Cara Asyik Ngabuburit Di tengah Pandemi

Tak terasa bulan suci Ramadhan menyapa kita lagi. Di tengah masa isolasi Covid-19, sebelumnya banyak orang berharap agar pandemi ini segera berakhir sehingga kita semua bisa melewatkan bulan suci seperti biasanya. Akan tetapi ternyata kita harus menerima kenyataan bahwa suka ataupun tidak, pandemi ini masih belum  berakhir, kita dituntut untuk beradaptasi dengan situasi dan tetap beraktivitas dengan memperhatikan anjuran dari pemerintah.

Salah satu kebiasaan yang tak bisa dilepaskan dari bulan Ramadhan adalah ngabuburit. Bila biasanya banyak dari kita yang yang menanti waktu berbuka dengan menghabiskan waktu di taman, berburu takjil gratis, berbelanja di pasar kuliner, ataupun jalan-jalan, saat ini sepertinya hal-hal tersebut bukanlah hal yang bisa dengan bebas kita lakukan.

Lalu sebaiknya apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit? Seperti halnya anjuran pemerintah untuk bekerja dan belajar dari rumah, tentu saja ngabuburit yang direkomendasikan untuk bulan puasa kali ini adalah ngabuburit di rumah. Memang sepertinya terdengar membosankan, mengingat kita sudah melewatkan hamper sepanjang waktu di rumah, akan tetapi sesungguhnya ngabuburut di rumah tidak akan membosankan bila kita bisa memilih kegiatan yang tepat untuk mengisinya.

Beberapa kegiatan positif yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu jelang berbuka kita antara lain:

1.      Belajar Memasak

Bagi penghobi kuliner, saat ngabuburit kita bisa diisi dengan mencoba resep-resep baru baik untuk takjil maupun makanan untuk berbuka. Ada banyak sekali resep dan video memasak yang bisa kita akses dengan mudah di internet untuk kita gunakan sebagai panduan.

Baca Juga: Resep Tahu Mercon Gurih dan Cara Membuatnya

 

2.      Membaca

Membaca bisa membantu kita untuk melewatkan waktu dengan cepat tanpa terasa. Baik bacaan fiksi ataupun non-fiksi, semuanya bisa kita gunakan sebagai pengisi waktu sekaligus juga bisa untuk meng-upgrade pengetahuan yang kita miliki.

3.      Mengerjakan PR

Di tengah pandemi ini tugas sekolah ataupun kuliah hampir semuanya diberikan secara online. Banyaknya tugas yang menumpuk membuat kita fokus pada kegiatan belajar sehingga tanpa terasa waktu sudah mendekati saat berbuka.

4.      Ikut Pelatihan Online

Saat ini ada banyak situs pendidikan maupun grup sosial media yang mengadakan pelatihan, seminar, ataupun diskusi secara online. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan yang kita miliki. Selain dari itu, bergabung dengan kegiatan semacam ini juga bisa membuat kita mendapat banyak teman baru yang sama-sama tertarik dengan bidang keilmuan/ketrampilan yang kita pelajari.

5.      Menulis

Menulis adalah skill yang perlu terus-menerus dilatih. Dengan menyisihkan waktu khusus untuk praktik menulis setiap hari maka skill menulis kita pun akan meningkat. Kendala awal dari menulis biasanya adalah saat akan memulai. Apabila kita sudah menemukan kalimat yang sesuai untuk memulai karya tulis kita, biasanya ide-ide akan dengan lancer mengalir dan tanpa terasa waktu ngabuburit sudah berlalu dengan cepat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kendala Menulis Puisi untuk Pemula, Wajib Kamu Tahu!

 

Demikian tadi beberapa pilihan kegiatan ngabuburit di rumah yang bisa kita lakukan. Semoga di bulan suci ini kita semua bisa menjalankan ibadah dan mengisi puasa kita dengan hal-hal yang bermanfaat.

Penulis: Amanda C.U.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Jun 10, 2020, 4:58 PM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin