Berikut Beberapa Kebiasaan yang Sering Dilakukan Saat Pembelajaran Daring

Assalamu'alaikum, selamat malam untuk teman-teman yang budiman. Semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt. Aamiin. 

 

Selama masa pandemi kemarin, kita sudah tidak asing lagi dengan pembelajaran daring, yakni pembelajaran yang dilakukan secara online. Baik itu dengan menggunakan aplikasi Classroom, Zoom, WhatsApp, Edmodo, dan aplikasi belajar online lainnya. 

Nah, selama mengikuti pembelajaran via daring. Pasti banyak di antara pelajar dan mahasiswa/i yang melakukan beberapa hal berikut selama menjalani masa study from home alias sekolah dari rumah. 

 

1. Mengikuti Pelajaran Sambil Rebahan dan Melakukan Aktivitas Lain

 

Di antara pelajar atau mahasiswa/i yang mengikuti pembelajaran daring, sudah bisa dipastikan bahwa perhatiannya tidak 100% ditujukan kepada pelajaran yang sedang diajarkan oleh pendidik saat jam pelajaran sedang berlangsung. Ada di antaranya yang mengikuti pelajaran sambil makan, minum, rebahan, atau bahkan main game. Hayo, siapa yang seperti ini? 

 

Selain itu, untuk mereka yang kesusahan memperoleh akses sinyal atau jaringan, biasanya akan pergi untuk mencari sinyal. Entah dengan berdiri berlama-lama di dapur, manjat pohon, pergi ke kampung sebelah, dan sebagainya. Ada yang mengalami ini?

 

2. Menunda Mengerjakan Tugas

Kalau masalah ini, sepertinya di hari-hari biasa sebelum ada pandemi juga sering dilakukan sih.:D Tetapi, lebih seru saat pembelajaran daring dan mengerjakan tugas mepet deadline. Serunya itu ketika mengejar waktu untuk ngirim tugas, dan saat waktu yang tersisa tinggal beberapa detik menuju deadline, lalu sinyal tiba-tiba gangguan atau error.😂🤭

 

3. Buka Materi dan Kerja Sama Ketika Ulangan

Berhubung ujiannya tidak diawasi guru atau dosen, terkadang untuk menjawab pertanyaan yang susah, beberapa orang akan mengambil jalan pintas dengan mencari jawaban melalui google, atau meminta jawaban di grup kelas yang tidak ada guru atau dosen di dalamnya. Hayoloh, siapa yang seperti ini?:D

 

4. Tidak Memakai Seragam

Nah, ini berlaku bagi yang pembelajaran daringnya tidak menggunakan panggilan video. Mereka akan mengikuti pembelajaran tanpa memakai seragam, bahkan mandi pun tidak, karena bangun tidurnya terkadang menunggu beberapa menit sebelum jadwal pelajaran dimulai.:D✌️

 

Namun, hal ini mungkin tidak berlaku bagi yang harus mengikuti pembelajaran melalui panggilan video seperti zoom. Akan tetapi, mungkin saja ada yang hanya memakai seragam atasannya saja dan tidak menggunakan seragam lengkap, seperti saat belajar tatap muka di dalam kelas.:D✌️

 

Itulah beberapa kebiasaan saat daring yang bisa kutuliskan. Meski masih banyak kebiasaan lain yang mungkin saja dilakukan para pelajar ketika belajar daring. Tetapi untuk saat ini, cukup itu dulu yang saya tuliskan. Jika ada yang mau menambahkan, dipersilakan menulis di kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa.

 

Sumber narasi: opini + pengalaman pribadi.😂

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tulisan Populer