Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Dunia semakin maju dengan teknologi yang dikembangkan para ilmuan-ilmuan di luar sana, produk-produk baru pun bermunculan, saling memperkenalkan hasil temuan mereka masing-masing pada masyarakat sedunia. Namun bahasa yang digunakan tidak lain adalah bahasa internasional, bahasa yang tidak asing lagi di telinga kita, yaitu bahasa Inggris, sudah sampai manakah pengetahuan kita tentang bahasa itu. Berikut penulis kupas tuntas tentang Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris, berhubung penulis fokus pada bidang penididkan bahasa Inggris, maka penulis merasa memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ilmu dalam bidang ini barang sedikit. Selamat membaca.

1. Pengertian Bahasa Inggris

Sebelum saya membahas secara detail cara belajar bahasa inggris dengan cepat. Di sini perlu kiranya saya membahas tentang pengertian bahasa Inggris. Menurut KBBI bahasa Inggris adalah nama bahasa yang digunakan oleh bangsa Inggris. Jadi penduduk negara Inggris menggunakan bahasa ini untuk digunakan sehari-hari.

Nah, apa perbedaanya dengan bangsa Amerika. Apakah mereka menggunakan bahasa yang sama. Jelas jawabannya “iya”, dua negara ini menggunakan bahasa yang sama. Yang membedakanya hanyalah pengucapan atau suara yang diproduksi oleh rungga mulut dari dua negara itu dari bahasa tersebut. Jika di negara Inggris kita mengetahui mereka memiliki british accent (Logat britis). Suara yang dikeluarkan oleh rongga mulut dari british accent (Logat) ini sedikit ngebas dan huruf “R” sama sekali tidak berbunyi atau jarang ditemukan di negara Inggris tersebut.

Sedangkan pada negara amerika, accent atau logat yang di miliki mereka, tetap kita namai dengan Americant Accent (logat amerika). Kalau di negara Amerika mereka menyebutkan huruf “R” sedikit lebih jelas dari pada di Inggris dan bahasa yang dikeluarkan oleh rongga mulut sedikit ringan dan tidak ngebas ketika disebutkan. Jika indonesia bisa mengucapkan huruf “R” dengan kemampuan 100%, maka orang Amerika hanya dapat 50%, setengah dari kemampuan yang di miliki indonesia. Beda lagi dengan negara Spanyol yang melebihi Indonesia. Mereka bisa melafalkan huruf “R” dengan tinggat pelafalan 120%. Pembaca bisa mendengarkan secara seksama di beberapa audio yang tersebar di dunia maya. Dan silahkan bedakan sendiri dan rasakan perbedaannya. Pasti beda, kalau belum jelas, dengarkan berulang-ulang. Hingga terbiasa dengan suara tersebut dan merasakan perbedaannya.

Bahasa Inggris telah tersebar ke penjuru dunia dan telah dinobatkan menjadi bahasa internasional. Tidak heran jika seluruh area, di dunia maya maupun dunia nyata. Elektronik atau di area sosial. Pasti menggunakan bahasa Inggris. Bahkan bisa dijadikan ajang kompetisi pada sekolah-sekolah seperti speech contest,  role play (drama bahasa Inggris) dan lain- lain. Anak muda jaman sekarang juga berlomba-lomba menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi agar terlihat lebih keren, bahakan mengubah style nya mengikuti style yang ada di negara Inggris seperti idola yang mereka kagumi. Semakin dunia berkembang maka semakin pesat penggunaan bahasa Inggris. Sekarang kita masuk ke asal usul bahasa Inggris.

Cara belajar bahasa inggris dengan otodidak

2. Sejarah bahasa Inggris

Menurut WIKIPEDIA, sejarah bahasa Inggris dimulai dari lahirnya bahasa ini di pulau Britania kurang lebih 1500 tahun yang lalu. Bahasa Inggris berasal dari sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke pulau britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah yang sekarang di sebut Belanda dan Jerman.

Pada awalnya sejarah bahasa Inggris kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya berdominasi. Lalu bahasa Inggris kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang invasi.

Gelomabng invasi pertama adalah invasi para penutur bahasa dari cabang Skandinavia keluarga bahasa Jerman. Mereka menaklukan dan menghuni beberapa bagian Britania pada abad ke-8 dan ke-9. Lalu gelombang invasi kedua ini ialah suku Nurman pada abat ke-11 yang bertuturkan sebuah dialek Prancis. Kedua invasi ini mengakibatkan bahasa Inggris “bercampur” sampai kata tertentu (meskipun tidak bercampur secara harfiah). Hidup bersama dengan anggota suku bangsa Skandinivia tata bahasa dan pengkayaan inti Anglo-Inggris dan bahasa Inggris terus mengalami perubahan dari zaman ke zaman.

Kesimpulan dari penjelasan di atas, bahwa bahasa Inggris banyak di pengaruhi oleh negara-negara lain pada jamannya yang berimigrasi dari negara awal ke negara asli Inggris yaitu Britania. Setelah lama tinggal di sana masyarakat mulai menggunakan bahasa-bahasa yang telah berbaur dengan bahasa asli dari Inggris tersebut. Bahasa Inggris di pengaruhi oleh dialeg bahsa dari jerman dan prancis yang bercampur dengan bahasa Inggris asli. Hingga membentuklah bahasa Inggris yang biasa kita gunakan sampai sekarang. Itulah gambaran singkat dari sejarah bahasa Inggris.  Selanjutnya penulis akan menjelaskan tentang cara cepat belajar bahasa Inggris.

Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

3.  Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Setelah kita mengetahui arti dan sejarah bahasa Inggris seomoga membuat kita makin semangat untuk belajar bahasa Inggris ya, di sini penulis akan membeberkan rahasia penulis belajar bahasa Inggris selama 8 lahun berkecimpung di bidang ini. Mari kita sama-sama belajar, tidak ada kata terlambat untuk memahami sesuatu. Di bawah adalah langkah awal yang penulis lakukan untuk memahami bahasa Inggris

a.  Memahami Struktur Bahasa Inggris

Pada susunan kata bahasa Inggris atau bahasa manapun pasti kita memerlukan pemahaman di struktur bahasanya bukan?. nah begitupun dalam mempelajari bahasa Inggris, kita harus memahami struktur bahasa ini juga. Kalian pasti sudah tau tentang “tenses”.  Jumlah tenses pada bahasa Inggris kalian sudah tidak asing lagi kan. Tepat sekali, jumlah tenses dalam bahasa Inggris ada 16. Apakah untuk mahir berbahasa Inggris dengan cepat kita harus menguasai seluruh 16 tenses tersebut. Tenang jangan kawatir dulu, kita tidak perlu memahami seluruh tenses untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Walau terkadang perlu juga di beberapa bidang yang mengharuskan paham tentang ini. Tetapi ini tidak wajib, menurut penulis cukup memahami tiga dari 16 tensis tersebut. Karena dari tiga tenses tersebut sudah mencangkup 16  bagian dari tenses. Apa saja kah mereka?

ü  Simple present

ü  Simple past

ü  Simple future

Yap. Ketiga simple itu sudah bisa membuat kita berbicara bahasa Inggris, untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris, penulis sarankan untuk memahami ketiga tensis ini ya. Semangat belajarnya.

b.      Berbicara Sendiri

Sedikit aneh memang, tapi ini mampu meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris kita. Berbicaralah sendiri tetapi menggunakan bahasa Inggris ya. Ini untuk melatih pelafalan kita dalam menggunakan tensis yang telah kita pelajari, cukup kata-kata yang simple saja. Saat bangun tidur apa yang akan kita lakukan? Apa yang kita rasakan saat bangun pagi?, apa saja planning kita pada hari itu?. jawab pertanyaan ini dengan bahasa Inggris. Pagi hari otak kita masih segar dan bisa berkonsentrasi dengan lancar. Penulis sreing melakukan metode ini saat mula-mula belajar bahasa Inggris.

Atau bisa juga saat kalian bercermin di kaca dan pujilah wajah kalian dengan menggunakan bahasa Inggris. Atau kesal dengan seseorang, ungkapkanlah dengan bahasa Inggris. Semakin banyak kalian menggunakan bahasa Inggris pada keseharian kalian. Semakin mahir kalian menggunakan bahasa Inggris

c.       Mendengarkan Lagu Inggris

Nah, bagian yang ini asik bukan, siapa yang tidak suka mendengarkan musik. Dan sekarang kita gunakan musik untuk belajar bahasa Inggris. Penulis sarankan dengarlah musik yang ringan-ringan dulu. Seperti musik motivasi berbahasa Inggris. Lalu cobalah tulis di kertas, lirik dari musik tesebut. Jangan takut salah. Salah menebak pun tidak apa-apa. Toh kita masih belajar bukan!                         

Setelah selesai menulis lirik lagu tersebut, cobalah cari lirik aslinya pada link di internet. Dan cek lah kata-kata nya. Kalau salah tidak apa-apa . perbaiki yang salah tersebut. Dan tulislah ulang yang benar. Setelah itu. baca artinya. Nah dari sini kalian dapat mengetahui arti dari lagu tersebut. Semakin anda mengulang kegiatan ini. Tingkat pendengaran anda dan daya ingat anda akan bertambah, kosa kata bahasa Inggris anda pun semakin bertambah. Asik bukan. lakukan terus menerus pasti bisa.

d.      Menulis Diary

Yap, tulislah diary anda dengan bahasa Inggris. Kalau biasanya anda menuangkan tulisan kegiatan anda sehari-hari dengan bahasa indonesia, penulis sarankan sekarang gunakan atau tulis dengan bahasa Inggris. Tidak apa-apa strukturnya acak-acakan atau grammar nya tidak benar. Yang terpenting anda menulis dulu menggunakan bahasa Inggris. Tidak perlu panjang-panjang. Satu paragraf saja sudah cukup. Anda sudah hebat. Berarti bahasa Inggris anda mengalami kemajuan.

Jika tidak biasa menulis diary. Tidak apa-apa. Tulislah di kertas satu lembar tentang apa pun yang kalian mau. Bisa jadi kalian ingin mendeskripsikan suatu benda. Maka deskripsikan benda itu dengan menulis meenggunakan bahasa Inggris di kertas tersebut. Setelah itu untuk mengecek kesalahan dari grammar nya. Kalian bisa membuka buku catatan bahasa Inggris kalian dan memperbaikinya. Atau kalian bisa minta tolong pada saudara, kerabat, teman, bahkan guru kalian sendiri yang mahir berbahasa inggris untuk cek kesalahan yang kalian buat. Lalu perbaiki. Di tahap ini berarti level bahasa Inggris kalian telah naik peringkat.

e.      Chatting

Yap yap. Untuk cara selanjut tentang Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat kita bisa belajar bahasa Inggris dengan chatting langsung dengan native speaker, jangan bingung-bingung mencari para bule di dunia yang sudah canggih ini. Kita bisa menggunakan jejaring internet untuk mengenal orang yang mustahil kita jangkau sekalipun.

Gunakan seluruh media sosial kita untuk mendapatkan pelajaran, dari pada hanya posting-posting foto dan caption melow ala-ala bucin, lebih baik kita gunakan sebagai media pembelajaran bukuan, lebih banyak kita gunakan waktu untuk belajar semakin tercapai apa yang ingin kita capai. Apa lagi bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Maka untuk melancarkan bahasa kita sudah pasti dituntut untuk berkomunikasi.

Nah, di sosial media telah tertera dari negara-negara mana saja kah orang tersebut berasal, bisa di lihat dari profil nya. Kalian bisa lihat asal orang tersebut. Penulis sarankan anda cahtting dengan orang Inggris atau amerika langsung karena anda bisa melihat susunan kata yang di pakai oleh para native speaker. Pelajarilah susnan kata para native speaker itu, dan semakin bertambah pengetahuan bahasa Inggris kalian langsung dari sumbernya. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dengan tekun. Jangan takut salah.

f.        Baca Buku Bahasa Inggris

Duh, belum bisa banget bahasa Inggrisnya, mana mungkin paham sama tulisan bahasa Inggris. Jangan takut dulu atau minder. Justru dengan banyak membaca bacaan bahasa Inggris kosa kata kita akan semakin bertambah. Dengan modal bahasa Inggris pas-pasan ala metro mini (kidding). Setelah mempelajari cara belajar bahasa Inggris dengan cepat di atas, kalian pasti bisa memahami setidaknya 20% dari tulisan yang ada di buku tersebut. Sisanya bagaimana? Sekali lagi dengan usaha yang kita punya semuanya pasti mungkin.

Baca Juga: 9 Manfaat Aplikasi Baca Buku Ibuk untuk Semua Orang

Maka saran penulis bagi pemula untuk menyiapkan kamus. Terserah bentuk kamusnya sepeerti apa. Mau itu ukran besar seperti kamusnya JHON M. ECHOLS DAN HASAN SADLI atau kamus ukuran pocket (saku/mini) atau menggunakan kamus digital seperti di HP yang bisa didownload pada play store. Nah, jika ada kata-kata yang tidak kalian pahami atau tidak tahu artinya apa. Maka kalian bisa cari di kamus tersebut dan coretlah atau tulis artinya pada buku tersebut. Tidak apa-apa buku terlihat kotor atau jorok, namanya juga sedang belajar.

Untuk buku kalian bisa memilih buku bacaan apa saja, sesuai dengan minat kalian. Tapi saran penulis, Novel berbahasa Inggris  lebih bagus, karena dalam novel ditulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari daripada buku-buku lainnya. Tidak apa jika kalian sehari hanya bisa memahami satu halaman saja. Belajar memang membutuhkan proses atau bahkan satu paragraf. Juga tidak apa-apa, asal kalian memahami bacaan yang ada di buku tersebut. Semakin kalian banyak membaca buku bahasa Inggris dan memahaminya. Maka semakin lancar kalian dalam berbicara bahasa Inggris.

g.   Ikut kompetisi

Untuk cara terakhir ini penulis sarankan teman-teman sering-seringlah ikut kompetisi, yang menggunakan bahasa Inggris. Bagi teman-teman yang masih sekolah. Banyak kesempatan yang kalian punya pada jenjang tersebut. Karena biasanya sekolah mengadakan lomba pidato atau speech contest bagi anak didiknya, atau bahkan sekolah bisa mendaftarkan anak murit berlomba di tingkat universitas. Di sini bahasa Inggris kalian semkain terasah. Jangan berfokus untuk menangnya berfokuslah untuk memfasihkan bahasa Inggris yang kalian punya.

Jadikan kompetisi ini sebagai batu loncatan anda untuk mendalami bahasa Inggris. Karena manusia untuk bergerak butuh pemicu yang memompa adrenalin, agar semakin ingin maju dan muncul rasa keingintahuan akan hal yang baru. Sekali lagi penulis ingatkan tidak apa-apa kalau tidak menang, karena tujuan kita adalah memaksa diri kita untuk berbahasa Inggris. Jiak menang maka itu bonus dari usaha anda sekalian.

Baca Juga: Rahasia Juara Lomba Media Menulis Nasional

Bisa juga menggunakan kompetisi menulis yang diadakan pada sosial media. Anda tinggal mencarinya pada laman-laman lomba menulis. Biasanya banyak yang mengadakan lomba-lomba menulis bahasa Inggris, dengan hadiah yang lumayan menggiurkan. Tapi sekali lagi jangan fokus pada hadiahnya. Tetapi fokus pada pengimplementasian bahasa yang telah anda sekalian pelajari dari awal. Semakin banyak kalian menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris. Semakin ahli anda berbahasa Inggris. Jangan lupa barengi niat dengan tindakan. Karena niat tanpa tindakan hanya omong kosong belaka.

Untuk pembahasan selanjutnya yaitu informasi tentang manfaat dan bidang-bidang yang menggunakan bahasa Inggris, akan penulis jelaskan di lain waktu ya. Untuk sekarang kita pahami dan pelajari artikel penulis tentang cara belajar bahasa Inggris dengan cepat. Agar semakin bermanfaat silahkan dipraktekan materi Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat. Pasti berhasil, pasti bisa. Mulailah dari yang sederhana dulu, ya. Ibarat kata pepatah, sedikit sedikit lama-lama jadi bukit.

Jika ada salah kata dan kekurangan dalam materi Pengertian, Sejarah, dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat mohon dimaklumi dan jangan lupa berikan saran sekaligus masukan.

Wasalam. J

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Seorang introvet yang mencintai dunia literasi dan seni, lulusan S1 pendidikan bahasa inggris, ingin menjadi manusia yang berguna melalui bidang yang penulis senangi, salah satunya dengan membuat karya tulisan. jika ingin tau lebih lanjut tentang penulis bisa mampir di ig penulis @dahiaalqalbi_ dan juga akun galeri seni penulis di @artbloomer.

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah