Cara Cepat Menghafal Al Quran Selama 2 Bulan

Ikuti cara cepat menghafal Al Quran selama 2 bulan dengan per halaman secara pelan perlahan serta tidak terburu-buru.

Materi cara cepat menghafal Al Quran selama 2 bulan ini dapat membantu hafidz dan hafidzah dalam mengingat per ayat.

Sebab, menghafal Al Quran di masa modern ini sangat penting untuk dilakukan agar Al Quran tetap langgeng sampai akhir ayat.

Selain, penghafal Al Quran dapat memberikan syafaat bagi orang lain di akhir kiamat nanti untuk masuk ke surga.

Baca Juga: Etika Santri Terhadap Guru Menurut KH. Hasyim Asy'ari

Cara Cepat Menghafal Al Quran Selama 2 Bulan

Siapa sih yang tidak ingin memberi mahkota orang tua disurga? Tentunya sebagai anak shalihah salah satu cita-citanya adalah membahagiakan orang tua di dunia dan akhirat.

Untuk caranya tidak harus sukses di dunia, namun kelak di akhirat bisa membanggakan kedua orang tua kita dalam surganya Allah SWT.

Menghafal alquran menjadi pilihan banyak orang untuk menghiasi nilai keislaman dan memperdalam ajaran agama.

Baca Juga: 3 Sebab Penyesalan Santri Usai Meninggalkan Pesantren

Banyak dijumpai keluhan saat berproses, namun tentu semua ada solusinya. Mari simak langkah-langkahnya.

1. Menghafal tidak harus menghafal

Allah memberikan anugrah kemampuan menghafal pada manusia itu memanglah berbeda, tentunya target yang dimliki masing-masing pribadi jelas berbeda.

Namun jangan terburu-buru, tanpa tersadar dengan memahami isi ayat membuat kita lebih terampil dalam menghafal ayat alquran.

Baca Juga: 7 Langkah Agar Terhindar Rasa Kantuk Saat Sholat Tahajud

2. Bukan untuk diburu, bukan untuk ditunda

Kalau kita sudah menetapkan durasi, maka jangan terburu -  buru untuk pindah ayat dari satu sampai kedua.

Apabila ayat pertama belum benar – benar hafal maka jangan pindah ayat dahulu sebeelum memang benar – benar hafal.

Target tidak sepenuhnya dijadikan acuan, namun imbangkan dengan kemampuan dan pastikan ayat tersebut sudah melekat dalam ingatan.

Baca Juga: Misteri Karbala: Tradisi Syiah di Hari Asyura dan Muharram

3. Menghafal bukan untuk khatam, tetapi untuk setia pada al- quran

Kita menghafal Al – Quran harus disertai dengan ekstra sabar serta telaten. Karena menghafal Al – Quran bukan tujuan untuk khatam tetapi untuk melatih seberapa kuat kita bertahan serta istiqomah setia kepada al – quran.

Makanya, murojaah lebih sulit daripada menghafalkan. Disitulah sebuah kesetiaan kita menjaga ayat dalam pikiran banyak mengalami rintangan kelupaan memori.

4. Senang dirindukan Ayat

Jumlah ayat alquran memang tidak sebanyak rumus matematika atau akuntansi, namun ada beberapa ayat yang sulit untuk dihafal atau dicerna ketika proses penghafalan.

Baca Juga: Rahasia Keutamaan Wudhu Selain Syarat Wajib Sholat

Nah itulah yang disebut dirindukan ayat. Artinya ayat tersebut kian ingin selalu kita baca dan diulang-ulang supaya senantiasa ada dalam ingatan.

5. Menghafal Sesuap – Sesuap

Menghafal Al – Quran itu bagaikan kita makan secara lahap dan secara bersuap – suap. Karena kita menghafal al – quran juga harus di ulang terus seperti menyuap makanan.

Namun, jangan lupa untuk selalu ditambah ayat lain dan senantiasa mengingat ayat sebelumnya.

6. Fokus Pada Perbedaan, Baikan Persamaan

Contoh pada sebuah ayat yang berbunyi, “Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukadziban”. Jika kita hafal satu ayat ini saja, maka sebenarnya kita sudah menghafal 31 ayat dari 78 ayat yang ada disurah arrahman. Sudah hampir separuh surah kita hafal.

Baca Juga: Kisah Al-Qomah, Derita Sakaratul Maut Atas Durhaka pada Ibunya

Maka ayat ini dihafal satu kali saja, fokuslah pada ayat sesudahnya dan sebelumnya yang merangkai ayat tersebut.

7. Jangan Banyak Maksiat

Jika niat kita sudah lurus memelihara ayat alquran, pantaslah kita mengendalikan diri dari pikiran kotor yang akan memperlambat masuknya ayat suci yang masuk dalam otak.

Ayat alquran merupaka firman allah yang suci, jika selalu kita nodai dengan hal-hal yang buruk, pemahaman dan hafalan akan sulit masuk dalam pikiran dan menghambat jalannya proses mengahafal.

Menghafal alquran adalah sebuah cita-cita yang luhur. Untuk itu usaha yang digunakan sangat beda daripada ketika hendak meraih cita-cita.

Baca Juga: Derajat Memaafkan Orang Lain, Allah Hadiahi Ini

Patutlah kita lebih berhati-hati dalam menjaga sikap dan keistiqomahan menjaga ayat suci alquran yang sudah kita hafalkan.

Selain itu, iringi dengan selalu berbuat baik dan beramal sholeh dengan melakukan hal semampu kita untuk menunjang pencegahan terhadap melakukan hal-hal buruk.

Itulah cara cepat menghafal Al Quran selama 2 bulan dengan per halaman dapat kamu praktekkan dalam setiap hari.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Halo sahabat pena ! , nama saya LAIL panjangnya lailil farokhah ... asli berkelahiran dikota soto lamongan 19 mei 2002, status sebagai pelajar dirumah saja, baru dikejutkan pemerintah bahwa lulus sekolah MAN dengan mudah dan surprise seindonesia jalur korona. Dan alhamdulillah sekarang sudah menjadi mahasiswa UIN sunan ampel surabaya prodi pendidikan bahasa arab. saya suka menulis, lebih suka lagi tulisan saya disaingi oleh penulis penulis hebat dalam dunia jurnalistik ini. saya gemar berkarya, lebih giat lagi jika karya ini tak terhenti di file PC ku saja. Mohon kebijakan nya membantu impian saya agar tulisan saya dikenal sejarah. karena jika kalian bukan anak raja, maka menulislah Terimakasih Salam karya !