Cara Menulis Berita untuk Pemula, yang Wajib Kamu Tahu!

Akhir ini media online sangat banyak, terutama media yang menyajikan situs berita. Maka, saya akan membawakan materi cara menulis berita untuk pemula. Sebab, saya membaca beberapa situs website berita yang ragional masih pada tingkat bawah. Artinya, perlu pembenahan dan bimbingan khusus agar berita yang disajikan akurat dan professional.

Baca juga: Cara Mengatasi Kendala Menulis Puisi untuk Pemula, Wajib Kamu Tahu!

Pada dasarnya berita menyajikan fakta melalui analisis data. Data di sini dapat diperoleh melalui wawancara pada responden, terjun lapangan atau mengutip dari media sosial. Namun, data yang diapatkan harus akurat, sesuai dengan fakta di lapangan, bukan karang fiktif belaka yang dapat menimbulkan kontroversi dan perpecahaan. Oleh karena itu, materi cara menulis berita untuk pemula ini bermanfaat untuk para calon reporter yang ingin mendalami dunia pemberitaan.

Cara Menulis Berita yang baik dan benar

Namun sebelum melangkah lebih jauh, yang perlu kita perhatikan pada situs berita besar seperti Republika.com, Detik.com, Tribun.com, viva.co.id, dan lainnya adalah pada prinsip menulis berita. Adapun prinsip-prinsip dasar menulis berita di antaranya:

1. Kejujuran

Seorang reporter media dituntut untuk jujur dalam menyampaikan isi berita harus akurat dan terpercaya. Wartawan tidak boleh menyajikan berita yang fiktif atau hoax. Penyampaian kejujuran dalam menulis berita ini meliputi fakta-fakta yang benar terjadi, bukan dikarang atau dimanipulasikan.

2. Kecermatan

Berita yang disajikan harus benar-benar seperti kenyataannya dan ditulis dengan tepat. Seluruh pernyataan tentang fakta maupun opini yang kalian dapat dari lapangan, responden, atau mengutip media yang lainnya harus disebutkan sumbernya. Dalam artian, jika berita tersebut mengutip berita media lain harus tercantumkan sumbernya dengan cara “dilansir” atau “dikutip”.

3. Kelengkapan dan Keringkasan Menulis Berita

Cara menulis berita untuk pemula yang lengkap adalah berita yang memuat jawaban atas pertanyaan who, what, why, when, where, dan how. Dalam artian, pembaca berita tidak merasa kebingungan saat melihat suatu berita yang tersebut.

a) Keringkasan

Penulis berita berbeda dengan penulis pada umumnya. Ia menyajikan sebuah berita secara ringkas dan memuat informasi penting secara tepat dan sempurna.

Inspirasi cara menulis berita

Setelah mengetahui cara menulis berita untuk pemula ditinjau dari sudut prinsip penulis. Maka, tak kalah penting adalah mengenai struktur berita dan induk berita, di antaranya:

a) Judul berita hal yang sangat urgent untuk mengantarkan pembaca masuk ke dalam penyampaian berita dan terhanyut di dalamnya, seperti air mengalir. Ia digunakan untuk merangkum isi pokok berita kepada pembaca. Oleh karena itu, cara menulis berita hendaknya memerhatikan judul berita, dengan judul pembaca akan dibuat penasaran dan terus membacanya. Namun, judul berita harus mengikuti kaidah kepenulisan.

b) Judul berita memiliki banyak fungsi. Fungsi di sini yang sudah tertera dalam konsup jurnalistik. Adapun fuksinya, di antaranya: menarik minat pembaca, merangkum isi berita, mendeskripsikan “suasana berita”, dan menserasikan perwajahan surat kabar.

c) Judul berita sebaiknya sesuai dengan teras berita. Artinya, tidak ada pertentangan antara keduanya. Judul juga memakai kalimat positif serta diusahakan senetral mungkin.

d) Di implementasikan dalam menulis judul berita. Selain itu juga, judul berita dibuat dengan menggunakan kata-kata sederhana dan sejelas mungkin, bukan hoax antara judul dan isinya tidak sama.

Ada dua teknik cara menulis berita untuk pemula secara umum, yaitu menulis teras berita dan tubuh berita. Pertama, teknik teras berita, yaitu: teknik ini salah satu langkah pertama seorang reporter media untuk menarik minat pembaca sehingga ia akan terus tertarik membaca sampai selesai berita.

Cara menulis berita

Kedua, teknik menulis tubuh berita, yaitu Tubuh berita (news body) merupakan tempat di mana berita terletak. Dalam cara menulis berita di tubuh berita, pembaca dapat mengetahui berita yang sebenarnya, dalam artian bukan rangkuman.

Tubuh berita menyimpan informasi penting. Hendaknya ditulis semenarik dan seenak mungkin, sehingga mampu membuat pembaca terus membaca berita dan menimbulkan energi positif pada pembaca untuk menerima sebuah informasi.

Penerapan Cara Menulis Berita untuk Pemula

Meliputi mendapatkan fakta-fakta secara lengkap di lapangan, maka pekerjaan berikut adalah menuangkannya ke dalam tulisan yang sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik yang baik.

Pada bagian cara menulis berita untuk pemula, Anda telah mempelajari apa yang harus dipertimbangkan dan dianalisis dalam cara menulis berita yang baik dan benar, yaitu: melaporkan secara menyeluruh, menuliskan dengan sistematis dan struktural, gunakan tata bahasa dan penulisan yang benar dan tepat, hemat, serta menghadirkan intensitas dan warna.

Baca juga: Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Penulis Pemula

Tiga hal yang disebutkan dapat terpenuhi manakala Anda menerapkan prinsip-prinsip bahasa jurnalistik. Terakhir, sebelum Anda menerbitkan tulisan di media atau surat kabar, terlebih dahulu untuk mempertimbangkan akan ketentuan hukum yang berkaitan dengan dunia pers serta kode etik yang menjadikan Anda seorang wartawan yang bijaksana.

1. Analisis Tulisan

Yaitu mengamati dan menganalisis contoh tulisan jadi yang disiarkan media massa, Anda dapat merasakan betapa sebenarnya tidak mudah untuk membuat tulisan yang baik. Kekurangan informasi atau data yang digali dari lapangan, menyebabkan tidak jelasnya laporan yang ditulis. Informasi lengkap pun belum tentu dengan sendirinya menjamin laporan yang dibuat akan baik dan benar.

2. Informasi: News/Views

  • Informasi yaitu sebagai pesan, ide, laporan, keterangan, atau pemikiran. Di dunia jurnalistik, informasi dimaksud adalah news (berita) dan views (opini).
  • Berita adalah laporan peristiwa yang bernilai memiliki nilai berita (news values) dan jurnalistik seperti: faktual,aktual, penting, dan menarik. Berita disebut juga “informasi terbaru”. Jenis-jenis berita seperti: berita langsung (straight news), berita opini (opinion news), berita investigasi (investigative news), dan lain sebagainya.
  • Views adalah pandangan atau pendapat yang mengenai suatu masalah atau peristiwa. Jenis informasi ini sepert:  kolom, artikel, tajukrencana, surat pembaca, pojok, karikatur, dan esai.
  • Tulisan yang tidak termasuk berita dikatakan feature, opini, yang diistilahkan sebagai kombinasi antara news dan views. Adapun jenis feature yang paling populer atau tren dalam media adalah feature tips (how to do it feature), feature biografi, feature catatan perjalanan/petualangan, dan feature human interest.

3. Penyusunan Informasi

Informasi yang disajikan dalam sebuah media online atau offline tentu harus dibuat atau disusun terlebih dahulu. Adapun petugas yang bertanggungjawab dalam hal ini, yaitu redaksi (Editorial Department), wartawan, Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Redaktur Desk, Reporter, Fotografer, Koresponden, hingga Kontributor.

4. Media Massa

Media Massa (Massa Media) adalah sarana dan media komunikasi massa (channel of mass communication). Komunikasi massa sendiri artinya proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (publik) secara serentak dan tepat sasaran. Artinya, sesuai dengan pembacanya.

Adapun ciri-ciri media massa, yaitu berisi hal-hal baru (aktualitas), disebarluaskan pada khalayak luas, seperti masyarakat umum (publisitas), pesan atau isinya bersifat umum (universalitas), tetap atau berkala (periodisitas), dan berkesinambungan (kontinuitas).

Kesimpulan Materi Cara Menulis Berita untuk Pemula

Seorang reporter berita harus mampu menulis berita secara tepat, fakta, dan professional. Sebab, data yang disajikan dan akan dibaca jutaan banyak orang harus sesuai dengan lapangan, bukan hoax atau manipulasi. Maka dari itu, materi cara menulis berita untuk pemula ini menjadi alternatif dan pelajaran bagi calon reporter media berita online atau offline.

Referensi: Moh. Zuhdi, M.I.Kom dalam Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar LPM Activita

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah