Beberapa Hal yang Dirindukan Saat Sudah Menjadi Alumni

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam, teman-teman yang budiman. Semoga malam ini semuanya masih diberi kesehatan dari Sang Pencipta dan buat yang sedang sakit, semoga Allah segera memberikan kesembuhan. Aamiin.

 

Pada kesempatan malam ini, izinkan Adiva untuk menuliskan beberapa kerinduan yang Adiva rasakan setelah menjadi alumni dari sebuah institusi pendidikan. Mungkin beberapa hal ini juga dirasakan oleh teman-teman. Di antaranya adalah:

 

1. Rindu Suasana Belajar di Kelas

Saat sudah menjadi alumni di sebuah instansi pendidikan, pasti akan ada hal yang terasa berbeda. Contohnya yaitu merindukan suasana belajar di dalam kelas. Yang awalnya setiap hari harus mengikuti kegiatan pembelajaran, bertemu dengan teman dan pendidik (guru atau dosen), riweh dengan kegiatan pagi atau siang hari yang harus melawan rasa malas untuk tetap masuk dan mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Hingga akhirnya harus berhenti melakukan semua itu. Setelah menjadi alumni, semua kegiatan itu terhenti, tidak ada lagi suasana belajar yang ribut dan rame saat sedang diskusi atau sedang menyiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran.

 

2. Rindu Mengerjakan Tugas Bersama Teman

Hal lain yang mungkin dirindukan adalah kegiatan belajar kelompok bersama teman, mengerjakan tugas makalah dan sebagainya bersama teman. Kegiatan yang sering dilakukan oleh setiap pelajar saat diberi tugas makalah atau membuat laporan dari pendidik.

 

3. Rindu Jajanan Kantin

Bagi yang sering jajan di kantin, mungkin saja akan merasakan rindu untuk menikmati jajanan kantin yang terbilang murah dan sesuai dengan kantong pelajar. Apalagi bagi mereka yang mungkin saja sering bolos pelajaran dan nongkrong di kantin.

 

4. Rindu Perpustakaan

Namun bagi si kutu buku atau orang yang rajin menghabiskan waktunya dengan bahan bacaan, ia akan merindukan suasana perpustakaan yang tenang dengan aroma khas dari buku yang menarik untuk selalu ditelusuri dan dibaca setiap harinya. Atau bagi mereka yang sering nebeng wifi di perpustakaan, akan merindukan suasana tersebut saat ia sudah menjadi alumni.

 

5. Rindu Mengurus Ini Itu

Bagi peserta didik yang mungkin aktif berorganisasi, mereka akan merindukan kegiatan ke sana kemari untuk mengurus kegiatan organisasinya. Atau mungkin bagi yang berprestasi di bidang akademik akan sibuk dengan urusannya bersama guru atau dosen, sedang yang berprestasi di bidang olahraga atau non akademik juga akan sibuk dengan urusannya bersama pelatihnya, dan lain sebagainya. Namun buat mahasiswa, mungkin akan sibuk mengurus penyelesaian studi yang mana proses itu akan dirindukannya saat sudah resmi menjadi alumni.

 

Mungkin itulah beberapa hal yang aku rasakan saat ini, saat sudah menjadi alumni di institusi pendidikan dan merasa ingin untuk mengulang masa itu lagi meski rasanya tidak mungkin bisa untuk mengulang waktu. Nah, apa yang teman-teman rindukan dari masa pendidikan yang sudah dilalui? Yuk, sharing di kolom komentar.

 

Sekian thread saya malam ini. Maaf bila ada kalimat saya yang kurang berkenan. Selamat malam dan selamat beristirahat. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Tertanda, 

Adiva Azzahra

 

Sumber narasi: opini pribadi

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tulisan Populer