Cara mengatasi Ponsel Lemot hanya dengan 2 menit

Di Zaman modern seperti saat ini, ponsel android adalah salah satu kebutuhan untuk semua orang. Baik anak sekolah, kuliah, pekerja, orang tua dan semua jenis lapisan masyarakat Indonesia hampir semua mengenal dan menggunakan ponsel android.

Berangkat dari fenomenal di atas, banyak pengguna android menjadi galau Cuma karena ponsel mereka menjadi lelet.

Kamu juga pernah merasakan hal yang sama atau masih mencari cara bagaimana cara mengatasi ponsel android yang mendadak lemot?

Kamu berada di website yang tepat, karena kita di sini akan memberikan tips singkat tapi manjur tentang cara mengatasi ponsel android kamu yang lemot.

Baca juga: Cara Mengurangi Kecanduan Game Online Anak Berdampak pada Nilai Turun Secara Drastis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui penyebab ponsel android yang tiba-tiba lemot agar bisa mencari solusi yang tepat.

Beberapa hal berikut menjadi penyebab utama android menjadi lelet:

  • Terlalu banyak install Aplikasi
  • Banyak menyimpan photo dan Video
  • Penumpukan chace aplikasi
  • Banyak Aplikasi yang sudah usang
  • Tidak memakai Memori Tambahan

Dari beberapa penyebab ponsel lemot di atas, kita langsung bisa mengetahui cara mengatasinya. Langsung saja kita bahas satu persatu agar ponsel kamu langsung bisa bekerja normal kembali.

1. Hapus sebagian aplikasi yang jarang di gunakan

Ponsel yang banyak terinstal aplikasi akan memakan ruang penyimpanan ponsel. Jangankan android yang sudah lama dipakai, yang baru dibeli saja sangat banyak terinstall aplikasi. Kadang aplikasi tersebut tidak kita gunakan.

Untuk aplikasi bawaan ponsel, kamu tidak akan bisa menghapusnya kecuali kamu melakukan rooting pada ponsel android kamu. Jika tidak mau melakukan root, masih bisa kamu akali dengan menonaktifkan saja aplikasi tersebut.

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal pergi ke menu settingan ponsel kemudian gulir ke bawah dan cari aplikasi. Setelah itu, kamu cari aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan. Klik aplikasi yang mau di nonaktifkan, kemudian kamu hapus data dan chacenya terlebih dahulu. Setelah itu kamu langsung tekan nonaktif. Selesai, kamu sudah berhasil melakukan trik yang pertama.

Langsung lanjut ke langkah berikutnya....

2. Hapus photo dan Video yang Menghabiskan memory ponsel

Penggunaan android saat ini sangat beraneka ragam fungsinya. Bukan saja sebagai alat komunikasi, ponsel android juga di gunakan untuk mengabadikan momentum yang berharga.

Hasil dari jepretan android tadi dapat berupa photo dan video yang berukuran lumayan besar. Apalagi jika kamu menyimpannya dalam jumlah yang banyak. Tentu hal ini akan banyak menghabiskan ruang penyimpanan ponsel.

Untuk mengatasi ponsel yang lamban, salah satu cara yang paling tepat adalah menghapus file tersebut.

Tapi...... kan sayang, itu adalah photo kenangan yang ingin kami selalu lihat.

Jika itu adalah video dan foto kesayangan kamu, sebaiknya kamu save saja di media sosial. Tapi ini akan dilihat banyak orang. Jika kamu menginginkan di simpan secara pribadi, kamu dapat memanfaatkan google drive untuk menyimpan photo dan video kamu.

Setelah selesai kamu unggah di google drive atau media sosial, baru kamu hapus semua photo kamu tadi untuk membantu meringankan beban ponsel kesayangan kamu.

Mimin yakin kami sudah terbiasa melakukan ini, jadi tidak perlu di buatkan tutorialnya secara panjang lebar. Biar masalah ponsel kamu yang lemot cepat selesai, kita langsung saja ke pembahasan berikutnya.

3. Hapus Chace dan Data Aplikasi

Chace aplikasi yang ada di android sebenarnya sangat kecil. Tapi jika di biarkan dalam waktu lama akan menjadi besar dan membuat android menjadi cepat panas dan bahkan menjadi lemot.

Untuk mengurangi resiko HP menjadi lamban, sebaiknya dihapus secara rutin. Misalnya satu minggu sekali. Caranya cukup mudah.

Kamu tinggal masuk menu pengaturan ponsel kemudian pilih aplikasi. Cari aplikasi yang mau kamu hapus chace dan datanya. Lakukan satu persatu pada setiap aplikasi.

Jika tidak mau repot, kamu bisa menghapus chace secara otomatis memakai aplikasi. Aplikasinya banyak tersedia di Playstore. Pilih yang cocok buat kamu. Gunakan aplikasi yang Pro, walau harus mengeluarkan biaya, tapi akan lebih maksimal. Daripada menggunakan versi free, banyak iklannya dan malah membuat ponsel kamu tambah lelet.

4. Aplikasi jarang di Update

Coba cek di playstore, berapa banyak aplikasi kamu yang minta update. Jika di biarkan, dapat menyebabkan Hp kamu panas karena banyak bug dan kurang update.

Setiap aplikasi android, perlu di perbaharui untuk mendapatkan aplikasi terupdate. Pengembang atau pemilik aplikasi akan selalu memperbaiki aplikasi yang mereka terbitkan, jika aplikasi kamu tidak pernah di update, sudah dapat di pastikan aplikasinya sudah mulai usang.

Update aplikasi secara rutin. Selalu cek versi terbaru di playstore ataupun Appstore.

5. Tidak Memakai Memori Tambahan

Sebagian besar ponsel android smenyediakan Slot memory eksternal untuk tempat penyimpanan tambahan. Baik aplikasi atau file lainnya.

Gunakan memory tambahan untuk melegakan kapasitas penyimpanan ponsel kamu. Simpan semua file photo dan video di memory dan sebagian aplikasi yang kamu pakai agar ponsel dapat bekerja dengan maksimal.

Semakin besar ruang kosong di penyimpanan memory hp kamu, semakin baik kinerja ponsel. Slot memory tambahan sangat membantu dalam hal ini.

Bagaimana ?


Setelah menerapkan 4 langkah diatas, apa ada perubahan kecepatan loading ponsel kamu ?


Ceritakan di kolom komentar pengalaman kamu tentang cara mengatasi ponsel android yang lemot. Semoga bermaanfaat.... 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Okt 19, 2020, 9:51 PM - Saiful Bahri
Agt 18, 2020, 6:34 PM - LelyRisnawatiDamanik
Agt 17, 2020, 9:51 PM - Alfan Ramadhan
Agt 13, 2020, 7:13 PM - Ade Aminah Afandi
Agt 10, 2020, 7:22 AM - Rahma Tania Mawaddah Lbs
Tulisan Populer
Jun 13, 2020, 5:39 AM - Pohon Jalang
Mei 17, 2020, 4:50 PM - Renalia Rhomadani
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan