SEO untuk tampil di mesin pencari Google.

Baca Juga: 10 Menit Peletakan Keyword SEO Membidik Pembaca Meningkatkan Trafflic Blog On Page

A. Cara Optimasi SEO On Pege

SEO on page adalah optimasi SEO pada artikel yang akan diterbitkan. Artinya, SEO on page ini adalah optimasi pada konten yang akan kita publis nanti di google. Adapun beberapa cara mengotimasikan SEO on page ini sebagai berikut.

1. Gunakan Permalink Sederhana

Permaling sederhana adalah satu indikator SEO tahun 2019. Url link ini yang akan mempermudah google mengenali topik yang akan kita bahas. Maka dari itu, gunakan link yang pendek tapi tetap mengandung focus keyword yang telah kita bidik.

Contoh:

Contoh salah: https://ruangsekolah.net/cara-optimasi-seo-di-website-atau-blog-lengkap

Contoh benar: https://ruangsekolah.net/cara-optimasi-seo

Pada link di atas, focus keyword yang saya targetkan adalah Cara Optimasi SEO. Focos keyword inilah yang diharuskan ada di url postingan untuk mempermudah Google meng-craw topik tulisan artikel kita.

2. Membuat Judul dan Konten yang Menarik

Judul dan konten adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Judul yang menarik akan mengundang orang untuk membaca konten kita. Konten yang menarik akan menampilkan judul yang menarik. Salah satu saja tidak berbarengan, maka judul atau konten itu akan membuat seseorang bosan untuk membacanya.

Meskipun judul dan konten menarik tanpa meletakkan focus keyword di dalamnya. Maka, tulisan kita akan tenggelam di mesin pencarian google. Oleh karena itu, judul dan konten kita seharusnya terdapat focus keyword untuk mempermudah robot Google mencari artikel yang dibutuhkan.

3. SEO pada Deskripsi Tulisan

Setiap blog atau website memiliki deskripsi tulisan yang mempemudah seseorang memahami rangkuman tulisannya. Namun, deskripsi tulisan ini hanya tampil saat mesin pencarian google saja. Focus keyword yang ada di deskripsi, akan mempermudah google untuk menemukan konten yang dibutuhkan.

SEO pada Deskripsi Tulisan

Adapun maksimal kata yang terdapat pada deskripsi tulisan tidak terlalu banyak. Maksimal, 50 kata jika menggunakan plugin Yoast SEO. Deskripsi inilah yang membantu tulisan kita memanjat di peringkat pertama di mesin pencarian Google.

4. Optimasi SEO Gambar

Gambar ini sebagai pendukung agar pengunjung kita betah. Gambar ini juga berfungsi untuk memberikan solusi panduan untuk mempermudah pengunjung mempelajari materi yang telah kita sampaikan. Namun, di balik itu semua seseorang akan mencari gambar di mesin pencarian Google, dan itu akan mempermudah gambar web atau blog kita tampil di dalamnya.

Optimasi SEO Gambar

Namun, gambar di sini kapitas ukuran jangan terlalu besar. Hal itu menyebabkan loading web atau blog kita lambat. Tentunya, akan mengurangi optimasi SEO pada website atau blog. Oleh karenanya, ukuran gambar tidak lebih 100kb.

Setelah itu, pada alt text gambar ditulis focus keyword yang kita tergetkan. Misalnya, Cara Optimasi SEO Juga, bisa menggunakan keyword turunan/LSI, seperti Cara Membuat Konten SEO.

5. Menggunakan Heading dan Subheading

Baik di blog atau web, heading dan subheading ini berfungsi untuk memecah tulisan menjadi beberapa bagian. Bisa juga, mempermudah pengunjung blog untuk mencari solusi topik yang dibutuhkan.

Heading dan Subheading

Di mata google, heading dan subheading membantu mesin pencari menemukan konten Anda. Dengan adanya heading, mempermudah search engine bot melakukan crawling konten Anda untuk menemukan di mesin pencarian dan melihat sebagai pokok pembahasan. Maka, focus keyword diletakkan pada heading dan subheading pada artikel yang akan diterbitkan.

6. Focus Keyword di 100 Kata Pertama

Selain meletakkan di judul dan permalink. Di paragraf pertama artikel juga harus ada focus keyword. Pada 100 kata pertama inilah yang membantu google menemukan topik yang sedang dicari. Menurut Yoats SEO, focus keyword di paragraf pertama sangat penting dalam mengoptimasikan SEO.

Focus Keyword di 100 Kata Pertama

Namun, tidak semuanya focus keyword di letakkan di paragraf pertama. Jika sekiranya merusak pada susunan redaksi bahasa, maka jangan dipaksakan. Hal itu dapat merusak dan menjelekkan tulisan pada pengunjung blog atau web.

7. Gunakan Outbound Link

Jika kalian membuat konten, setidaknya ada satu link yang mengarah ke website orang lain. Namun, link di sini bukan asal-asalan, melainkan yang memiliki Domain Authori dan Page Authori yang tinggi.

Outbound Link

Adapaun manfaatnya untuk mengangkat website kita di mata Google. Google akan menganggap konten yang kita tulis memiki kredibel yang baik dan rujukan yang terpercaya.

8. Maksimalkan Internal Link

Selain memanfaatkan Outbound Link yang mengarah ke website orang lain. Maka, internal link juga bermanfaat untuk memberikan keterhubungan antara topik satu dengan topik yang lainnya. Sementara, Google mengutamakan website yang memiliki konten yang saling berhubungan satu sama lainnya. Selain itu, mempermudah pembaca berpindah antara topik ke topik lainnya.

Internal Link

9. Perhatikan Panjang Konten

Panjang tulisan artikel menjadi indikator cara optimasi SEO. Google akan mudah meng-craw tulisan yang panjang daripada tulisan yang pendek. Juga, Google akan menganggap tulisan yang panjang memberikan solusi yang lengkap atas kebutuhan orang di mesin pencarian. Namun, kita juga harus mengetahui jumlah kata yang akan diletakkan focus keyword nantinya. Jika terlalu banyak, focus keyword, google akan menganggapnya spam.

10. SEO pada Tag

Tag atau label ini bermanfaat kepada goole untuk mempermudah mencari tulisan kita. Maka, bisa menggunakan focus keyword atau keyword turunan pada setiap tag tulisan yang akan diterbitkan.

SEO pada Tag

Setelah mengetahui mengoptimasikan SEO on page. Maka, perlu cara mengoptimasikan SEO of page. Meskipun keduanya saling berhubungan, tapi memiliki tugas yang berbeda, yaitu:

B. Cara Optimasi SEO of Pege

SEO of page ini adalah optimasi SEO di luar website. Artinya, kita mendapatkan pengunjung blog atau website kita melalui media sosial, seperti facebook, fanspage, telegram, twiter, dan sebagainya, bukan optimasi organik di mesin pencarian Google. Adapun tujuan dari SEO of page di sini sebagai pendukung SEO on Page untuk menduduki peringkat paling atas di mesin pencarian google.

Penutup

Setelah kita mengetahui teknik SEO di atas, baik SEO on page atau SEO of page dapat dioptimalkan sebaik mungkin. Sebab, keduanya memiliki kesinambungan antara satu dan lainnya untuk menduduki peringat pertama mesin pencarian Google. Oleh karena itu, cara optimasi SEO pada website atau blog ini dapat membantu seseorang untuk belajar dunia SEO dengan mudah difahami.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah